Memiliki riasan yang tahan lama sepanjang hari menjadi salah satu impian banyak perempuan. Namun umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat kamu baru menyelesaikan rutinitas kecantikan itu. Memasuki pertengahan hari, makeup mulai memudar atau pecah di beberapa area wajah.

Udara panas dan keringat menjadi beberapa penyebab utama makeup nggak dapat bertahan lama di wajahmu. Namun melansir dari Cosmopolitan, masih ada banyak alasan lain yang membuat riasanmu sulit bertahan sempurna sepanjang hari. Apa saja?

1. Kamu selalu menyentuh wajahmu

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamacosmopolitan.com

Tahu nggak kalau sering menyentuh rambut akan membuatnya menjadi berminyak? Hal yang sama juga berlaku pada wajahmu, Bela. Sering menyentuh wajah dengan jari-jemarimu akan membuat wajah berminyak dan membuat makeup jadi nggak tahan lama. Selain dapat menghapus makeup, menyentuh wajah juga dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri dari jari dan dapat memperburuk kondisi jerawat.

2. Nggak melakukan blotting

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamaallure.com

Wajah yang berminyak jadi salah satu alasan utama makeup nggak dapat bertahan lama. Jika kulitmu cenderung berminyak, ini jadi penyebab yang perlu kamu atasi. Ketimbang mengaplikasikan ulang makeup di atas permukaan wajah yang berminyak, kamu dapat membersihkan minyak berlebih atau blotting menggunakan kertas minyak atau produk lainnya. Kemudian, aplikasikan makeup pada area yang memerlukannya.

3. Produk belum menyatu dengan kulit sepenuhnya

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamakhoobsurati.com

Jika mengaplikasikan pelembap dan foundation dalam waktu kurang dari lima menit, besar kemungkinan makeup nggak akan bertahan lama. Ini karena kamu nggak memberikan waktu yang cukup pada pelembap untuk menyerap dengan sempurna ke lapisan kulitmu. Paling nggak, kamu membutuhkan jeda di setiap pemakaian produk perawatan dan kecantikanmu, Bela.

4. Menggunakan foundation yang kurang sesuai

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamasomeandglam.com

Ada banyak jenis foundation yang dapat kamu pilih, namun nggak semuanya cocok dengan jenis kulitmu. Ketika foundation nggak dapat bertahan lama di atas permukaan wajah, besar kemungkinan formula produk itu kurang cocok dengan jenis kulitmu.

5. Melewatkan pemakaian primer

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamasuperdrug.com

Jika foundation yang kamu kenakan nggak tahan lama, boleh jadi karena kamu melewatkan pemakaian primer. Tujuan utama produk itu untuk menjaga foundation tetap menempel pada permukaan kulit sepanjang hari. Di samping itu, masing-masing primer memiliki formula khusus yang ditargetkan untuk tipe kondisi kulit yang berbeda, mulai dari kulit yang berminyak sampai kulit dengan gejala penuaan dini. Pilih yang sesuai dengan kondisi wajahmu ya!.

6. Nggak menggunakan setting spray

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamaeffortlessskin.com

Mungkin kamu merasa belum membutuhkan setting spray sebagai langkah akhir dari rutinitas kecantikanmu. Namun sama seperti primer, produk ini juga membantu memperpanjang daya tahan makeup pada wajah lho. Nggak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

7. Nggak mengaplikasikan bedak

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamayoutube.com

Selain menggunakan primer dan setting spray, salah satu cara untuk membuat makeup lebih tahan lama adalah mengaplikasikan bedak setelah foundation. Berdasarkan teori, produk riasan yang memiliki tekstur cair perlu di-set dengan bedak untuk mencegahnya dari cepat memudar. Kulitmu kering dan merasa cakey kalau pakai bedak? Jangan khawatir, Bela, ada beberapa jenis bedak yang diformulasikan untuk kulit kering, kok.

8. Mengaplikasikan ulang makeup dengan kuas

8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Makeup-mu Tidak Bertahan Lamayoutube.com

Mengaplikasikan ulang makeup dengan kuas bedak hanya akan menghapus riasan di area wajah lainnya, Bela. Ketika akan melakukan touch up, gunakan spons makeup untuk mengaplikasikan bedak atau ingin meratakan foundation yang terlihat pecah di atas kulitmu. Teknik ini akan menghaluskan kembali riasanmu dengan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Makeup Cuma Tahan Sebentar? Tiru 5 Tips Ini Biar Tahan Lama