Rasanya, belum selesai pernikahan Raisa-Hamish bikin patah hati seluruh Indonesia. Belum lama ini, netizen sudah dibuat haru dengan pernikahan Laudya Cynthia Bella dengan Engku Emran, pria pengusaha terkenal asal Kuala Lumpur, Malaysia dengan satu anak.

Terlepas dari itu, kita nggak bisa melewatkan kecantikan dan keanggunan riasan Raisa maupun Bella pada pernikahan mereka. Sungguh, riasan pengantin mereka sempurna! Bela mau cantik seperti mereka di hari bahagia kalian nanti? Coba simak dulu ulasan berikut ini ya. 

1. Tidak trial dulu sebelum hari-H

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Inishilpaahuja.com
 

Jangan mengabaikan trial makeup sebelum hari pernikahan tiba. Kita harus memastikan tampilan yang diidamkan dan menyamakan hal itu dengan sang perias wajah. Salah-salah, kita bisa tampil nggak sesuai seperti yang diinginkan.

2. Tampil beda seperti orang lain

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Iniwww.karenbeadle.com
 

Banyak orang menganggap kalau di hari pernikahan itu harus tampil 'beda' agar tamu undangan jadi pangling. Padahal, kita nggak perlu memaksakan riasan berlebihan sehingga terlihat seperti orang lain karena dapat menutupi kecantikan asli wajah. Coba seperti Raisa, deh, riasan pernikahannya terlihat natural namun tetap memancarkan aura pengantin yang cantik.

3. Tidak memakai makeup dengan formula waterproof

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Iniscstylecaster.com
 

Di hari pernikahan, kita mungkin akan menangis terharu atau sibuk memberikan pelukan dan ciuman. Jadi, ada baiknya untuk mengenakan produk makeup dengan formula tahan air. Dengan begitu, riasan tetap aman dan tahan lama meski sudah melewati tangis bahagia selama acara berlangsung.

4. Menggunakan teknik airbrush

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Initemptu.com
 

Penata rias selebriti dunia, Joanna Schlip menyarankan untuk menghindari teknik airbrush karena makeup terkesan kurang natural dan nampak tebal di atas wajah. "Lebih baik aplikasikan base makeup berformula waterproof dengan spons basah atau kuas foundation sehingga terlihat natural dan dapat di-touch up kapanpun saat dibutuhkan," ujarnya seperti yang dikutip dari Cosmopolitan

5. Riasan sama seperti bridesmaids

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Iniwmagazine.com
 

Pengantin harus tampil stand out di antara para pendampingnya. Jadi meskipun kita dan para bridesmaid dirias oleh orang yang sama, jangan sungkan untuk minta terlihat berbeda sebab kita adalah bintang dalam acara bahagia kita sendiri!

6. Riasan berlebihan

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Iniaeworld.com
 

Untuk tampil beda, kita nggak perlu meminta perias untuk memberikan smokey look pada kelopak mata, atau memakai blush on yang tebal agar terlihat merona, atau menyapukan banyak highlighter agar glowing. Semua itu akan memberi kesan makeup yang menor. Less is more, Bela!

7. Mencoba makeup baru di hari-H

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Inienvelope.no
 

Baru mencoba memakai bulu mata palsu pas dirias di hari-H atau merapikan alis semalam sebelum pernikahan. Dua hal seperti ini baiknya dilakukan jauh hari sebelum hari-H untuk menghindari efek iritasi atau membiasakan diri agar merasa nyaman.

8. Melewatkan beberapa langkah makeup

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Inifresh-beauty.com.au
 

Bukan berarti kita harus melewatkan primer karena wajah berminyak, atau nggak mengenakan bedak karena tipe kulit kering. Keduanya, dan semua langkah makeup harus dijalani agar dapat memberikan riasan sempurna dengan tahan lama.

9. Tidak membawa peralatan touch up

Biar Sempurna, Hindari 9 Kesalahan Makeup Pernikahan Inipinterest.com
 

Hari pernikahan dapat berlangsung dari pagi hingga malam. Jadi jangan sampai lupa untuk membawa peralatan touch up dalam pouch. Dengan begitu, kita bisa melakukan touch up saat riasan terlihat memudar.

Riasan pernikahan itu bukan sesuatu yang bisa kita pikirkan terakhir, Bela. Jadi, jangan sampai memasrahkan atau mengurus kebutuhan makeup belakangan. Bisa-bisa, impian untuk tampil cantik sempurna seperti Raisa dan Bella hanya tinggal kenangan, deh.

BACA JUGA: 5 Inspirasi Makeup Pengantin Adat Jawa ala Artis