Memiliki bekas luka pada kulit wajah, terkadang dapat mengurangi rasa percaya diri. Dibandingkan dengan daerah lainnya, bagian wajah lebih dapat jelas terlihat, untuk itu banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk dapat menghilangkan bekas luka pada wajah. Beberapa orang menggunakan produk berbahan kimia untuk menghilangkan bekas luka pada wajah, walau dikatakan cukup cepat, namun bahan kimia memiliki efek samping yang cukup riskan. Untuk itu, sebaiknya ikuti cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami berikut ini. Yuk simak terus ulasannya!

1. Cuka apel

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alamiharvard.edu

Salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam yang terdapat pada cuka apel dapat memudarkan bekas luka secara perlahan. Untuk menggunakannya, campur 4 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air putih kemudian baurkan pada bekas luka setiap malam sebelum tidur.

2. Kentang

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alamitasteofhome.com

Kentang juga dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami yang cukup efektif lho. Dikenal memiliki brightening agent, kentang tak hanya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat tetapi juga membuat bekas luka menjadi memudar. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker dengan memotong kentang secara menipis kemudian diamkan pada bekas luka selama 10 menit, kemudian cuci wajah menggunakan air dingin.

3. Aloe vera

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alamivanityroomph.com

Kandungan antioksidan yang tinggi, aloe vera dapat bekerja untuk mempercepat pertumbuhan sel kulit yang baru yang juga berpengaruh dengan bekas luka yang langsung menghilang. Baurkan gel aloe vera pada bekas lukamu sehabis mencuci wajah atau dapat jadikan sleeping mask sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami.

4. Baking soda

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alamimedicalnewstoday.com

Bahan dapur yang satu ini memang dikenal dapat membantu mencerahkan kulit yang lebih gelap, itulah yang membuat baking soda menjadi salah satu yang dapat mengatasi bekas luka pada wajah. Cukup campurkan dengan air dan baurkan pada bekas luka, tunggu selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih.

5. Rosehip oil

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alamiprevention.com

Memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan juga vitamin C, Rosehip Oil dapat menghilangkan hyperpigmentation pada kulit, termasuk bekas luka yang susah dihilangkan. Cukup aplikasikan Rosehip Oil sebelum tidur secara rutin sampai bekas luka memudar.

6. Lemon

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alamiacneeinstein.com

Walaupun kandungan vitamin C dalam lemon dapat mencerahkan kulit sangat cepat termasuk menghilangkan bekas luka, namun jangan terlalu sering ya karena kandungan asamnya dapat membuat kulit wajah menipis, cukup gunakan seminggu sekali dengan menjadikan bagian airnya sebagai toner.

7. Madu

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara AlamiBT.com

Ternyata madu juga bisa untuk menghilangkan bekas luka lho, karena kandungan antibakterialnya, madu juga dikenal dapat mencegah inflamasi pada bagian luka baru. Kamu bisa menjadikannya sebagai sleeping mask ya Bela!

Nah, itu dia 7 cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami. Kamu bisa pilih beberapa bahan yang sesuai dengan jenis kulitmu ya. Semoga berhasil!

Baca Juga: Biar Kamu Makin Pede, Berikut Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Wajah