Bela, apakah kamu pernah mengalami rasa nyeri payudara? Kalau ya, tenang, kamu nggak perlu khawatir. Nyatanya, hampir sebgain besar perempuan juga pernah mengalaminya. Sebenarnya hal ini juga umum dan nggak berbahaya lho. Lalu, apa yang menjadi penyebab rasa nyeri tersebut? Coba simak di bawah ini yuk!

5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Nyeri Pada Payudara

Keadaan stres yang kamu alami biasanya akan ikut memengaruhi ketidakseimbangan hormon. Saat keadaan hormon dalam tubuh sedang tidak baik, maka hal ini akan memberi dampak pada payudara, hingga bisa timbul rasa nyeri.

5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Nyeri Pada Payudara

Siklus menstruasi juga ikut memengaruhi keadaan payudara lho. Masih berhubungan dengan hormon, nggak jarang saat menstruasi payudara terasa bengkak atau jadi lebih besar. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri jadi ada. Tapi, nggak perlu khawatir, Bela, sebab ketika menstruasi berakhir, payudaramu juga akan kembali normal.

5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Nyeri Pada Payudara

Payudara juga bisa menjadi salah satu tempat terjadinya infeksi lho. Walaupun biasanya terjadi pada perempuan yang sedang menyusui (karena terjadinya reaksi terhadapa puting, namun kamu yang belum pernah menyusui pun bisa mengalaminya lho. Hal ini biasanya ditandai dengan kemerahan di sekitar puting. Nggak jarang beberapa orang juga mengalami demam seperti akan terkena flu. Segera periksakan ke dokter jika kamu mengalaminya ya.

5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Nyeri Pada Payudara

Olahraga juga bisa jadi penyebab kenapa kamu merasakan nyeri di bagian payudara. Selain penggunaan bra yang salah, that's why you need to use sports bra, gerakan-gerakan yang kurang tepat juga bisa membuat otot di sekitar payudara terkilir sehingga menyebabkan rasa sakit. 

5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Nyeri Pada Payudara

Tumor berupa benjolan kecil yang berisi cairan sebenarnya cukup sering terjadi pada perempuan. Hal ini bisa dikatakan berbahaya jika benjolan tersebut mulai menimbilkan rasa nyeri yang membuat kamu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu untuk meraba bagain payudara setiap kamu mandi agar kamu bisa tahu jika ada benjolan. Jika menemukannya, segera periksakan ke dokter untuk penangan lebih lanjut ya, Bela.

Baca Juga: 5 Mitos Mengenai Kanker Payudara yang Perlu Kamu Ketahui Kebenarannya