Bedak, salah satu produk makeup dasar yang harus kamu miliki. Dengan bedak, kamu bisa membuat wajahmu tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, pemakaian bedak akan membuat tampilan kulit menjadi lebih halus.

Namun sayangnya, banyak orang yang masih melakukan kesalahan saat menggunakan bedak. Apa saja sih, kesalahan-kesalahan fatal yang kamu lakukan saat memakai bedak? Simak di bawah ini, ya!

1. Tidak mengaplikasikan bedak pada leher

Biar Riasan Flawless, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Memakai BedakStylecraze.com

Biasanya, kamu akan terfokus hanya pada bagian wajah saja saat menggunakan bedak. Hal ini akan sangat aneh karena akan ada perbedaan warna wajahmu dengan area leher. Jadi, jangan sampai lupa untuk mengaplikasikan bedak pada lehermu juga, ya!

2. Tidak memakai brush

Biar Riasan Flawless, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Memakai BedakAdorebeauty.com.au/

Pada produk makeup, biasanya bedak dilengkapi dengan puff berbentuk lingkaran atau kotak. Memang, puff ini bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan bedak, namun hasilnya tidak akan sebagai menggunakan brush. Dengan brush, bedak akan tersapu secara merata dan halus sehingga tidak merusak makeup dasarmu. 

3. Memakai brush yang kotor

Biar Riasan Flawless, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Memakai Bedakmadeinmarcelle.com

Mungkin kamu seringkali tidak peduli dengan kebersihan alat makeup-mu dan hanya fokus pada hasilnya. Hal ini super fatal, lho! Brush yang kotor merupakan sarang bakteri. Jadi, meskipun makeup-mu tampak bagus, belum tentu setelahnya kulit wajahmu akan baik-baik saja dan terbebas dari masalah seperti jerawat.

4. Memakai bedak terlalu tebal

Biar Riasan Flawless, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Memakai BedakAdorebeauty.com.au

Kamu mungkin berpikir bahwa dengan memakai bedak dengan tebal akan membuat tampilan makeup-mu jadi lebih soft dan flawless. Sayangnya, bukan riasan cantik yang kamu dapatkan melainkan tampilan wajah yang cakey dan terlihat seperti topeng. 

5. Salah memilih warna bedak

Biar Riasan Flawless, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Memakai BedakConfelttissismo.com

Ini adalah salah satu kesalahan yang banyak para perempuan lakukan. Seringkali, kamu benar-benar ingin warna bedak yang membuat warna kulitmu menjadi 'putih' dengan memilih warna yang jauh dari warna dasar kulitmu. Hal ini harus kamu hindari. Sebaiknya, pilihlah warna bedak yang 1 tingkat di atas warna kulit dasarmu, bukan 2 tingkat atau lebih di atasnya. 

6. Menyimpan bedak terlalu lama

Biar Riasan Flawless, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Memakai BedakStylecraze.com

Walaupun bertekstur kering, bukan berarti bedak tidak bisa mengalami kedaluwarsa. Bedak tetap memiliki masa kedaluwarsa. Pemakaian bedak yang sudah kedaluwarsa bisa menyebabkan peradangan sampai iritasi pada kulit. Jadi, selalu cek tanggal expired bedakmu, ya!

7. Menggunakan bedak dengan cahaya yang minim

Biar Riasan Flawless, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Memakai BedakLightscoop.com,

Kamu suka memakai bedak di tempat yang kurang cahaya? Mulai sekarang jauhi kebiasaan yang satu ini, ya! Ruangan yang gelap akan membuat kamu berpikir bahwa bedak masih kurang tebal. Alhasil, ketika kamu pergi ketempat terang, wajahmu otomatis akan jadi terlalu putih dan cakey

Nah, itu dia 7 kesalahan fatal yang biasa kamu lakukan saat menggunakan bedak. Setelah mengetahuinya, jangan sampai terulang lagi ya, Bela!