Kerontokan rambut sering dialami perempuan maupun laki-laki di usia muda. Banyak orang yang berpikiran kalau gonta-ganti shampo atau terlalu sering keramas menjadi penyebab rambut rontok. Padahal gaya gaya hidup kekinian yang tak menyehatkan justru jadi biang keladinya.

Pertumbuhan rambut ternyata dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman yang bergizi. Jadi ketika kamu sembarang makan makanan yang tak sehat maka zat-zat yang dibutuhkan sel kulit kepala akan berkurang. Untuk mengatasi rambut rontok, kamu bisa mengubah gaya hidup dengan memperbanyak makanan yang berprotein tinggi.

1. Telur

Telur mengandung protein tinggi, mineral dan vitamin B-kompleks yang dapat membantu kerontokan rambut. Nutrisi yang dimiliki telur akan membuat akar rambut semakin kuat dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Tak hanya itu, telur juga bisa membuat rambut terlihat lebih tebal dan berkilau.

5 Makanan Berprotein Tinggi Ampuh Cegah Rambut Rontok di Usia Mudayahoo.com

2. Kacang-kacangan

Tak hanya protein hewani, protein nabati juga menyimpan sumber protein tinggi. Kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang merah ternyata mampu mencegah kerontokan dan kebotakan rambut. Kandungan vitamin B, kalsium, fosfor dan zat besi. Kamu cukup makan 127 gram kacang merah atau kedelai setiap harinya. Dijamin rambut rontok bakalan, go away!

3. Susu

Olahan susu juga bisa jadi sumber protein yang dibutuhkan rambut lho. Susu sapi, susu kambing maupun susu kedelai memiliki manfaat yang sama untuk mencegah rambut rontok. Karena mengandung protein tinggi, kalsium, vitamin B, B12 dan zat besi. Sebuah studi yang dipublikasikan PloS One membuktikan bahwa masyarakat Taiwan yang rutin mengonsumsi susu memiliki alopecia androgenic (hormon kerontokan rambut) yang lebih rendah.

5 Makanan Berprotein Tinggi Ampuh Cegah Rambut Rontok di Usia Mudamadelinehairdesign.com

4. Yogurt

Yogurt menjadi solusi untuk mengatasi rambut rontok. Kamu bisa memakannya atau menjadikan yogurt sebagai masker. Pilihlah yogurt plain kemudian dikombinasikan dengan stroberi, pisang, perasan jeruk maupun minyak zaitun. 

Sedangkan, apabila kamu ingin menjadikannya sebagai masker rambut, ambil 4 sdm yogurt campurkan 2 sdm minyak zaitun dan perasan air jeruk. Gunakan dari pangkal sampai ujung rambut, diamkan selama 20 menit.

5 Makanan Berprotein Tinggi Ampuh Cegah Rambut Rontok di Usia Mudapexels.com

5. Keju

Pecinta keju patut berbahagia, kebiasaan kamu ini ampuh mencegah kerontokan rambut. Jenis keju cheddar maupun gouda sama-sama memiliki kandungan kompleks yang menguatkan kembali rambut indahmu. Vitamin B yang terdapat pada keju juga dapat memperbaiki tekstur rambut sehingga gak mudah rusak.

Jangan lupa untuk memastikan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak dan omega-3. Demi pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat.