You are what you eat! Nampaknya kalimat tersebut ada benarnya. Apa yang kita konsumsi atau makan biasanya akan terpancar melalui tubuh atau wajah. Jadi, jika kamu jarang mengonsumsi buah dan sayur dan lebih memilih junk food, jangan heran jika kulit wajah jadi tampak kurang segar.

Maka dari itu, untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, sehat, dan tampak bersinar, tidak hanya diperlukan perawatan dari luar, tapi kamu juga wajib memerhatikan asupan makanan. Jika ingin kulit wajah yang glowing, coba konsumsi tujuh makanan dan minuman di bawah ini yuk!

1. Buah sitrus

7 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Sehat dan Bersinarnutrineat.com

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan grapefruit mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti diketahui, vitamin C memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan, antara lain mencerahkan wajah, menyamarkan noda hitam, mencegah tanda penuaan dini, hingga membantu memperbaiki tekstur kulit.

2. Blueberry

7 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Sehat dan Bersinarbargainejuice.com

Blueberry menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini dapat membantu agar wajah terlindungi dari efek buruk radikal bebas. Selain itu, buah yang memiliki warna keunguan ini mengandung anthocyanin yang dapat mencegah kanker serta bioflavinoid yang dapat mencegah inflamasi.

3. Teh hijau

7 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Sehat dan Bersinarmedicalnewstoday.ca

Suka minum teh hijau? Teruskan kebiasaan ini yah! Teh hijau atau green tea memiliki zat katekin yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh dan juga kulit. Bukan hanya itu, rutin meminum teh hijau juga dapat mencegah penyakit kanker serta melancarkan aliran darah sehingga kulit wajah akan tampak sehat dan berkilau.

4. Bayam

7 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Sehat dan Bersinarhowstuffworks.com

Jika kamu selalu melewatkan sayuran dalam menu makanmu, ini saatnya menghentikan kebiasaan tersebut. Mulailah rajin memakan sayuran berdaun hijau seperti bayam. Rutin mengonsumsinya diketahui bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker kulit. Kandungan vitamin E serta beta-karoten yang terdapat pada bayam juga dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas.

5. Tomat

7 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Sehat dan Bersinarhealthieratholman.com

Kandungan likopen yang terdapat pada tomat mampu mencegah serta menyamarkan tanda penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Konsumsi satu setiap harinya akan membantu kamu mendapatkan kulit wajah yang mulus, cerah, dan glowing.

6. Ubi

7 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Sehat dan Bersinarthetropixs.com

Tahukah kamu? Ubi manis berwarna oranye ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang nggak kalah dengan buah jeruk lho. Nggak cuma itu, ada juga zat beta-karoten yang akan membuat wajah tampak awet muda.

7. Ikan

7 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Sehat dan Bersinaryes4all.com

Mengonsumsi ikan seperti tuna dan salmon dapat membantu membuat kilit jadi lebih halus dan kencang. Ini karena kandungan selenium di dalamnya yang dapat mewujudkan hal tersebut. Sedangkan kandungan lain seperti omega-3 mampu meningkatkan produksi kolagen yang baik bagi kulit wajah.

Itu tadi tujuh makanan dan minuman yang dapat membuat wajah jadi lebih sehat dan bersinar. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Ini 5 Tips yang Bisa Membuat Kulit Jadi Lebih Sehat dan Mulus