Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

Jangan digaruk!

Nafi' Khoiriyah

Rasa gatal pada kulit terkadang memang sangat mengganggu. Jika rasa gatal tersebut hanya sebentar saja mungkin tidak masalah. Namu jika sampai berminggu-minggu juga tak kunjung hilang, maka kamu perlu mengatasinya supaya tidak makin parah. 

Penyebab rasa gatal pada kulit bisa bermacam-macam, mulai dari gigitan serangga sampai dengan peradangan tertentu. Namun, ada beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh yang bisa kamu lakukan. 

Untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan gatal itu, simak ulasan di bawah ini. 

Apa penyebab gatal?

pixabay.com/inastya_gepp

Ada banyak penyebab kulit terasa gatal, mulai dari kondisi kulit sampai dengan gejala penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab gatal tak kunjung sembuh pada kulit yang umum terjadi. 

1. Terkena gigitan serangga

Gigitan berbagai macam serangga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal. Mulanya, gigitan serangga seperti semut atau nyamuk tampak seperti benjolan merah saja. Namun, beberapa di antaranya juga tidak tampak sehingga perlu mengamati seluruh tubuh untuk menemukan serangga yang menjadi penyebab rasa gatal tersebut. 

2. Kulit yang sangat kering 

Kulit yang dalam kondisi sangat kering bisa menyebabkan gatal. Kulit yang kering tersebut akan tampak seperti kulit yang pecah-pecah kemudian bersisik. Jika kamu mengalaminya, maka gunakan produk pelembap untuk menghilangkannya. 

3. Reaksi alergi 

Kulit bisa mengembangkan reaksi pada berbagai zat. Salah satu yang umum adalah alergi pada nikel yang biasanya tanpa sadar tersentuh kemudian membuat gatal. 

4. Masalah syaraf

Saat syaraf tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan kulit menjadi gatal. Gatal ini cenderung terasa pada satu bagian tubuh dan tidak terlihat ruamnya. Beberapa yang menjadi penyebab masalah syaraf ini adalah herpes zoster dan stroke.  

5. Pengobatan tertentu 

Gatal juga bisa menjadi efek sampig dari beberapa penggunaan obat, misalnya aspirin dan obat tekanan darah. 

Cara mengatasi gatal

freepik.com

Jika gatal muncul dengan ruam, maka hal itu kemungkinan bisa diatasi dengan lebih mudah. Namun, terkadang kamu tidak melihat ruam atau apa pun pada kulit, tetapi rasa gatal masih juga muncul. Nah, jika rasa gatal itu tak kunjung sembuh, maka lakukan beberapa tindakan berikut ini. 

1. Oleskan kain basah atau kompres dengan es

pexels.com/Vidal Balielo Jr.

Cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh yang pertama adalah dengan mendinginkannya. Melansir MedicalNewsToday, cara untuk meredakan kulit gatal adalah dengan mengoleskan kain dingin dan basah maupun kompres es ke area yang gatal selama 5-10 menit. Pendinginan tersebut bisa mengurangi peradangan yang menjadi penyebab gatal. 

2. Colloidal oatmeal

unsplash.com/Jocelyn Morales

Colloidal oatmeal adalah oatmeal yang digiling halus kemudian dilarutkan ke dalam air. Larutan yang dihasilkan tersebut bisa menjadi pelindung untuk permukaan kulit sehingga lebih lembap.

Colloidal oatmeal juga bisa meredakan kekeringan dan gatal karena sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya. Tidak perlu kesulitan, kini kamu bisa mendapatkan colloidal oatmeal berbentuk krim, lotion, ataupun bubuk halus untuk mandi. 

3. Memakai pelembap

unsplash.com/Poko Skincare

Menggunakan pelembap bisa menjadi cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Sebab, pelembap dan lotion tersebut bisa menghidrasi lapisan terluar kulit dan mengatasi kondisi kulit yang kering.

Selain itu, pelembap yang baik juga mengandung humektan dan emolien yang menarik air ke dalam kulit dan mengunci kelembapan. Kamu bisa memakainya setelah mandi atau saat kulit masih dalam kondisi yang lembap. 

4. Oleskan zat pendingin, seperti mentol atau calamine

pexels.com/Karolina Grabowska

Zat pendingin seperti mentol atau calamine bisa kamu pakai untuk meredakan rasa gatal. Sebelumnya, kamu bisa meletakkan krim tersebut di lemari es supaya memberikan efek dingin.

Tidak perlu bingung, kamu bisa mendapatkan krim antigatal di pasaran karena dijual bebas. Namun jika kondisi kulit sudah sangat mengkhawatirkan, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kulit. 

5. Gunakan pakaian katun yang longgar

unsplash.com/Haryo Setyadi

Pakaian wol dan sintetis cenderung bisa menyebabkan iritasi kulit yang lebih parah. Hal itu berlaku bagi beberapa orang yang memiliki kulit lebih sensitif.

Maka dari itu, kamu bisa memilih pakaian berbahan katun yang tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, pilih pakaian yang berukuran longgar supaya kulit bisa bernapas. Jika kamu memakainya untuk beraktivitas, maka jaga tubuh supaya tetap sejuk dan lembap. 

6. Gunakan produk bebas pewangi

pexels.com/Karolina Grabowska

Terakhir, cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh adalah dengan menggunakan produk bebas pewangi. Sebab, menggunakan produk dengan pewangi atau kandungan yang sensitif lainnya bisa mengiritasi kulit. Maka dari itu, pilih produk sabun, lotion, hingga deterjen yang tanpa pewangi supaya lebih aman dan menghindari gatal. 

Demikian enam cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Kamu bisa melakukan salah satu cara di atas untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Semoga lekas sembuh ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health