Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan keputihan. Makanan-makanan ini perlu kamu waspadai, terutama jika memang kamu sedang mengalami masalah keputihan yang nggak normal, seperti jumlah yang terlalu banyak, berwarna, dan mengeluarkan bau kurang sedap. Tentunya, masalah ini dapat memunculkan rasa khawatir pada dirimu dan membuatmu jadi kurang percaya diri, bukan?

Melansir dari berbagai sumber, makanan yang kamu konsumsi rupanya dapat memengaruhi kondisi kesehatan pada area kewanitaanmu. Ada sebagian makanan yang dapat memberikan manfaat baik, dan ada sebagian makanan yang dapat mengganggu kesehatan organ intim. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan keputihan.

1. Makanan berminyak atau sejenis gorengan

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan KeputihanPexels.com/Marco Fischer

Mengutip dari Bustle, beberapa penelitian mengungkapkan kalau makanan yang tinggi kandungan lemak dan minyak dapat meningkatkan risiko bakterial vaginosis. Bakteri ini yang umumnya menyebabkan infeksi vagina dan memunculkan gejala seperti keputihan cair yang berwarna (keabu-abuan, kehijauan, atau berwarna putih), mengeluarkan aroma kurang sedap, menyebabkan rasa gatal, dan menimbulkan rasa perih saat buang air kecil. Jadi jika mengalami kondisi seperti ini dan kamu sedang mengonsumsi makanan berminyak, coba untuk menguranginya, Bela.

2. Minuman beralkohol

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan KeputihanPexels.com/Burst

Minuman alkohol, selain menyebabkan rasa mabuk, juga menimbulkan dehidrasi pada tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, kondisi ini mendorong vagina untuk memproduksi cairan lebih banyak. 

Dengan kata lain, kamu dapat mengalami keputihan lebih banyak ketika mengonsumsi alkohol secara rutin. Lebih dari itu, konsumsi alkohol juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, loh!

3. Keju

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan KeputihanPexels.com/Tabitha Mort

Kamu suka menyantap keju? Coba untuk mengonsumsinya secara nggak berlebihan, Bela. Sebab produk olahan susu, termasuk keju, dapat menyebabkan gangguan atau ketidakseimbangan hormon karena tingginya level insulin. Jadi, mengonsumsi terlalu banyak keju dapat menyebabkan vagina mengeluarkan banyak keputihan serta terjadinya infeksi jamur.

4. Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan KeputihanPexels.com/Julio Melanda

Apa pun yang kamu konsumsi, yang mengandung kadar gula tinggi atau pemanis buatan, dapat menyebabkan virus dan bakteri di area vagina berkembang dengan pesat. Kondisi ini dapat mendorong banyaknya keputihan yang kamu alami.

5. Timun

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan KeputihanPexels.com/Lo

Seringkali orang mengatakan kalau timun dapat menyebabkanmu mengalami keputihan. Ini dapat terjadi karena timun mengandung zat yang dapat mendorong produksi hormon estrogen pada perempuan meningkat sehingga organ intim memproduksi keputihan lebih banyak dari biasanya. Jadi, coba untuk membatasi konsumsi timun, ya.

6. Nanas

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan KeputihanPexels.com/Karolina Grabowska

Sama halnya dengan timun, nanas juga diyakini memberikan dampak yang sama pada kondisi organ intimmu. Mengonsumsi buah nanas terlalu banyak dapat meningkatkan jumlah keputihan yang keluar dari organ intim. Bahkan, mengonsumsi buah nanas terlalu banyak juga dapat meningkatkan risiko keguguran pada perempuan hamil.

7. Makanan karbohidrat olahan

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan KeputihanPexels.com/Marianna OLE

Menurut sejumlah penelitian, konsumsi makanan karbohidrat olahan, seperti nasi putih dan roti, dapat meningkatkan risiko bakterial vaginosis atau infeksi jamur. Ini terjadi karena makanan ini dapat meningkatkan gula darah, yang memberikan bakteri lingkungan baik untuk berkembang dengan pesat. Karena kondisi ini, kamu pun mengalami gejala keputihan yang berwarna dalam jumlah banyak, mengeluarkan bau, menimbulkan gatal, dan sebagainya.

Itulah beberapa makanan yang bisa menyebabkan keputihan. Bukan berarti kamu harus menghentikan konsumsi makanan dan minuman di atas, Bela. Para ahli menyarankan cukup untuk membatasi konsumsinya demi menghindari risiko gangguan kesehatan pada organ intim. Artinya, kamu perlu mengatur pola makan demi menjaga kesehatan tubuh, termasuk organ intim.

Baca Juga: 7 Penyebab Keputihan Berlebihan yang Harus Kamu Tau