Bagaimana biasanya kamu menggunakan concealer-mu, Bela? Menggunakannya untuk menyamarkan jerawat, noda hitam, kemerahan, kantung mata hitam? Wah, tandanya kamu belum memakai produk kosmetik ini secara maksimal. Sebab, si kecil yang diklaim dapat menyamarkan berbagai ketidaksempurnaan ini, dapat kamu gunakan untuk berbagai hal, lho!

Selain itu, ada beberapa teknik menggunakan concealer dengan benar sehingga dapat menyamarkan secara sempurna, tanpa terlihat pecah-pecah pada wajah. Kamu yang sering mengalami hal ini, wajib tahu cara memakai concealer dengan benar. Kalau kamu belum tahu, simak artikel ini baik-baik! Melansir dari Cosmopolitan, ini concealer hacks yang perlu kamu ketahui.

1. Gambar segitiga pada bagian bawah mata

Kesalahan umum yang sering orang lakukan saat menggunakan concealer untuk menutupi kantung mata hitam adalah nggak menggambar segitiga terbalik. Ketika hanya mengaplikasikan concealer tepat di bagian kantung mata, sebenarnya kamu justru mempertegas area bermasalah tersebut. Terlebih jika warna hitam itu melebar hingga sampai ke atas pipi.

Coba aplikasikan concealer dengan menggambar segitiga terbalik. Gambar mulai dari bagian bawah mata sampai ke arah pipi. Selain menyamarkan secara sempurna, kamu pun dapat mencerahkan bagian bawah mata.

2. Gunakan concealer setelah foundation

Pernah mencoba memakai concealer sebelum foundation? Urutan pemakaian tersebut diyakini kurang tepat. Karena jika menggunakannya sebelum foundation, concealer akan terhapus atau terangkat ketika kamu mengaplikasikan lapisan foundation.

Selain itu, dengan menggunakan foundation terlebih dahulu, kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih full coverage sehingga mengurangi pemakaian concealer itu sendiri.

Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuhbarbllo.com

3. Gunakan sebagai primer eyeshadow

Merasa nggak ingin membeli eyeshadow primer karena kurang membutuhkannya? Nggak perlu kebingungan. Kamu bisa mengganti produk itu dengan concealer-mu. Aplikasikan sedikit concealer di sepanjang kelopak menggunakan jari. Kamu bisa mendapatkan tampilan eyeshadow yang lebih tahan lama dengan pigmentasi warna yang lebih baik.

4. Gunakan pada tubuh

Nggak hanya untuk menyamarkan noda pada wajah, kamu bisa menggunakan concealer pada tubuhmu, Bela. Jika memiliki jerawat pada dada atau punggung yang perlu disamarkan, kamu dapat mengaplikasikan concealer creamy dan menguncinya dengan setting powder. Kamu dapat mengaplikasikan kedua produk secara bergantian sampai dapat menyamarkan jerawat pada tubuh dengan sempurna.

5. Gunakan untuk highlight kelopak mata

Berikan sentuhan highlight pada kelopak mata, terutama pada bagian bawah alis dengan concealer. Untuk teknik ini, gunakan concealer dengan warna 1 tingkat lebih cerah dari warna kulitmu. Bagi kelopak matamu menjadi tiga area, yaitu ujung mata bagian dalam, bagian tengah, dan bagian bawah alis. Aplikasikan concealer dan baurkan secara perlahan menggunakan jarimu. Matamu akan terlihat lebih cerah dan membuat keseluruhan penampilan terkesan lebih segar.

Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuhthehealthy.com

6. Kombinasi krim mata, highlighter, dan concealer untuk mata bengkak

Tips untuk menyamarkan mata yang bengkak dan lelah? Kombinasikan krim mata, highlighter cair atau krim, dan concealer. Perpaduan tiga produk ini dapat mencerahkan mata sekaligus dapat mengangkat tulang alis sehingga mata terlihat lebih segar. Baurkan ketiga produk pada punggung tangan, lalu aplikasikan dan ratakan menggunakan jarimu.

7. Blot concealer untuk mencegah retak

Setelah mengaplikasikan concealer, blot area tersebut dengan tisu tipis untuk mencegah produk masuk ke dalam garis halus wajah sehingga membuatnya retak. Jika concealer cenderung terlihat retak di pertengahan hari, pisahkan tisu menjadi dua lapisan dan gunakan sisi lainnya untuk menyerap minyak berlebih.

8. Hapus kesalahan eyeliner dengan concealer

Baru saja menggambar cat-eye liner, tapi garisnya terlihat nggak rata atau kurang rapi? Kamu bisa merapikannya dengan menggunakan concealer. Gunakan angle brush dan ambil concealer cair, aplikaiskan pada eyeliner yang ingin kamu rapikan. Voila! Mudah, bukan?

Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuhindependent.co.uk

9. Gunakan concealer pada bibir

Concealer dapat membantu mencegah lipstik keluar dari bibir. Untuk melakukan teknik ini, kamu bisa mengaplikasikan concealer pada tepi luar bibir menggunakan kuas kecil yang lebih presisi. Selain mencegah tampilan lipstik yang kurang rapi, bentuk bibirmu akan terlihat lebih tegas dan lebih sempurna.

10. Tebalkan bibir dengan concealer

Selain itu, concealer juga dapat membuat bibirmu terkesan penuh dan tebal, lho. Ambil concealer dengan warna yang teranng lalu aplikasikan sedikit pada bagian tengah bibir. Gunakan jari untuk membaurkan produk tersebut. Terakhir,  pulaskan lip gloss bening atau warna nude pada seluruh bibir. Dijamin, bibirmu akan terlihat lebih seksi!

Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuhamazonews.com

11. Merapikan bentuk alis

Pertegas lekukan alismu dengan mengaplikasikan concealer yang lebih terah dari warna kulitmu pada bagian atas dan bawah alis. Kemudian, baurkan produk dengan jari. Hasilnya, kamu akan mendapatkan alis yang lebih rapi dan elegan!

12. Contouring dengan concealer

Nggak punya produk contouring? Kamu dapat menggunakan koleksi concealer-mu. Untuk teknik contouring, gunakan concealer yang lebih gelap 2 tingkat daripada warna kulit, dan aplikasikan pada kening serta garis rahang. Lalu, gunakan warna concealer yang lebih terang di sekitar wajah, seperti tulang pipi dan T-zone. Baurkan seluruh produk dengan buffing brush untuk hasil tampilan yang lebih alami.

13. Pertegas bentuk tulang selangka

Tulang selangka atau collar bone, juga dapat kamu pertegas dengan menggunakan concealer. Tarik bahumu dan aplikasikan lapisan concealer yang lebih cerah secara tipis pada tulang selangka itu (tulang yang menonjol), dan aplikasikan concealer yang lebih gelap pada bagian atas dan bawah tulang. Baurkan produk dengan spons makeup. Kamu akan mendapatkan bentuk tulang selangka yang lebih tegas dan cantik. Teknik ini cocok jika kamu ingin mengenakan pakaian tipe off-shoulder.

Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuhrefinery29.com

14. Campurkan pelembap dengan concealer

Kamu penasaran dengan tinted moisturizer? Sebenarnya, kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan moisturizer dan concealer-mu. Campurkan pelembap wajah dan concealer cair secukupnya dan baurkan hingga teraduk sempurna. Kamu akan mendapatkan tinted moisturizer yang lembap dan menghidrasi kulit.

Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuhallure.com

15. Mencoba berbagai tipe concealer

Faktanya, ada beragam jenis concealer yang tersedia untukmu. Ada jenis concealer cair yang mudah dibaurkan dan memiliki daya tutup medium. Ada concealer jenis krim yang memiliki konsistensi tebal dan menutupi noda dengan sempurna. 

Ada concealer stick yang mudah diaplikasikan dan dapat menyamarkan noda dengan baik. Ada pula jenis concealer berbentuk pensil yang memiliki hasil akhir semi-matte dan cocok untuk contouring. Mana yang cocok untukmu?

Baca Juga: 9 Pilihan Concealer Lokal yang Wajib Kamu Coba