Nama Asmara Abigail di industri film terbilang memang masih fresh. Tapi sepak terjangnya nggak boleh dipandang sebelah mata! Sejak mencuri perhatian dalam film bisu karya Garin Nugroho, Setan Jawa, karir Asmara mulai melambung. One Two Jaga, Pengabdi Setan hingga Sultan Agung merupakan beberapa film yang ia bintangi. Dan tak hanya pintar akting, Asmara Abigail sendiri dikenal sebagai sosok yang jago menari. Bahkan jadi model pun sudah menjadi sesuatu yang biasa buat dirinya. Lalu ada hal lainnya yang kurang disebut?

Yup kulit eksotisnya!

Itu pula yang menjadi senjata Asmara Abigail dalam mengubah standar cantik di industri hiburan tanah air. Nggak gampang lho berkarir sebagai artis berkulit gelap ditengah serbuan artis-artis blasteran. Nah, lewat kampanye Popbela #IAMREAL issue Natural Beauty, Asmara mau berbagai soal betapa bangganya ia memiliki kulit gelap, rahasia merawatnya hingga gimana sih ia menyatu dengan alam. Yuk simak di bawah ini.

1. Rumah kamu (Hutan KM5, Ciputat) memiliki halaman yang besar, 15 ekor anjing, ular piton yang hidup bebas, seperti apa sih kedekatan kamu dengan alam?

"Aku tinggal di sini dari umur dua tahun sampai sekarang dan sudah biasa tanpa keramaian orang. Impact-nya nggak gampang takut sendirian, seperti takut gelap. Kalau sama alam, cohabitation bareng, sama-sama tinggal di sini dan respect each other. Ada biawak, piton, semua tinggal liar dan bukan dirawat cantik gitu. Aku senang. Untungnya tempat ini bisa menjadi rumah untuk mereka. Kalaupun pas lagi ada binatang yang masuk ke rumah paling kita tangkap dan kita kembalikan lagi ke tempatnya."

#IAMREAL: Asmara Abigail Sindir Standar Cantik & Rahasia Kulit EksotisPopbela.com/Bona Soetirto

2. Nah, langsung ke pokok bahasan. Soal warna kulit kamu yang eksotis. Punya pengalaman di-bully nggak?

"Di-bully sih iya, cuma jarang dikatain hitam. Mungkin karena kurus waktu kecil (plus hitam). Jadi pada nggak tega kayaknya. Soal bully-an, karena aku terbiasa sendiri di rumah, jadi aku nggak terlalu peduli kalau dikucilkan dan sendiri. It's okay, no problem I can live by my own. Aku dulu di sekolah bukan perempuan yang dilirik. Tapi aku sendiri sempat lho masuk majalah Go! Girl pada umur 16 tahun dan rambut aku dipotong pixie cut. Jadi aku udah kurus, hitam, rambut pendek kaya polwan, yah nggak menarik. Kebetulan waktu itu model kesukaan aku Agyness Deyn dan rambutnya cepak. Kalau dikata-katain polwan sama teman-teman ya nggak peduli. Aku senang-senang aja."

3. Anyway, bagaimana pendapat kamu tentang kalau cantik itu harus berkulit putih?

"Kalau aku mungkin lebih seperti... kita sendiri sukanya apa. Kalau kita berkulit gelap dan ingin memiliki kulit putih karena pikiran sendiri ya silahkan. Mau scrub seribu kali untuk kulit putih dan bikin bahagia, ya nggak masalah. Cuma kalau mau putih karena pikiran yang dibentuk masyarakat atau karena kebanyakan nonton film Korea itu sih big no for me. Karena kalau kita happy dengan pilihan serta prosesnya, dengan sendirinya kita akan bahagia. Tanpa ada tekanan dari luar."

4. Bagaimana sih cara kamu merawat kulit?

"Aku pecinta minyak! Mulai dari almond oil, moroccan oil dan argan oil. Kalau memilih perawatan kulit, pasti yang aku cek dulu adalah kandungan oil-care di dalamnya. Karena kalau kulit gelap seperti aku dipakaikan minyak akan langsung mengilap. Contohnya sebelum pakai hand body, aku aplikasikan body oil dulu, jadi double protection gitu. Satu lagi yang penting yaitu, pakai sunscreen dan sunblock untuk muka dan badan. Kalau untuk badan aku suka Hawaiian Tropic karena ada efek shimmering-nya."

#IAMREAL: Asmara Abigail Sindir Standar Cantik & Rahasia Kulit EksotisPopbela.com/Bona Soetirto

5. Sekarang ngomongin soal standar cantik di industri hiburan. Dari dulu kan yang blasteran lebih diutamakan, gimana cara kamu tampil stand out?

"Yang buat stand out sebenarnya personaliti masing-masing. Karena personaliti nggak bisa dibeli. Kalau taste, style, mau pakai stylist kayak apa pun, kalau karakternya nggak masuk ya nggak oke. Karena pakaian bisa saja sama dipakai oleh artis A atau B, tapi personaliti, otak dan hati, energi positif yang dibawa, selalu profesional dalam pekerjaan. Itu juga termasuk kunci untuk lebih stand out."

6. Cara kamu untuk selalu positif gimana? Yoga?

"Aku biasanya yoga sebisa mungkin. Kalau shooting suka bawa yoga mat. Untuk selalu positif, aku dibesarkan dalam keluarga yang happy-go-lucky gitu. Beruntung aku dibesarkan di keluarga yang gayanya agak gila, suka ketawa-ketawa gitu, jadi bawaannya memang selalu happy."

#IAMREAL: Asmara Abigail Sindir Standar Cantik & Rahasia Kulit EksotisPopbela.com/Bona Soetirto

7. Terakhir, apa yang kamu banggakan dari kulit gelap?

"Punya kulit gelap yang dibilang bagus pasti senang banget. Dan zaman sekarang pakai warna apapun juga bisa kok. Saat aku sedang liburan musim dingin aku sering dapat pujian, 'kok bisa sih lagi winter tapi kulitnya tan'. Aku bangga dengan warna kulitku. Sayang sih kalau masih ada orang yang berpikir kulit gelap itu kurang cantik. Tapi aku harap dengan adanya orang-orang seperti aku ini jadi bisa mengubah presepsi masyarakat."

#IAMREAL: Asmara Abigail Sindir Standar Cantik & Rahasia Kulit EksotisPopbela.com/Bona Soetirto

Photo credit:

Photographer: Bona Soetirto
Makeup & Hair: Tiffani, Yolanda Felicia
Stylist: Alia Husin
Fashion Editor: Michael Richards
Asst. Photographer: Ahmad Wahyudi
Asst. Stylist: Scarlett Koswara, Lizda Fathia
Wardrobe: EUREKA
Location: Hutan KM5

Baca Juga: #IAMREAL: Tara Basro dan Perjuangan Panjang Mencintai Diri Sendiri