• 9 Jenis Maskara untuk Setiap Jenis Bulu Mata
  • Ini 9 Jenis Maskara yang Cocok untuk Jenis Bulu Matamu
  • Ada 9 Jenis Maskara yang Cocok untuk Jenis Bulu Matamu
  • Biar Lebih Maksimal, Gunakan Maskara yang Cocok dengan Bentuk Bulu Matamu

Ada berbagai jenis maskara yang dapat kamu temukan di toko kecantikan sekitarmu. Ada yang diformulasikan untuk menebalkan, melentikkan, membuat bulu mata jadi lebih panjang, bahkan ada yang dapat memberikan semua efek dalam satu pulasan. Namun, terkadang kamu nggak mendapatkan hasil yang diinginkan setelah mengaplikasikan beberapa lapis maskara ke bulu matamu. Mengapa, ya?

Salah satu alasan bulu mata nggak mendapatkan efek yang kamu inginkan boleh jadi karena formulanya kurang tepat dengan bentuk bulu matamu. Faktanya melansir dari Byrdie, tiap bentuk bulu mata memiliki jenis maskara yang cocok dan bekerja baik dengannya. Jadi, mari mengenal jenis maskara yang cocok dengan bulu matamu (termasuk sikat maskaranya)!

1. Fiber Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamuallure.com

Pernah mendengar Fiber mascara? Maskara jenis ini umumnya memiliki dua produk di dalam kemasannya. Ada primer berwarna putih dan kaya fiber, berfungsi untuk mengikat fiber memanjangkan ke bulu matamu. Lalu, ada formula maskara berwarna hitam yang kamu aplikasikan setelah memulas primer. 

Jenis maskara ini cocok untuk bulu mata yang pendek, tipis, dan berjarak jarang. Satu hal yang perlu diingat: Fiber dari maskara ini akan meluruh saat kamu membersihkannya. Jadi, bersihkan secara pelan dan pejamkan mata agar sisa fiber tidak masuk ke dalam mata.

2. Tubing Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamuallure.com

Konsepnya mirip seperti Fiber mascara, tubing mascara membentuk corong kecil di sekitar tiap helai bulu mata untuk membantu memanjangkan dan menebalkannya. Jenis produk yang satu ini pun cocok untuk bulu mata yang pendek, tipis, dan berjarak jarang. Namun bedanya, tubing mascara nggak mudah meluruh ketika terkena air.

3. Curling Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamubeautyheaven.com

Jika bulu mata aslimu terlihat lurus ke depan, tentunya kamu ingin membuatnya menjadi lebih lentik, bukan? Maka, maskara yang tepat untukmu adalah jenis Curling mascara. Produk ini umumnya memiliki sikat yang melengkung dan memiliki formula yang dapat 'mengangkat' bulu mata sehingga terlihat lebih lentik. Pulaskan bulu mata dengan bagian dalam lengkungan sikat dan gosokkan ke arah atas untuk lentik yang lebih maksimal.

4. Waterproof Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamubyrdie.com

Mungkin matamu sering berair? Atau mungkin, kamu sering menggosok mata tanpa sadar? Atau mungkin, kamu sering berolahraga sehingga butuh mascara yang tahan lama meski terkena keringat dan minyak kulitmu? Gunakan Waterproof mascara! Formula waterproof memberikan pertahanan yang kamu butuhkan untuk menghindari mata hitam akibat maskara yang memudar. 

Tips yang bisa kamu coba: Lapisi bulu mata dengan maskara biasa, kemudian lanjutkan dengan maskara dengan formula waterproof. Dengan begitu, formula yang tahan air itu nggak secara langsung menyentuh bulu mata, dan memudahkanmu untuk membersihkannya.

5. Natural Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamustylecaster.com

Nggak dipungkiri, maskara merupakan produk makeup yang memiliki banyak kandungan yang belum tentu kamu kenal sepenuhnya. Nggak heran jika ada sebagian orang nggak terlalu suka menggunakan maskara karena takut kandungannya dapat mengiritasi mata dan sekitarnya. 

Namun untuk kamu yang mengalami kekhawatiran seperti ini, coba memilih jenis Natural mascara. Seperti namanya, maskara ini menggunakan campuran bahan alami sehingga aman untuk bulu mata dan matamu. Jenis produk ini cocok untuk semua jenis bulu mata!

6. Volumizing Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamubyrdie.com

Siapa yang nggak ingin memiliki bulu mata yang terlihat lebih tebal dan bervolume? Untuk hasil seperti ini, gunakan Volumizing Mascara. Pilih jenis produk dengan formula yang lebih kental dan lebih kaya wax untuk hasil bulu mata yang tebal maksimal. Volumizing mascara cocok untuk bulu mata yang tipis dan berjarak jarang.

7. Clump-free Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamubyrdie.com

Jika bulu matamu sudah lebat dan terlihat berdekatan satu sama lain, tentunya kamu nggak ingin menggunakan maskara yang dapat membuat helaian itu menjadi menyatu sehingga terlihat jadi lebih jarang, bukan? Maka, jenis maskara yang tepat untukmu adalah Clump-free mascara. Produk ini memiliki formula yang diinfus dengan gliserin atau ekstrak sutra, serta sikat maskara berbahan silikon untuk menghindari terjadinya clumping pada bulu mata.

8. Bottom-lash Mascara

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamucosmopolitan.com

Tentu nggak hanya bulu mata kelopak atas yang memerlukan maskara, bulu mata kelopak bawah pun membutuhkan pulasan yang sama. Namun terkadang, bentuk sikat maskara terlalu besar sehingga nggak mampu memberikan efek yang sama pada bulu mata bawah yang lebih pendek dan lebih tipis. Akan tetapi jangan khawatir, ada maskara yang dikhususkan untuk bulu mata kelopak bawah, kok! Bentuk sikatnya lebih panjang dan lebih ramping sehingga dapat menyikat dengan lebih mudah.

9. Mascara Primer

Ini 9 Jenis Maskara yang Sesuai dengan Bulu Matamuallure.com

Sama seperti fungsi primer pada umumnya, Mascara primer bekerja memberikan base yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil tampilan bulu mata yang lebih optimal. Produk ini menyiapkan, menebalkan, dan mengkondisikan bulu mata, menyediakan 'dasar' yang kuat untuk formula maskara selanjutnya. Jadi, tampilan bulu matamu lebih tebal dan lebih panjang ketimbang hanya menggunakan maskara biasa. Karena bersifat sebagai primer, maskara ini cocok untuk semua bulu mata.

Jadi, seperti apa bentuk bulu mata yang kamu miliki, Bela? Langkah selanjutnya, kamu dapat menemukan jenis maskara yang cocok dengan bentuk bulu matamu sehingga dapat memberikan hasil yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Manfaat Maskara Bening yang Wajib Kamu Tahu