Siapa sih yang nggak risih dengan kehadiran jerawat yang sering muncul di wajah? Nggak hanya menurunkan rasa percaya diri, namun kerap kali jerawat pun dapat menimbulkan rasa kurang nyaman di wajah. Sudah pasti, masalah kulit yang satu ini ditangani dengan berbagai cara dari mulai menggunakan perawatan kulit wajah yang khusus untuk kulit berjerawat hingga mencoba berbagai bahan alami. 

Namun, sebetulnya, tak melulu soal bagaimana cara mengatasinya, terkadang kamu harus mengenali penyebab jerawatmu dengan tahu letak tumbuh jerawatmu. Yuk simak artikel yang satu ini untuk dapat membantumu mencari penyebab jerawat berdasarkan areanya.

1. Penyebab jerawat di pipi

Kenali Penyebab Jerawat di 6 Area Wajahmudermstore.com

Mungkin area yang satu ini menjadi area yang umum bagi banyak orang karena semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun, tahu nggak sih bahwa area yang satu ini ternyata berasal dari paru-paru lho! Jadi, penyebab jerawat di pipi bisa jadi karena polusi di udara sehingga terjadi peradangan paru-paru atau kurang merawat kebersihan kulit.

2. Penyebab jerawat di dagu

Kenali Penyebab Jerawat di 6 Area WajahmuDoc. istimewa

Nah, kalau penyebab jerawat di area dagu biasanya disebabkan karena ketidakstabilan pada hormon. Dapat terjadi pada seseorang dari usia remaja hingga dewasa. Ketidakstabilan hormon terjadi karena banyak faktor seperti baru memasuki usia remaja, sedang dalam fase kehamilan, atau masa menstruasi. Tak hanya hormon, terkadang usus besar yang bermasalah pun dapat menjadi penyebabnya.

3. Penyebab jerawat di hidung

Kenali Penyebab Jerawat di 6 Area Wajahmuhealthline.com

Hati-hati pada area yang satu ini, pasalnya penyebab jerawat di hidung disebabkan oleh terjadinya gangguan pada jantung. Untuk itu, sebaiknya perhatikan pola hidupmu ya Bela. Lakukan olahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat, dan juga hindari kebiasaan buruk.

4. Penyebab jerawat di dahi

Kenali Penyebab Jerawat di 6 Area Wajahmuentwellbeing.com

Biasanya area dahi yang ditumbuhi jerawat, besar kemungkinan bagian pencernaan lah yang menjadi penyebabnya. Tak hanya karena sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat, terkadang pola diet yang tak teratur juga kerap menjadi salah satu penyebab gangguan pencernaan.

5. Penyebab jerawat di T-zone

Kenali Penyebab Jerawat di 6 Area Wajahmurussenko.fr

Selain karena produksi minyak berlebih, penyebab jerawat di T-zone disebabkan oleh kadar racun yang terdapat dalam tubuhmu. Jika kamu mengalami timbulnya banyak jerawat di area T-zone, sebaiknya lakukan detoksifikasi dengan mengonsumsi teh herbal dan berbagai makanan sehat.

6. Penyebab jerawat di leher

Kenali Penyebab Jerawat di 6 Area Wajahmutranplastic.com

Selain area wajah, leher pun kerap menjadi sasaran tumbuhnya jerawat. Penyebab jerawat di leher biasanya karena hormon atau bisa karena stres. Untuk itu, penting banget lho belajar menenangkan pikiran dan mengontrol rasa stres yang menghampiri.

Nah, setelah mengetahui penyebab jerawat di beberapa area, maka kamu sudah tak bingung lagi dalam hal mengatasinya kan? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit dari dalam dan juga dari luar. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parah