Kalau ditanya bagaimana skill makeup saya saat masih berusia 16 tahun? Dear, I'm not proud at all. Jujur saja, walau biasanya cuma menggunakan bedak bayi dan lip gloss yang bisa berubah warna itu, tapi kalau lagi iseng mencoba makeup (saya dulu selalu minjem kakak), jangan ditanya hasilnya deh. Bikin eyeliner pasti selalu beda sebelah, mengaplikasikan eyeshadow juga sudah pasti nggak blending deh. Malu!

Makanya, kalau sekarang melihat ada beauty vlogger muda yang berbakat dalam merias wajah seperti Jharna Bhagwani, rasanya senang dan juga kagum. Ini yang menjadi alasan saya memilih perempuan berdarah India ini untuk tampil dalam #IAMREAL isu "NKOTB". Menurut saya, Jharna memenuhi kriteria "New Kids On The Block". She's young (she's only 16!), fresh, and 100% a rising beauty vlogger (no doubt). Mengaplikasikan makeup cantik mungkin sudah biasa, tapi merias wajah dengan makeup karakter tentunya membutuhkan keahlian khusus and Jharna is really good at doing it. 

Bukan cuma itu, walau terbilang anak baru di industri kecantikan, Jharna membuktikan bahwa dirinya patut diperhitungkan dengan rajin membuat konten beauty dan diundang ke berbagai event beauty dari berbagai brand bahkan bekerjasama dengan mereka.

Lalu, kenapa Jharna begitu yakin memutuskan untuk menjadi beauty vlogger, apa yang menjadi inspirasinya, dan apa harapannya di industri ini?

Berawal dari suka menggambar

#IAMREAL: Karena Hobi, Jharna Bhagwani Mantap Jadi Beauty VloggerInstagram.com/@jharnabhagwani

Jauh sebelum dirinya mengaplikasikan berbagai gaya makeup pada wajah, Jharna lebih dulu jatuh cinta pada kegiatan menggambar. Ia mengaku memang suka dengan berbagai hal yang membutuhkan kreativitas. Demi mengasah kreativitasnya, ia pun mulai berkenalan dengan Youtube dan "menemukan" makeup. "Aku mulai waktu aku baru berumur 13 tahun. Tapi aku sudah mulai menggunakan makeup dari kecil banget. Waktu itu aku "nyuri" eyeliner punya Mama terus aku coba-coba. Dari situ aku mulai ber-makeup." jelas Jharna.

Kalau kamu mengintip akun Instagram dan juga Youtube Jharna, perempuan yang duduk di bangku SMA ini kerap menggunakan berbagai gaya makeup yang unik dan sangat menarik. Keahliannya dalam merias wajah ternyata didapatnya dari rajin menonton berbagai tutorial di Youtube. 

"Aku nggak pernah les makeup, paling cuma nonton Youtube aja. Hehe." ujarnya ketika ditanya tentang skill makeup-nya. Ia pun mengaku karena ia memang suka menggambar, ia menganggap wajahnya sebagai kanvas di mana ia bisa dengan bebas menggambar apa saja. Inspirasinya sendiri bisa datang dari mana saja, termasuk hal yang biasa ia lihat sehari-hari. 

Jadi beauty vlogger karena cinta kamera

#IAMREAL: Karena Hobi, Jharna Bhagwani Mantap Jadi Beauty VloggerPopbela.com/Raja Siregar

Sebelum mengunggah berbagai tutorial makeup, Jharna ternyata juga pernah membuat vlog ketika dirinya masih kecil Ia pernah membuat video birthday haul dan DIY aksesori yang sangat menggemaskan. Ini dilakukannya karena ternyata dirinya sangat suka dengan kegiatan merekam dirinya sendiri. Ia bahkan bercerita selalu merekam apapun yang ia lakukan dengan kamera handphone-nya kemanapun dirinya pergi karena dia sangat cinta dengan kamera. 

"I really love filming. Menurut aku keren banget merekam diri kita sendiri lalu bisa menonton ulang apa yang kita lakukan dan menghasilkan sesuatu dari situ." kata fans James Charles ini. Ini juga yang membuatnya mantap serius menjadi beauty vlogger. Gabungan dua kegiatan kesukaannya, menggambar dan filming, inilah yang menjadikan Jharna lebih konsisten dan kreatif dalam membuat konten.

Orang tua jadi support system #1

#IAMREAL: Karena Hobi, Jharna Bhagwani Mantap Jadi Beauty VloggerInstagram.com/@jharnabhagwani

Kesuksesannya sekarang tentunya tak lepas dari usaha dan juga dukungan orang terdekat. Di sesi wawancara #IAMREAL siang itu, Jharna mengaku dirinya bersyukur bahwa orang tuanya mendukungnya secara penuh dalam melakukan kegiatan yang ia sukai.

Saat memulai membuat video, Jharna yang masih terbilang kecil saat itu hanya bermodalkan kamera handphone saja. Sedangkan untuk makeup, Jharna biasanya meminjam dari temannya. Beruntung, Jharna juga memiliki teman yang memiliki kamera dan bersedia membantunya dalam membuat video. Bermodalkan hal tersebut, Jharna mulai membuat video di Instagram.

Melihat Jharna begitu mencintai yang ia lakukan, orang tuanya pun akhirnya membelikan Jharna kamera dan mendukungnya dalam membuat berbagai video. "Aku bersyukur banget karena orangtuaku mendukung apa yang aku lakukan. It really means a lot for  me."

Ingin memiliki makeup line sendiri

#IAMREAL: Karena Hobi, Jharna Bhagwani Mantap Jadi Beauty VloggerInstagram.com/@jharnabhagwani

Sebagai seseorang yang cinta dengan makeup, Jharna tak ingin hanya menjadi seorang beauty vlogger saja. Salah satu mimpi Jharna adalah memiliki makeup line-nya sendiri. "I really wanna have my own makeup line. Kayaknya ini jadi mimpi dari banyak makeup lover lah. So I hope." Sedikit bocoran, Jharna ingin rangkaian makeup-nya nanti terdapat sesuatu yang colorful dan juga complexion untuk wajah. Kita tunggu saja yah!

Jharna in 5 years

#IAMREAL: Karena Hobi, Jharna Bhagwani Mantap Jadi Beauty VloggerPopbela.com/Raja Siregar

"Me in five years? I'll be in college. Rencananya aku ingin ambil bisnis atau komunikasi. Aku tertarik banget untuk mempelajari hal itu. Tapi, yang jelas aku pengen happy dengan apa yang aku lakukan dan membuat orang tuaku bangga dengan apa yang aku kerjakan." jelas Jharna tentang rencana lima tahunnya.

Sedangkan untuk kamu yang ingin menjadi beauty vlogger, Jharna membagikan tipsnya. Menurutnya, jangan mengharapkan sesuatu dari hal yang kamu kerjakan. Karena ekspektasi hanya akan membuat rasa cemburu dan sakit. Kamu pun tidak bisa membandingkan dirimu dengan yang lain. "Just keep your head held high. Do it because you love it. Do it because you really enjoy it and wanna inspire the people." ujarnya menutup wawancara.

#IAMREAL: Karena Hobi, Jharna Bhagwani Mantap Jadi Beauty VloggerPopbela.com/Raja Siregar

Photo credit:

Fotografer: Raja Siregar

Makeup & Hair: Vany Sagita, Maria Robert, Linda Kusuma Dewi

Stylist: Erlangga S Negoro

Fashion Editor: Michael Richards

Wardrobe: Sweater SVH, dress Sean & Sheila

Lokasi: Melv Studio

Baca Juga: #IAMREAL: Yoriko Angeline, dari Beasiswa Hingga Jadi Artis Ternama