Sunscreen adalah salah satu produk skincare yang wajib digunakan setiap hari. Hal ini agar kulitmu terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sunscreen juga dapat mencegah kamu dari penyakit kanker kulit yang berbahaya. Meskipun faktor seseorang mengidap penyakit tersebut beragam, mencegahnya dengan mengaplikasikan sunscreen dengan rutin dan tepat merupakan langkah yang mudah untuk diterapkan bukan?

Selain itu, menggunakan sunscreen yang tepat berdasarkan jenisnya juga penting, lho. Kamu sudah tahu belum nih apa saja jenis sunscreen yang saat ini banyak digunakan dan dijual di pasaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Sunscreen dengan tekstur cream

Kenali 5 Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya, Yuk!cancercenter.com

Pertama sunscreen dengan tekstur cream. Sunscreen jenis ini mudah untuk diaplikasikan dan banyak digunakan oleh orang pada umumnya. Lalu, siapa saja yang bisa menggunakan sunscreen ini? Jawabannya adalah semua jenis kulit bisa menggunakan sunscreen jenis ini, namun karena setiap produk memiliki tekstur yang berbeda-beda, gunakanlah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Apabila kulitmu kering, kamu bisa gunakan sunscreen dengan tekstur yang sedikit lebih thick sehingga kulitmu juga akan terasa lebih lembab. Namun, apabila kulitmu berminyak gunakanlah sunscreen dengan tekstur yang lebih ringan.

2. Sunscreen dengan tekstur gel

Kenali 5 Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya, Yuk!dok internet

Selanjutnya adalah sunscreen dengan tekstur gel. Umumnya, sunscreen dengan tekstur ini lebih cepat menyerap dan tidak meninggalkan white cast. Sunscreen gel juga memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket di kulit, sehingga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. 

Sunscreen dengan tekstur ini juga memiliki kelebihan lainnya yaitu non-comedogenic dan mampu mengontrol minyak pada permukaan kulit.

3. Sunscreen stick

Kenali 5 Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya, Yuk!pinterest.com

Apakah kamu pernah melihat sunscreen dalam bentuk stick? Nah, sunscreen jenis ini umumnya memiliki tekstur yang ringan sehingga tidak menyumbat pori-porimu. Sunscreen stick ini tidak hanya cocok digunakan untuk tahap re-apply saja, kamu bisa menggunakan sunscreen stick sebagai sunscreen utama, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengaplikasikannya.

Pertama aplikasikan sunscreen stick sebanyak empat kali olesan, lalu ratakan sunscreen di permukaan kulit dengan tangan.

4. Sunscreen spray

Kenali 5 Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya, Yuk!allure.com

Selain hadir dalam bentuk stick, sunscreen juga tersedia dalam bentuk spray. Keduanya sama-sama efisien, namun agar efektif saat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, diperlukan cara pengaplikasian yang tepat.

Menurut American Academy of Dermatology, kamu bisa menyemprotkan sunscreen spray ke dekat wajahmu, kemudian ratakan sunscreen dengan tangan agar tidak ada bagian yang terlewat.

Kamu juga bisa mengaplikasikan sunscreen spray dengan menyemprotkannya ke area telapak tangan terlebih dahulu, kemudian ratakan dengan tangan dan aplikasikan ke wajahmu.

5. Sunscreen powder

Kenali 5 Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya, Yuk!glamlipstick.com

Terakhir ada sunscreen powder. Sama seperti namanya, sunscreen powder ini memiliki tekstur layaknya bedak tabur sehingga tidak lengket saat digunakan dan bebas white cast. Namun, sunscreen ini lebih cocok digunakan saat tahap reapply, bukan untuk sunscreen utama.

Itulah informasi tentang kelima jenis sunscreen yang wajib kamu tahu, semoga bermanfaat!