Masih tingginya penyebaran kasus COVID-19 di Korea Selatan membuat banyak konser tertunda atau dialihkan menjadi konser virtual, nggak terkecuali grup papan atas dunia, BTS. Grup yang digawangi RM CS baru saja menyelesaikan konser virtual yang bertajuk Map of The Soul ON:E  selama dua hari berturut-turut. 

Konser virtual BTS yang digelar selama dua hari berturut-turut ini, memberikan kenangan nggak terlupakan bagi para ARMY di seluruh dunia. Meski berbalut kebahagiaan dapat bertemu setelah sekian lama, namun konser tersebut juga diselimuti perasaan sedih  untuk BTS dan ARMY. 

Di akhir konser, para anggota BTS memberikan pesan mendalam untuk ARMY yang tidak dapat mereka jumpai secara langsung. Nah, pesan apa yang mereka sampaikan untuk para penggemarnya tercinta? Kabarnya, Jimin sampai tak bisa menahan isak tangisnya di atas panggung, lho. Wah, ada apa, ya? Yuk, cari tahu di bawah ini, Bela. 

1. RM

Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul OneKoreaboo.com

Sosok leader yang satu ini memang patut diacungi jempol. Di tengah ketidak pastian hidup, RM tampaknya tidak pernah letih memberikan kalimat penguat dan positif untuk siapa pun, termasuk para ARMY. 

"Sekarang, kami benar-benar kuat. ARMY yang aku kenal dan BTS yang kalian semua tahu, kami semua kuat. Kami pasti menemukan sebuah jalan. Jika tidak dapat menemukannya, mari menggambar sebuah peta baru dan buat secara keseluruhan. Tidak perlu khawatir, kami kuat, kami tidak terpisahkan.

Kami masih tetap terhubung satu sama lain. Kamu tahu, ketika sebuah kesulitan datang, jangan ragukan dirimu, namun percayalah pada dirimu sendiri. Dan, aku sangat mencintai kalian. Kalian semua pasti mengetahui hal itu"

Sejak pandemi ini terus berlangsung, RM berusaha untuk menjaga ARMY tetap kuat dan melihat ke depan dengan penuh harapan. Wah, benar-benar seorang pemimpin sejati. 

2. Jimin

Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul OneKoreaboo.com

Hampir semua orang merasakan kekhawatirannya akan pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai. Jimin pun sampai merasa bahwa apa yang dilakukannya ketika konser virtual, bukan penampilan terbaiknya. Ia merasa sedih, dan nggak kuasa menangis ketika harus berbicara di hadapan seluruh ARMY yang menonton konser MAP of The Soul One dari layar kaca. 

"Sejujurnya, ketika kami melakukan encore, aku tidak dapat terlalu fokus. Tetapi, ada banyak hal yang aku rasakan, ketika kami ingin mempersiapkan konser, pandemi ini tiba-tiba saja datang. Padahal, aku ingin sekali bisa tampil bersama para anggota dan menghibur ARMY, melakukan hal bahagia bersama-sama. Aku tidak mengerti, mengapa kita harus mengalami situasi seperti ini.

Para anggota sangat menikmati penampilan ini selama encore, namun itu membuat aku terenyuh. Aku tidak dapat fokus dengan baik, tetapi aku senang dapat bertemu semuanya dengan cara seperti ini. Dan, aku meminta maaf karena tidak dapat memberikan penampilan terbaik yang telah aku persiapkan. Terima kasih telah mengirimkan dukungan kepada kami melalui layar kalian. Aku bersyukur ARMY selalu memberikan dukungan untuk kami."

Tidak dapat pungkiri, hilangnya kesempatan bertemu secara langsung karena pandemi membuat orang merasa kesepian dan bingung melakukan sesuatu. Namun, Jimin berhasil memberikan arti penting tentang sebuah dukungan di masa sulit seperti ini. 

3. V

Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul OneKoreaboo.com

Nggak ketinggalan, Taehyung yang akrab disapa V turut memberikan pesan yang mendalam untuk ARMY tercinta agar tetap berpikir positif selama berada di situasi seperti ini. 

"Saat ini, aku pun merasakan perasaan frustrasi dan sempat putus asa lantaran pandemi yang terjadi. Tentu bukan hal yang mudah untuk dijalani. Oleh karena itu, konser ini dibuat karena aku ingin bisa bernyanyi bersama ARMY. Selama masa promosi album, aku terus berpikir jika pandemi ini akan segera berakhir, sehingga aku bisa bertemu dengan kalian semua secara langsung. Tetapi, aku menjadi gugup karena tidak tahu kapan ini akan usai. 

Ketika penampilan 'Dynamite' dan wawancara, kami banyak mengerahkan segala kekuatan. Kami ingin bisa memberi kekuatan kepada ARMY yang juga memiliki masa sulit. Seperti halnya saat ini, kalian dapat melihat kami, namun kami tidak bisa melihat kalian dengan mata kami sendiri. Tetapi, kehadiran kalian di layar, kami dapat mendengar suara kalian dan minat kalian. Itu sudah lebih dari cukup. Aku harap kami dapat melihat kalian nanti. Aku mencintiamu dan mari membuat lebih banyak kenangan indah.

Meski belum bisa bertemu secara langsung, tapi pesan yang diberikan V 'BTS' sangat manis dan menyentuh hati para ARMY. Perhatian dari V sungguh luar biasa, ya, Bela. 

4. Jungkook

Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul OneTwitter.com/jk_indonesian

Maknae dari BTS, Jungkook sukses membuat ARMY yang hadir di konser virtual MAP of The Soul One tersebut menjadi mengharu-biru karena pesan yang diberikan ketika encore

"Pertama, aku ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bahwa aku dapat memberikan penampilan kepada kalian yang hadir secara daring. Aku dapat melihat wajah kalian satu persatu di layar. Aku termasuk orang yang dapat hidup bahagia hanya dengan tampil di atas panggung untuk menghibur kalian. Bagiku, lebih dari 90% penampilan di atas panggung adalah sesuatu yang berharga. Di sana, aku dapat melihat dan mendengar sorakan dari kalian. 

Aku berpikir bahwa diri telah beradaptasi dengan gaya hidup yang baru saat ini. Kalian mengirimkanku begitu banyak kekuatan kepada kami. Aku berpikir bahwa aku bisa lebih bahagia dan energik. Aku sangat menikmati acara hari ini. Teruntuk kalian yang berada jauh di sana, aku tidak tahu kapan kita akan bertemu kembali, namun pastikan dirimu untuk tetap selalu sehat dan memakai masker. Aku harap kalian semua berbahagia, aku mencintai kalian."

Tak henti-hentinya, BTS mengirimkan pesan agar selalu menjaga kesehatan dan tetap berbahagia di tengah kesulitan yang terjadi. Manis banget rasa cinta BTS ke penggemarnya, ya. 

5. Suga

Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul OneTwitter.com/wanner_bts

Sempat mencuri perhatian dengan gaya rambut terbaru, Suga mencurahkan isi hatinya ketika segala persiapan yang mereka lakukan agar bisa bertemu ARMY lebih cepat ternyata harus tertunda. 

"Sebelumnya, rencana untuk comeback dengan MAP of The Soul ON telah kami upayakan di bulan Februari. Kami mempersiapkan semuanya untuk konser dan dimulai dengan serangkaian tur. Tetapi, situasi menjadi tidak terkendali. Kami terus berharap  agar situasi dapat membaik di Mei atau Juni, kami merencanakan kembali perlahan-lahan. 

Namun, melihat semua pertunjukkan dibatalkan dan ditunda itu membuat kami bertujuh juga mengalami masa yang sulit. Padahal, kami memiliki rencana untuk bertemu ARMY, dan semuanya menjadi tampak mustahil. Kami tidak tahu harus apa yang dilakukan. 

Aku harap kalian yang menonton konser ini, dapat menikmati penampilan kami. Aku juga berharap situasi ini segera membaik. Aku benar-benar kangen kalian, dan suatu hari nanti, kita dapat bergembira bersama.

Terhambatnya berbagai acara yang terjadi karena COVID-19 turut memberi dampak kepada anggota BTS, tetapi Suga selalu bisa menenangkan hati para penggemar agar tidak larut dalam kekhawatiran. 

6. J-Hope

Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul OneTwitter.com/bts_egypt_army

Sama seperti anggota yang lain, J-Hope pun turut merasa bahagia dalam bertemu ARMY kembali, walau hanya bisa bertatapan dari layar besar. J-Hope mengungkapkan apa yang selama ini dirasakan ketika pandemi. 

"Ini adalah waktu terbaik untuk diriku. Aku sangat senang hari ini. Meski sebenarnya, aku merasa 80% senang dan 20% frustrasi. Tanpa bertemu langsung, konser virtual adalah tantangan terbesar buat kami. Di situasi seperti ini, aku ingin bisa menampilkan sisi terbaik dari kami, itulah tujuan terbesarnya. Namun, di sisi lain, ada rasa frutrasi yang aku rasakan di mana aku tidak dapat melihat mata dan berkomunikasi dengan kalian semua secara langsung. 

Aku harap pandemi ini akan berakhir dan ketika hari itu tiba, kami dapat melihat kalian lagi. Di Map of The Soul ON:E, kami bekerja keras untuk ini. JIka ini dapat membuat kalian tersenyum dan memberikan sedikit kebahagiaan, aku sangat puas bisa melihat hal itu semua. Aku berjanji, kami akan bertemu kalian secepatnya, dan memperlihatkan sisi yang lebih keren dari ini. Terima kasih, ARMY." Wah, semoga harapan J-Hope segera terkabul, ya

7. Jin

Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul OneTwitter.com/bts_egypt_army

Anggota tertua dari BTS, Jin merasakan perasaan yang sama dengan semua anggota BTS perihal kekhawatiran tidak bisa bertatap muka langsung dengan ARMY. Itu membuatnya sedih dan sulit berkata-kata. 

"Sebenarnya, selama konser hari ini, aku tidak merasakan perasaan yang sama ketika kami melakukan konser seperti biasanya. Kami melakukan banyak aktivitas promosi untuk Dynamite dan ON. Dan, selama rehearsal, aku merasa ini seperti sebuah aktivitas promosi, itu membuat hatiku terasa sakit. Tetapi, ketika encore, aku melihat ARMY, dan ARMY Bomb, boneka RJ, slogan yang biasa kami lihat di konser dan pertunjukkan. 

Itu semua mengingatkanku akan kenangan laman dan membuatku merasa bahwa aku berada bersama kalian. Hal tersebut membuat diriku benar-benar bahagia. Seperti seorang senior yang berkata kepadaku bahwa ketika aku menyadari penggemar begitu mencintai, aku tidak dapat mengakhir pertunjukkan begitu saja. Dan hari ini, aku merasa 50% kegembiraan berkat kalian. Tunggulah, sampai kami menemukan 100% kegembiraan itu.. BTS akan selalu bersama ARMY." Pesan dari Jin 'BTS' begitu singkat namun bermakna, ya.

Itu sederet pesan mendalam yang diberikan BTS kepada ARMY atau siapa pun yang melihat konser virtual BTS MAP of The Soul One yang penuh makna. Nggak hanya memberikan penampilan, tetapi BTS juga peduli dan cinta dengan ARMY. Apakah kamu turut merasakan hal yang sama, Bela?

Baca Juga: Selain "Dynamite", Ini 10 Kutipan Lagu BTS yang Bermakna Positif

Baca Juga: Ulang Tahun ke-26 Intip Perubahan Gaya Drastis RM BTS 

Baca Juga: Puncaki Billboard Hot 100, BTS Ukir Sejarah Jadi Pemegang Saham