Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Purging Adalah Proses Adaptasi Kulit, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Kondisi kulit yang timbul karena produk perawatan kulit

Nafi' Khoiriyah

Produk skincare kini kian beragam jenis dan kandungannya. Tak jarang, orang mencoba berbagai produk skincare untuk membuat wajah terlihat bersih dan glowing. 

Namun, pemakaian produk tertentu, terutama yang mengandung bahan aktif akan membuat kulit mengalami purging. Purging adalah reaksi sementara kulit terhadap bahan tertentu. 

Reaksi tersebut bisa berupa munculnya jerawat, kering, atau bahkan mengelupas. Kalau kamu merasa mengalaminya, ketahui cara mengatasinya di bawah ini. 

1. Apa itu purging?

pexels.com/Anna Nekrashevich

Sebelum kamu mengidentifikasi apakah yang terjadi pada kulitmu adalah purging atau bukan, ketahui dulu apa itu purging. Purging merupakan reaksi kulit terhadap bahan aktif tertentu yang memicu pergantian sel. 

Hal itu akan menyebabkan kulit terkelupas, kering, atau muncul whiteheads dan blackheads. Namun, purging berbeda dengan breakout. Biasanya, purging paling sering terjadi karena reaksi penggunaan chemical exfoliant dan retinoid. 

2. Penyebab kulit mengalami purging

pexels.com/valeriia-miller

Penyebab terjadinya purging tentu saja adalah bahan-bahan yang mempercepat proses pembaharuan sel kulit, misalnya retinol atau vitamin A.

Retinol merupakan obat andalan untuk jerawat karena memiliki sifat antinflamasi dan mencegah munculnya jerawat baru. Kemampuannya bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengatasi penuaan dini. 

Bahan lainnya yang bisa memunculkan purging di antaranya salicylic acid dan vitamin C. Semua kandungan tersebut bisa mempersingkat pergantian kulit, dari yang mulanya sekitar 28 hari menjadi sekitar 7 sampai 14 hari. 

3. Ciri-ciri kulit mengalami purging

pexels.com/Andrea Piacquadio

Berbeda dengan breakout, ada beberapa ciri yang bisa kamu lihat saat mengalami purging berikut ini. 

  1. Muncul komedo dan komedo putih
  2. Muncul jerawat di area yang biasa berjerawat 
  3. Kulit bersisik, kering, dan mengelupas 
  4. Mereda dalam waktu 4 sampai 6 minggu 
  5. Terjadi setelah memakai bahan aktif tertentu.

4. Cara mengatasi purging pada kulit

pexels.com/Ron Lach

Meskipun kondisi purging membuatmu tidak nyaman, tetapi cara mengatasinya adalah dengan menuunggu. Sebab, purging akan cepat hilang bergantung pada kondisi kulit masing-masing. 

Namun, kamu tetap perlu menjaga kulit tetap terhidrasi, jangan menggunakan produk macam-macam, dan lindungi kulit saat beraktivitas seperti kamu mengalami breakout. 

Tetaplah mencuci wajah pada pagi dan malam hari untuk menghilangkan kotoran dan makeup yang menyumbat pori-pori. Selain itu, pilihlah pembersih yang ringan dan jangan memencet jerawat yang muncul. 

5. Perbedaan purging dan breakout

pexels.com/Kindel Media

Berbeda dengan purging, breakout biasanya bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Area yang muncul jerawat atau komedo juga bisa muncul di manapun. Dibandingkan dengan purging yang biasanya lebih ringan, kondisi breakout kebanyakan akan lebih sakit dan tak jarang membuat kulit membengkak. 

Jadi, purging adalah reaksi wajar pada kulit yang akan berlangsung sementara. Jika kamu mengalaminya, maka lakukan cara yang sudah disampaikan di atas.

Namun jika kulit tetap pada kondisi yang sama selama lebih dari 6 bulan, segera konsultasikan dengan dokter, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin