Daun kelor adalah tanaman dengan segudang manfaat yang berasal dari suku Moringaceae. Selain ukurannya yang kecil, daun kelor juga memiliki bentuk oval dan bertangkai. Tinggi pohon bisa mencapai 11 meter dengan ujung-ujung rantingnya dihiasi bunga berwarna kuning beraroma semerbak. Lalu apa saja manfaat dari tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini? Simak di bawah ini ya!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

7 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Kamu Tahu istockphoto.com

Tanaman yang satu ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol. Daun kelor juga dapat membantu mengatasi masalah darah tinggi yang erat kaitannya dengan penyakit jantung.

2. Menutrisi Kulit

7 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Kamu Tahu unsplash.com

Daun kelor juga dapat membantu meratakan warna kulit, mencegah jerawat, dan mengatasi komedo lho. Kamu cukup menghaluskannya dan menggunakannya sebagai masker. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal ya.

3. Mencegah Kanker

7 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Kamu Tahu istockphoto.com

Daun kelor memiliki zat antioksidan dan potasium yang tinggi yang baik untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.  

4. Menjaga Fungsi Otak

7 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Kamu Tahu powerofpositivity.com

Seperti yang disebutkan di atas, daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer yang berkaitan erat dengan otak. Daun kelor juga dapat meningkatkan memori sehingga ingatan menjadi lebih tajam.

5. Mencegah diabetes

7 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Kamu Tahu burtsrx.com

Mengonsusmi daun kelor secara rutin dalam porsi tertentu dapat membantu sirkulasi insulin dalam tubuh. Hal ini pun akan membantu mengontrol kadar gula dara sehingga diabetes bisa dicegah.

6. Membantu mengurangi peradangan

7 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Kamu Tahu freepik.com

Daun kelor bisa jadi obat anti radang yang sempurna karena dapat membantu mengurangi rasa sakit pada luka.

7. Menjaga Kesehatan Mata

7 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Kamu Tahu 

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari wortel. Kandungan vitamin A ini pun tentunya dapat melindungi kesehatan mata. Selain itu terdapat juga kandungan betakaroten, fenolik, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid yang baik bagi penglihatan.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka, Termasuk dengan Bahan Alami