Salah satu trik mudah dan cepat untuk menyamarkan jerawat, noda hitam, serta kantung mata hitam pada wajah adalah dengan menggunakan concealer. Dulu, rasanya nggak banyak merek lokal Indonesia yang mengeluarkan produk kosmetik ini sehingga para beauty enthusiast umumnya mencari concealer dari merek luar negeri. Pernah merasakan kesulitan seperti ini, Bela?

Namun seiring berjalannya waktu, kosmetik dalam negeri mulai berkembang dan mengeluarkan concealer-nya sendiri. Tentunya dengan kualitas yang nggak kalah bagus dan dengan harga yang terjangkau! Apa saja concealer merek lokal yang wajib dicoba? Lihat daftarnya berikut ini.

1. Wardah Insta Perfect Quick Fix Cover Correct Concealer

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@nstaperfectbywardah

Produk ini merupakan bagian dari rangkaian kosmetik terbaru Instaperfect. Concealer ini dikemas dalam bentuk tabung kecil seperti pen yang modern, dan memiliki ujung kuas untuk mempermudah aplikasi produk pada wajah. Konsistensi produk cair dan kamu dapat menggunakannya untuk menyamarkan jerawat maupun meng-highlight fitur wajah. 

Untuk mengeluarkan produk, kamu perlu memutar bagian bawah kemasannya. Concealer Wardah dari Instaperfect series ini tersedia dalam dua shade yang diformulasikan untuk kulit perempuan Indonesia.

2. Mizzu Hide'em Contour and Concealer

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@mizzucosmetics

Merek lokal yang terkenal dengan kemasannya yang keren ini mengeluarkan concealer yang dapat kamu gunakan sebagai contour. Namanya Mizzu Hide'em Contour and Concealer, produk kosmetik ini tersedia dalam 4 warna.

Salah satu di antaranya merupakan warna Orange yang berfungsi sebagai corrector untuk menyamarkan kantung mata hitam. Shade yang lebih terang dapat kamu gunakan untuk meng-highlight wajah, dan shade yang lebih gelap dapat kamu gunakan untuk contour. Konsistensi concealer Mizzu ini cair dan memberikan hasil akhir dewy. Coverage-nya mampu menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah. 

3. LT Pro Fix Conceal

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@ltpro_official

Merek makeup kondang di Indonesia ini pun memiliki concealer dalam lini kosmetiknya. Namanya adalah LT Pro Fix Conceal. Kemasannya sederhana, seperti concealer pada umumnya. Terdapat aplikator pada tutup kemasan untuk membantu mengaplikasikan concealer pada wajah. 

Konsistensinya creamy dan agak kental, namun tetap mudah untuk dibaurkan pada wajah. Hasil akhirnya sendiri adalah dewy, bukan matte. Kelebihannya, concealer LT Pro ini mengandung beberapa bahan seperti minyak alpukat dan beeswax sehingga membantu melembapkan kulit.

4. Inez Color Contour Plus Concealing Stick

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@inezcosmetics

Merek lokal Inez juga merilis concealer yang bernama Color Contour Plus Concealing Stick. Bentuk stick-nya menyerupai lipstik sehingga hati-hati jangan sampai tertukar! Meski terkesan padat, concealer Inez ini cukup creamy sehingga mudah dibaurkan pada wajah. Coverage-nya cukup baik untuk menutupi noda bekas jerawat. 

5. Mineral Botanica Radiant Instant Cover Concealer

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@mineralbotanica

Mineral Botanica atau yang akrab disapa Mica ini memiliki concealer yang bernama Radiant Instant Cover Concealer. Berasal dari lini 'Studio Series', kemasannya berupa tabung dengan bahan seperti frosted glass dan tutup kemasan berwarna emas, menjadikan produk ini nampak elegan. 

Concealer dari Mineral Botanica ini memiliki konsistensi yang creamy dan mudah dibaurkan pada wajah. Coverage-nya medium sehingga perlu mengoleskan lebih dari sekali untuk menutupi noda hitam atau kantung mata hitam yang cukup parah. 

6. Silky Girl Quick Fix Care Concealer

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@silkygirlcosmetics

Merek Silkygirl turut merilis concealer dengan nama Quick Fix Care Concealer. Kemasannya seperti pen, dengan ujungnya berupa kuas untuk memudahkan aplikasi pada wajah. Concealer dari Silkygirl ini memiliki kandungan Fraxinus Excelsior Bark Extract yang bermanfaat untuk mengurangi kantung mata hitam serta noda pada wajah. Selain itu, ada kandungan Pistacia Lentiscus (Mastic) Gum yang dapat mengurangi tampilan pori-pori pada wajah.

Concealer dari Silkygirl ini pun memiliki kandungan Sodium Hyaluronate yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Kamu dapat menggunakannya untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah maupun untuk meng-highlight fitur wajahmu.

7. Make Over Power Stay Under Eye Perfecting Concealer

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@makeoverid

Masih dari lini kosmetik Make Over 'Power Stay', ada satu concealer baru lainnya bernama Power Stay Under Eye Perfecting Concealer. Sesuai namanya, concealer ini ditujukan untuk menyamarkan kantung mata hitam. Kemasannya berbentuk pen dengan ujung berbentuk kuas memudahkanmu untuk mengaplikasikan produk pada wajah. 

Diformulasikan dengan silky powder-gel complex dan sebum control system, concealer Make Over ini memiliki hasil akhir yang matte namun nggak bikin cakey, dan dapat menyerap minyak berlebih. 

8. PAC Take Cover Concealer Crayon

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu Cobaamazon.com

PAC, salah satu merek kosmetik lokal favorit penata rias Indonesia ini turut merilis concealer bernama Take Cover Concealer Crayon. Berbeda dengan concealer pada umumnya, kosmetik milik PAC ini berbentuk pensil crayon dari bahan kayu sehingga perlu kamu raut/serut. Meski begitu, konsistensinya creamy sehingga mudah diaplikasikan dan dibaurkan pada wajah.

Concealer dari PAC ini dapat kamu gunakan untuk menyamarkan noda hitam, meng-highlight fitur wajah, meng-contour wajah. Varian warnanya cukup banyak, tersedia dalam 8 shade yang menyesuaikan dengan warna kulit Indonesia.

9. Beauty Story Undercover CCC Concealer

9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu CobaInstagram.com/@mybeautystoryid

Pernah mendengar Beauty Story? Merek kosmetik lokal ini punya concealer yang patut kamu coba, Bela. Namanya Undercover CCC Concealer. Kemasan produk ini berbentuk tabung, dengan isi concealer berbentuk seperti crayon sehingga kamu perlu memutar kemasa bagian bawah untuk mengeluarkan produk. Meski terkesan padat, concealer ini mudah dibaurkan dan cukup tahan lama.

Rupanya, ada banyak concealer berkualitas bagus yang telah merek lokal keluarkan. Mana yang sudah kamu coba, Bela? Bagikan review-mu pada beauty enthusiast lainnya agar banyak orang yang mencoba produk lokal kita!

Baca Juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Concealer