Bela tahu kan, semakin bertambah usia, semakin banyak perubahan yang akan terjadi pada kulitmu? Seiring berjalannya waktu, tanda-tanda penuaan ini akan terlihat.

Tanda-tanda tersebut akan terlihat semakin nyata kalau kamu nggak mengaplikasikan produk skincare yang berfungsi mencegah kondisi tersebut dengan rutin.

Kalau kamu ingin tetap terlihat awet muda, mulailah menggunakan beberapa produk skincare yang mengandung retinol, vitamin C, hyaluronic acid, bakuchiol, serta ceramide. Kamu bisa menemukan beberapa kandungan tersebut di dalam pembersih wajah, serum, dan pelembap. 

Di samping itu, kamu juga bisa menerapkan tujuh tips ini. Keep scrolling, Bela!

1. Hindari mengaplikasikan produk skincare dengan kasar

7 Tips Meremajakan Kulit yang Mudah untuk Diterapkan Shutterstock/Makistock

Agar wajahmu bersih dengan sempurna, kamu nggak perlu mengusap wajah dengan kasar. Kamu bisa mengaplikasikan produk yang bisa mengangkat sisa kotoran atau makeup dengan mudah seperti cleansing oil dan cleansing balm.

Setelah itu, kamu bisa membilas wajahmu dengan pembersih wajah yang lembut agar kulitmu tidak kering dan iritasi.

2. Hindari bilas dengan air panas

7 Tips Meremajakan Kulit yang Mudah untuk Diterapkan allure.com

Menggunakan produk skincare yang lembut dengan pengaplikasian yang juga lembut itu belum cukup, lho. Kamu juga harus memperhatikan suhu air saat mencuci muka, karena ketika kamu membasuh wajah dengan suhu yang panas, wajahmu bisa kering dan iritasi.  Oleh karena itu, pakai air hangat saja ya, Bela!

3. Mulai rajin eksfoliasi

7 Tips Meremajakan Kulit yang Mudah untuk Diterapkan Freepik.com

Nggak hanya mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga bisa membuat kulitmu jadi lebih halus serta mencegah munculnya garis-garis yang kerap kali diasosiasikan dengan tanda penuaan dini. 

Ketika kamu melakukan eksfoliasi dengan rutin, maka terjadi peningkatan pergantian sel dan hal tersebut bisa mendorong produksi kolagen pada kulit. 

4. Mengaplikasikan sunscreen dengan rutin

7 Tips Meremajakan Kulit yang Mudah untuk Diterapkan cumberlandskin.com

Bela, tahu nggak sih kalau sunscreen itu bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV? Nggak berhenti sampai di sana, penggunaan sunscreen yang rutin juga bisa mencegah munculnya bintik hitam pada kulit, lho.

5. Memaksimalkan penggunaan moisturizer

7 Tips Meremajakan Kulit yang Mudah untuk Diterapkan ry.com.au

Fungsi utama moisturizer atau pelembap tentunya adalah melembapkan kulit. Namun, pelembap dengan kandungan tertentu ini punya manfaat lebih untuk kulitmu, lho, seperti pelembab yang mengandung hyaluronic acid dan glycerin bisa mengencangkan kulit,

Kemudian pelembap yang mengandung ceramide bisa memperbaiki serta melindungi skin barrier-mu.

6. Gunakan sheet mask seminggu sekali

7 Tips Meremajakan Kulit yang Mudah untuk Diterapkan freepik.com/

Selain eksfoliasi kulit, kamu juga bisa menggunakan sheet mask setiap seminggu sekali. Kebiasaan ini tentunya akan membuat kulitmu jadi lebih glowing. Kamu juga bisa cari sheet mask sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya!

7. Lakukan perawatan kulit di klinik kecantikan

7 Tips Meremajakan Kulit yang Mudah untuk Diterapkan Freepik.com

Ketika kamu punya budget lebih untuk merawat kulitmu, coba deh pergi ke klinik kecantikan dan lakukan perawatan seperti IPL photofacial untuk meminimalisir bintik hitam serta meratakan warna kulit. 

Atau kamu juga bisa mencoba perawatan fraxel laser agar kulitmu lebih lembut serta meminimalisir tampilan garis halus.