Jangan salah, rambut juga perlu perawatan ekstra lho agar tetap sehat. Pada umumnya perempuan mengalami kerontokan rambut sebanyak 50 sampai 100 helai setiap harinya. Kalau sudah lebih dari batas wajar,  sudah saatnya kamu perlu berhati-hati Bela. Nggak mau kan nanti sampai terjadi yang nggak dinginkan terhadap mahkota kepalamu? Perawatannya nggak harus mahal kok. Inilah lima tips perawatan alami untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Baca terus ya! 

5 Cara Mudah untuk Mencegah Rambut Rontok

Nggak cuma wajah yang perlu masker, rambut juga demikian lho! Bawang dan jahe memiliki antioksidan tinggi dan vitamin yang baik untuk rambut. Kamu bisa menggunakan ketiga bahan tersebut sebagai masker atau mengeksfoliasi kulit kepala dengan menggosokan campuran tersebut ke kepala kamu. Rambut rontok jadi berkurang deh! 

5 Cara Mudah untuk Mencegah Rambut Rontok

Nggak hanya dari luar,  perawatan dari dalam tubuh juga perlu kamu perhatikan Bela. Ikan seperti salmon dan tuna, telur, wortel dan kacang-kacangan dapat kamu konsumsi agar rambut rontok kamu teratasi. Makanan berprotein memang terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga rambut kamu. 

5 Cara Mudah untuk Mencegah Rambut Rontok

Air putih memiliki peran yang sangat penting untuk menghidrasi tubuh, begitupula dengan rambutmu. Rambut membutuhkan seperempat air yang kamu minum lho. Oleh karena itu, usahakan minum sebanyak kurang lebih 4 sampai 8 gelas perhari. Jika tidak maka wajar jika kamu rentan mengalami kerontokan rambut. Karena, pada dasarnya rambut yang kering lebih mudah rontok lho.

5 Cara Mudah untuk Mencegah Rambut Rontok

Keramas terlalu sering atau jarang juga nggak baik lho Bela. Selain frekuensi keramas, yang perlu kamu perhatikan adalah bahan yang terkandung dalam sampo kamu. Usahakan untuk menggunakan sampo berbahan ringan agar kulit kepalamu tetap terjaga.  Minyak jarak atau ginseng dapat menguatkan akar rambut kamu. Bye-bye rambut rontok!

5 Cara Mudah untuk Mencegah Rambut Rontok

Konsumsilah vitamin A, B, dan E untuk kondisi rambut yang lebih sehat. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung ketiga vitamin tersebut atau mengonsumsi vitamin khusus. Kenapa harus ketiga vitamin tersebut? Vitamin A berperan untuk menjaga produksi sebum  di kulit kepala kamu. Sementara vitamin B untuk melancarkan peredaran darah di kepala dan juga folikel rambut. Vitamin E sendiri berperan untuk menjaga warna alami rambut. Pertumbuhan rambut kamu pastinya akan menjadi lebih sehat dan kuat! 

 

Penulis: Kerene Jesica 

Baca Juga: 6 Tips untuk Dapatkan Rambut Halus dan Terawat