Tidur merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia. Dengan tidur, tubuh kembali bertenaga, segar, dan regenerasi sel pun dapat tercipta. Namun, tahukan kamu, ternyata ada beberapa posisi tidur yang sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Posisi apa saja yah yang kira-kira berbahaya? Coba simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Posisi tengkurap

Bahaya! Ini 7 Posisi Tidur yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatanslumberist.com

Posisi tidur dimana perut menghadap kasur ini memang termasuk salah satu posisi tidur yang nyaman. Namun, ternyata ini merupakan posisi tidur yang paling bahaya lho. Tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan pada tulang belakang, posisi ini juga bisa membuat leher terus berputar dan badan tertekan, sehingga sirkulasi penapasan pun menjadi buruk.​ Menurut penelitian, tidur dengan posisi ini juga bisa menyebabkan kematian mendadak lho. Duh, seram yah!

2. Posisi meringkuk

Bahaya! Ini 7 Posisi Tidur yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatanshakariblog.com

Tidur dengan posisi meringkuk, dimana kamu menekuk lutut ke dada juga berdampak buruk bagi kesehatan lho. Posisi ini dapat menyebabkan sakit leher dan punggung. Tidur dalam posisi ini juga menyebabkan ketegangan pada punggung dan sendi, terutama jika lutut dan dagu diselipkan di dada. Jadi, hindari posisi yang satu ini yah.

3. Posisi tidur mengangkat satu kaki

Bahaya! Ini 7 Posisi Tidur yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatanfitnessmagazine.com

Mengangkat salah satu kaki juga sebaiknya kamu hindari saat tidur. Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, posisi ini juga bisa berakibat buruk pada tulang belakangmu.

4. Tidur dengan kepala lebih tinggi

Bahaya! Ini 7 Posisi Tidur yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatanworldfactsftw.com

Tidur dengan posisi yang lebih tinggi dapat menyebabkan hyperflexion dan leher tertarik. Hal ini sangat berbahaya karena postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit asma, sleep apnea, dan penyakit kardiovaskular.

5. Posisi tidur menyamping

Bahaya! Ini 7 Posisi Tidur yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatancnn.com

Tidur dengan posisi menyamping memang enak, namun akan berdampak buruk jika dilakukan terlalu lama. Posisi ini akan memberikan efek negatif berupa penuaan akibat gravitasi, yang menyebabkan kulit wajah kamu menjadi cepat keriput dan payudara menjadi kendur.​ Selain  itu, posisi ini juga dapat menimbulkan rasa sakit pada bahu dan lengan karena tekanan pada saraf dan aliran darah tidak lancar.​

6. Posisi tidur telentang

Bahaya! Ini 7 Posisi Tidur yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatantime.com

Sebenarnya, ini merupakan salah satu posisi tidur yang baik. Namun, tidak bagi orang yang memiliki kebiasaan mendengkur. Posisi ini akan menyebabkan efek gravitasi yang membuat pangkal lidah turun ke saluran pernafasan, sehingga menghambat jalannya udara dan menimbulkan suara ngorok yang lebih keras.

7. Posisi bintang laut

Bahaya! Ini 7 Posisi Tidur yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatannetworkposting.com

Posisi ini meningkatkan kemungkinan mendengkur dan dapat memicu naiknya asam lambung. Pakar tidur juga tidak menganjurkan letak lengan dalam posisi itu karena tekanan yang lebih besar pada pundak sehingga akhirnya dapat memicu rasa sakit dan tidak nyaman.

Jadi, pastikan kamu tidak tidur dengan posisi tersebut yah!

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Tidur Telanjang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui​