Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Obat Penghilang Flek Hitam di Apotek yang Bagus Beserta Harganya

Wajah jadi lebih bersih

Nafi' Khoiriyah

Flek hitam merupakan bintik-bintik gelap di kulit yang muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit. Masalah tersebut muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet dari matahari sehingga memunculkan bintik-bintik hitam. 

Meskipun kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi, terutama saat usia mulai menua, tetapi flek hitam bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui obat penghilang flek hitam di apotek yang bagus beserta harganya. 

Berikut adalah krim dengan kandungan khusus yang bisa mengatasi flek hitam di kulit.

1. Vitacid

k24klik.com

Salep penghilang flek hitam di apotek yang bagus beserta harganya yang pertama adalah Vitacid. Obat yang diproduksi oleh Surya Dermato Medica Lab ini mengandung bahan aktif retinoid acid yang bisa menyamarkan flek hitam di wajah. 

Obat ini memiliki 3 pilihan dosis, mulai dari 0,025%, 0,5%, sampai 0,1 persen. Kamu hanya perlu mengoleskannya tipis-tipis pada flek hitam saat sebelum tidur atau mengikuti saran dokter supaya flek hitam cepat memudar. 

Selain mengatasi jerawat, kandungan tretinoin di dalam Vitacid juga bisa membantu mengurangi kerutan halus dan bintik hitam, serta melembutkan wajah. 

Vitacid dijual seharga Rp55 ribu. 

2. Dermatix Ultra

dermatix.asia

Obat yang selanjutnya ini mungkin lebih dikenal sebagai obat penghilang bekas luka. Namun, Dermatix Ultra juga mampu mengatasi flek hitam di wajah dan masalah kulit lainnya seperti bekas jerawat. 

Sebab, Dermatix Ultra mengandung polimer silikon, Vitamin C Ester, cyclopentasiloxane (CPX), niacinamide, dan snail slime extract yang bisa memberi efek mencerahkan pada kulit. 

Ada dua varian produk Dermatix yang bisa kamu temukan di pasaran, yaitu Dermatix Ultra Gel dan Dermatix Acne Spot Care. 

Obat penghilang flek hitam ini dijual dengan harga mulai dari Rp139 ribu. 

3. Vitaquin

kalcare.com

Vitaquin menjadi cream penghilang flek hitam di apotek yang bagus beserta harganya selanjutnya. Obat ini merupakan krim yang mengandung bahan aktif hydroquinon 5 persen sehingga bisa menyamarkan flek hitam dan membuat kulit lebih cerah. 

Oleh karena itu, Vitaquin cocok untuk menghilangkan bekas jerawat, bekas kehitaman, dan juga flek hitam pada wajah. Akan tetapi, obat ini tergolong dalam obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk pemakaian yang sesuai.

Kamu bisa mendapatkan Vitaquin baik tanpa atau dengan resep dokter karena dijual bebas di apotek. 

Vitaquin dijual di apotek seharga Rp70 ribu.

4. Melanox

kalcare.com

Hampir sama seperti sebelumnya, Melanox merupakan krim dengan bahan aktif hydroquinon lebih rendah, yakni 2 persen saja. Hydroquinone tersebut berfungsi menghalangi pembentukan melanin yang merupakan pigmen pemberi warna pada kulit sehingga menjadi lebih cerah. 

Dengan dosis tersebut, Melanox juga sering direkomendasikan sebagai salep penghilang flek hitam karena konsumsi pil KB. Kamu cukup mengoleskan secukupnya pada kulit setiap 12 jam. 

Ada dua varian Melanox, yakni Melanox dan Melanox Forte. Keduanya dibedakan berdasarkan dengan presentase kandungan hydroquinone di dalamnya. 

Harga Melanox di apotek sekitar Rp43,5 ribu. 

5. Tracne

hdmall.id

Selanjutnya, salep penghilang flek hitam di apotek yang bagus beserta harganya ialah Tracne. Krim ini mengandung zat aktif tretinoin yang bisa mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi seperti flek hitam akibat sinar matahari. 

Tretinoin tersebut merupakan bentuk asam vitamin A yang bisa mengurangi penumpukan sel epitel folikel dengan merangsang mitosis sehingga terjadi peremajaan kulit. 

Dikarenakan termasuk dalam golongan obat keras, Tracne harus digunakan sesuai dengan resep dokter. 

Obat ini dijual dengan harga Rp72 ribu.

6. Refaquin

sdm-labs.com

Refaquin juga bisa menjadi obat untuk menghilangkan melasma, yakni perubahan warna kulit karena produksi melanin yang berlebih. Krim ini mengandung fluocinolone acetonide, hydroquinone, dan tretinoin. 

Kandungan tersebut digunakan untuk mengatasi melasma jangka pendek dari yang sedang sampai berat. Namun, obat ini termasuk dalam golongan obat keras juga  sehingga memerlukan resep dokter untuk membelinya. 

Refaquin dijual dengan harga kisaran Rp60 ribu.

7. Mediquin

sdm-labs.com

Obat lainnya yang bisa kamu pilih adalah Mediquin yang memiliki kandungan hydroquinone 5 persen. Produk ini bisa mengatasi hiperpigmentasi pada kulit sehingga flek hitam memudar. 

Namun, obat ini juga tergolong dalam obat keras sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menyesuaikan dosisnya. 

Mediquin dijual dengan harga kisaran Rp48 ribu. 

8. Dermovate Ointment

harsay.pk

Obat penghilang flek hitam di apotek yang bagus beserta harganya selanjutnya adalah Dermovate Ointment. Obat ini merupakan obat topikal yang mengandung clobetasol propionate yang bisa mengatasi peradangan pada kulit dan juga flek hitam. 

Obat ini termasuk dalam obat keras sehingga bisa digunakan dengan resep dokter. Kamu bisa mengoleskannya tipis-tipis 1-2 kali sehari pada bagian kulit yang bermasalah. 

Dermovate Ointment dijual dengan kisaran harga Rp80 ribu. 

9. Eqinon

dermaxp.com

Terakhir, Eqinon yang mengandung hydroquinone juga bisa menangani hiperpigmentasi pada kulit. Hiperpigmentasi adalah penggelapan di bagian kulit yang biasanya terjadi setelah peradangan, misalnya flek hitam. 

Kamu bisa memutihkan kulit secara berangsur-angsur dengan mengoleskan Eqinon Forte pada kulit yang terkena flek hitam 1 sampai 2 kali sehari. Namun, pemakaian obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Harga obat Eqinon Forte Krim 5% ini berkisar pada Rp39 ribu. 

Itulah 9 obat penghilang flek hitam di apotek yang bagus beserta harganya. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi karena flek hitam di kulit bisa teratasi dengan cara ini.

Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan keamanan pemakaiannya ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin