Di antara pembersih wajah yang lain, toner memang seringkali dilupakan begitu saja. Padahal, toner juga salah satu produk kecantikan yang harus ada dalam perawatan wajah, lho. Namun, nggak sedikit toner yang beredar di pasaran mengandung bahan alkohol. Memang sih nggak terlalu bahaya, tapi lama-kelamaan kulit akan menjadi kering.

Jika hal itu nggak mau terjadi padamu, lebih baik membuat toner sendiri, kan? Caranya mudah kok, Bela. Simak di bawah ini ya!

1. Cuka apel

6 Bahan Alami yang Dapat Berfungsi Sebagai Toner untuk Kulit Berminyakpinterest.com

Cukup campurkan satu sendok cuka apel ke dalam satu gelas air dan bersihkan wajah menggunakan kapas. Sifat asam yang ada di dalamnya, bisa menormalkan pH kulit sehingga cocok menjadi toner alami sebagai perawatan kulit wajah yang berminyak.

2. Lidah buaya

6 Bahan Alami yang Dapat Berfungsi Sebagai Toner untuk Kulit Berminyakhypehair.com

Untuk membuat toner dari bahan ini, ambil irisan daun lidah buaya dan keluarkan gel-nya Aduk gel dan campur dengan sedikit air. Toner lidah buaya ini efektif untuk mengembalikan pH alami kulit, melembabkan dan menghidrasi kulit berminyak, serta dapat mengencangkan pori-pori kulit. Untuk kulit kombinasi dan sensitif nggak usah khawatir, toner ini juga aman kok untukmu.

3. Air dingin

6 Bahan Alami yang Dapat Berfungsi Sebagai Toner untuk Kulit Berminyakconcisenews.global

Gunakanlah kapas untuk mengaplikasikan air dingin ke wajah setelah dibersihkan. Untuk simpelnya, kamu juga bisa menggosok es batu ke wajah. Cara ini nggak hanya mampu menghidrasi kulit, tapi air dingin juga bisa mengurangi jerawat yang meradang dan menghilagkan minyak berlebih pada kulit.

4. Air perasan lemon

6 Bahan Alami yang Dapat Berfungsi Sebagai Toner untuk Kulit Berminyakhealevate.com

Lemon memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Mulai dari mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit, hingga mengatasi jerawat membandel. Gunakanlah  air perasan lemon dengan bantuan kapas agar sisa kotoran pada wajah bisa tersapu sempurna.

5. Teh hijau

6 Bahan Alami yang Dapat Berfungsi Sebagai Toner untuk Kulit Berminyakerwinedwar.com

Mengandung antioksidan dan polifenol, teh hijau dapat menghancurkan radikal penyebab keriput dan menyamarkan garis-garis halus. Untuk membuat toner teh hijau di rumah, cukup seduh secangkir teh hijau ke dalam air mendidih dan tunggu hingga dingin sebelum menggunakannya. 

6. Mentimun

6 Bahan Alami yang Dapat Berfungsi Sebagai Toner untuk Kulit Berminyakpinterest.com

Air mentimun yang dijadikan sebagai toner akan menyegarkan dan menghidrasi kulit. Kandungan di dalamnya bisa membuat kulit jadi lembap sehingga memiliki kadar minyak pada wajah pun akan lebih terkontrol.

Segera dicoba yuk, Bela!

 

Penulis: Anisa Indraini

BACA JUGA: Ini 7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menggunakan Toner