Kabar duka datang dari akttis dan komedian legendaris asal Amerika Serikat, Betty White. Hampir menginjak usia ke-100 tahun, Betty menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (31/12/2021). Lebih dari 65 tahun berkarier di dunia hiburan, nama Betty White melambung berkat perannya dalam serial The Golden Girls.

Sepanjang kariernya, Betty White berhasil memenangkan enam Emmy Awards dan berkesempatan masuk ke dalam daftar Emmy Awards sebanyak 12 kali. Dirinya merupakan pemegang rekor Longest TV Career for an Entertainer kategori wanita, berkat kariernya selama delapan dekade di industri hiburan. 

Untuk mengenang kepergiannya, inilah tujuh film Betty White yang paling terkenal.

1. Advise & Consent (1962)

https://www.youtube.com/embed/5eb1RQ7prJY

Tayang pada tahun 1962, Advise & Consent merupakan drama politik Amerika yang diangkat dari novel dengan judul yang sama. Disutradarai oleh Otto Preminger, film ini bergenre thriller ini berlatar di Washington DC.

Film ini menceritakan proses pencalonan seorang pria yang melakukan sumpah palsu dalam sidang konfirmasi pencalonan sebagai sekretaris negara. Berperan sebagai senator Bassie Adams dari Kansas, Betty bertugas mewakili Kansas, Amerika Serikat saat adanya persidangan.

2. Bringing Down the House (2003)

https://www.youtube.com/embed/BhT8A83MhaI

Bringing Down the House menceritakan Peter Sanderson (Steve Martin), laki-laki kesepian yang menginginkan seorang perempuan dalam hidupnya. Ia lalu bertemu seorang perempuan yang cocok dengannya di internet, namun sayang perempuan tersebut sedang dipenjara. Dibintangi oleh Steve Martin, Queen Latifah hingga Betty White, kamu akan melihat bagaimana ambisi Peter untuk mengeluarkan perempuan yang dicintainya dari penjara, yang berujung mengacaukan hidupnya.

3. The Proposal (2009)

https://www.youtube.com/embed/EJgivhH4z0U

Bersama Sandra Bullock dan Ryan Reynolds, Betty White berperan dalam film The Proposal. Di bawah arahan sutradara Anne Fletcher, The Proposal berkisah mengenai seorang pemimpin redaksi di perusahaan penerbitan buku di New York.

Suatu hari, Margaret (Sandra Bullock) terancam dideportasi karena melanggar ketentuan visa kerjanya. Karena terdesak, Margaret membujuk Andrew Paxton (Ryan Reynolds) untuk menikahinya. Meski sudah menikah, Margaret tetap terancam dideportasi dan Andrew akan dipenjara selama lima tahun, akibat seorang agen imigrasi yang mencurigai keduanya.

4. Love N’ Dancing (2009)

https://www.youtube.com/embed/3hKtIWLQF2M

Love N’ Dancing mengisahkan seorang guru Bahasa Inggris dan seorang mantan penari, yang gigih berjuang mengatasi segala rintangan, untuk memenangkan juara dunia penari terbaik. Film berdurasi 1 jam 35 menit ini disutradarai oleh Robert Iscove dan menggandeng Amy Smart serta Tom Malloy sebagai pemeran utama. Betty White sendiri berperan sebagai pemeran pendukung bernama Irene.

5. You Again (2010)

https://www.youtube.com/embed/S1-UMzt9e34

Betty White kembali mendapat tawaran untuk memerankan Grandma Bunny di film You Again. Disutradarai oleh Andy Fickman, Betty White beradu akting dengan Kristen Bell, Jamie Lee Curtis hingga Billy Unger. 

You Again berfokus pada kehidupan Marni (Kristen Bell), yang baru saja kembali ke kampung halamannya. Tentu saja Marni merasa senang karena kakaknya akan menikah, namun ia kecewa saat mengetahui kakaknya akan menikahi Joanna (Odette Yustman), musuh besarnya saat di sekolah dulu. Didasari rasa bencinya, Marni pun menyusun rencana untuk menggagalkan seluruh rencana pernikahan.

6. The Lost Valentine (2011)

https://www.youtube.com/embed/rzIu1-uZuvo

The Lost Valentine merupakan film genre romantis yang diangkat dari novel bestseller The Last Valentine. Dibintangi oleh Jennifer Love Hewitt dan Betty White, film ini bercerita mengenai wartawan pada salah satu stasiun televisi, Caroline (Jennifer Love) yang mendapat tugas untuk mencari cerita mengenai cinta sejati. Namun, hal ini mendapat respon yang negatif karena sulitnya mencari cinta sejati di zaman sekarang. Lantas bagaimana Caroline menyelesaikan pekerjaannya?

7. The Lorax (2012)

https://www.youtube.com/embed/1bHdzTUNw-4

The Lorax merupakan film animasi 3D tahun 2012 yang disutradarai langsung oleh Chris Renaud. Tidak tanggung-tanggung, The Lorax menggandeng sederet artis ternama sebagai pengisi suara, di antaranya Zac Efron, Taylor Swift hingga Betty White.

The Lorax bercerita mengenai laki-laki berusia 12 tahun yang dapat melakukan apapun untuk gadis yang diinginkannya. Untuk itu, dirinya harus menemukan Lorax, makhluk pemarah yang dapat melindungi dunianya. 

Itulah sederat film Betty White yang paling terkenal sepanjang kariernya di dunia hiburan. Terima kasih untuk segala karya dan waktu yang telah dicurahkannya untuk setiap karyanya. Selamat jalan Betty White.

Baca Juga: 7 Film & Serial Bertema Luar Angkasa untuk Temani Akhir Pekanmu

Baca Juga: Termasuk Vanessa Angel, Ini 10 Artis yang Meninggal Akibat Kecelakaan

Baca Juga: 8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Model