Salah satu dampak yang muncul ketika self quarantine adalah berbagai macam challenge yang unik. Mulai dari dalgona coffee, pillow challenge, tomorrow challenge dan yang paling viral adalah mugshoot challenge. Awalnya, tantangan ini sangat populer berkat TikTok, namun kini sudah ramai di macam platform media sosial. Lantas, seperti apa challenge yang menuai kontroversi ini? Berikut lima faktanya! 

1. Mugshot Challenge dimulai sekitar seminggu yang lalu, dimana tantangan ini sudah diikuti baik beauty influencer dari luar negeri maupun Tanah Air.

Menuai Kontroversi, Berikut 5 Fakta Mugshoot Challenge instagram.com/makeupalii

2. Challange ini menunjukan riasan yang messy seperti lebam pada wajah, maskara yang luntur, serta darah palsu. Tidak ketinggalan, mereka akan berfoto seakan-akan dirinya adalah penjahat kriminal.

Menuai Kontroversi, Berikut 5 Fakta Mugshoot Challenge instagram.com/ashillasikado

3. Ternyata mugshoot memiliki arti yaitu foto yang diambil polisi ketika seseorang penjahat ditangkap dan terlibat dalam suatu kasus.

Menuai Kontroversi, Berikut 5 Fakta Mugshoot Challenge instagram.com/jharnabhagwani

4. Namun, tantangan ini menuai kontroversi dari berbagai pihak. Pasalnya, Mugshot Challenge dinilai buruk karena menampakkan kekerasan walaupun hanya melalui riasan wajah.

Menuai Kontroversi, Berikut 5 Fakta Mugshoot Challenge instagram.com/makeupalii

5. Tetapi, ada yang mengartikan bahwa Mugshot Challenge merupakan kampanye aksi anti kekerasan yang ditujukan untuk polisi. Tujuannya, polisi lebih mengutamakan negosiasi daripada kekerasan.

Menuai Kontroversi, Berikut 5 Fakta Mugshoot Challenge insider.com

Menurut Popbela sah-sah saja kalau kamu mau bereksplorasi dengan makeup. Tapi, alangkah baiknya, untuk challenge seperti ini, daripada menuliskan caption yang menimbulkan kesalahpahaman atau kontroversi, cukup sertakan disclaimer bahwa ini hanya tantangan makeup semata sehingga siapapun yang melihat unggahan #mugshotchallenge ini tahu bahwa ini hanya riasan saja.

Baca Juga: Potret 'Until Tomorrow' Challenge Ala Seleb Indonesia

Baca Juga: Ikut Until Tomorrow Challenge, Begini Potret Dulu dan Kini Para Seleb

Baca Juga: Seleb Hollywood Perangi Corona dengan “Do Your Part” Challenge