Pasti kamu tidak ingin memiliki bibir pecah-pecah atau kering. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan lip scrub. Banyak tersedia produk lip scrub di pasaran. Namun, jika kamu ingin menggunakan yang lebih alami, kamu bisa membuat lip scrub sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut di antaranya:

1. Lip scrub simpel dari gula pasir

Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di RumahFreepik.com

Bisa dibilang, lip scrub ini paling mudah dibuat di rumah karena hanya menggunakan tiga bahan. Kamu hanya perlu minyak kelapa, madu, dan gula pasir. Gula di sini berperan sebagai agen eksfoliasi. Sementara itu, madu berfungsi untuk melembapkan bibir setelah butiran gula berhasil menggosok sel kulit mati.

2. Menggunakan kopi

Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di Rumahlorealparisusa.com

Kandungan kafein pada kopi membantu meremajakan bibir sehingga membuatnya tampak lebih hidup dan berwarna. Kamu bisa menyampur satu sendok bubuk kopi dan minyak zaitun, aduk rata, kemudian aplikasikan ke bibir. Diamkan selama lima menit dan basuh dengan air setelahnya. Bibir kamu pun jadi lebih lembut.

Lip scrub dari kopi ini mungkin akan menyisakan sedikit rasa pahit. Oleh sebab itu, untuk menghilangkannya, kamu bisa melanjutkan perawatan bibir dengan menggunakan lip balm.

3. Mint yang segar

Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di RumahUnsplash/kevin laminto

Apabila tidak menyukai rasa dan wangi kopi, kamu bisa menggantinya dengan membuat lip scrub mint. Baik kopi maupun mint memiliki manfaat untuk membuat bibir terlihat lebih segar. Mint juga diketahui ampuh merawat bibir pecah-pecah.

4. Sea salt untuk bibir merah dan cerah

Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di Rumahfreepik.com/8photo

Lip scrub menambah kelembapan di bibir. Di rumah, kamu bisa membuatnya hanya dengan dua bahan. Siapkan minyak kelapa dan sea salt, lalu campur keduanya. Setelah itu, usap lip scrub homemade tersebut ke bibir dengan gerakan memutar. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan bibir merah dan cerah.

5. Lemon yang kaya vitamin C

Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di Rumahthelist.com

Karena terdapat kandungan lemon, lip scrub kamu ini akan menyegarkan bibir dan cocok digunakan di musim panas. Lemon yang kaya vitamin C juga bisa membersihkan dan membunuh bakteri di bibir kamu.

6. Kombinasi madu, lemon, dan gula

Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di Rumah123rf.com

Kombinasi ini memberikan manfaat dari tiga bahan utama yang bagus untuk kesehatan bibir. Madu sendiri memiliki kandungan antioksidan, sementara lemon menyediakan vitamin yang diperlukan bibir. Selain untuk lip scrub, kombinasi bahan-bahan ini juga membuatnya cocok digunakan sebagai pelembap bibir.

7. Khasiat madu yang manis

Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di RumahYesbeauties.com

Lip scrub ini merupakan kombinasi dari madu, baking soda, dan minyak zaitun. Manisnya madu akan menetralkan rasa tidak enak dari baking soda yang membantu proses eksfoliasi di bibir. Gosok campuran baking soda, madu, dan beberapa tetes minyak zaitun ke bibir dengan gerakan lembut. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Itulah beberapa lip scrub yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan alami mana yang menjadi pilihan kamu?