Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

45 Model Potongan Rambut Pria Indonesia Keren dan Paling Populer

Tampil keren dan kekinian

Nafi' Khoiriyah

Ada berbagai macam gaya rambut pria Indonesia yang bisa kamu jadikan variasi. Mulai dari model rambut yang simpel sampai yang ikonik, semuanya bisa memberikan kesan fresh untuk penampilanmu. 

Kini, model rambut memang semakin banyak macamnya. Namun, ada beberapa model yang cocok untuk berbagai situasi. Mulai dari buzz cut, french crop, sampai comb over, semuanya bisa disesuaikan dengan wajah pria Indonesia. 

Berikut ini kumpulan gaya dan model potongan rambut pria Indonesia keren serta rapi dari Popbela.com yang bisa kamu jadikan referensi untuk tampil lebih keren. Simak ulasannya, ya!

1. Buzz Cut

haircutinspiration.com

Gaya potongan rambut pria Indonesia yang pertama adalah buzz cut. Buzz cut memiliki detail potongan rambut cepak yang pendek dengan panjang rambut sekitar 1-2 cm saja. 

Untuk mendapatkan gaya ini, biasanya para penata rambut menggunakan clippers untuk mencukurnya. Meskipun dikenal sebagai potongan militer, tetapi gaya ini akan cocok dengan kamu yang mudah berkeringat dengan cuaca panas di Indonesia.

2. Crew Cut

pinterest.com

Selanjutnya, gaya rambut crew cut menjadi potongan yang praktis dan klasik untuk pria. Potongan ini masih tergolong dalam gaya cepak dengan menyisakan rambut pendek di bagian atas kepala yang tegak. 

Gaya crew cut akan cocok bagi kamu yang memiliki rambut tebal karena akan membuat rambut lebih tegak. Untuk membuat gaya ini, mintalah tukang cukur untuk menyisakan rambut tipis di bagian samping dan buat rambut bagian atas kepala tegak dengan panjang kurang lebih 2 cm. 

3. French Crop

haircutinspiration.com

Kamu mungkin kerap menjumpai orang dengan potongan ini, tetapi belum mengerti nama modelnya. French crop merupakan gaya rambut pria yang memiliki detail sangat pendek di bagian samping dan belakang kepala. 

Sementara itu, bagian atas kepala dipotong cepak dan di-trim menyisakan poni yang tipis. Gaya ini sering juga disebut dengan potongan cepak ABRI di Indonesia. Kamu bisa memadukan model French crop dengan tekstur, layer, ataupun variasi lainnya supaya semakin keren. 

4. Caesar Cut

menshairstyletips.com

Hampir sama dengan sebelumnya, gaya rambut pria Indonesia yang satu ini disebut dengan caesar cut. Potongan caesar cut yang klasik dibuat dengan memotong rambut 1-5 cm di sekeliling kepala. Namun, kini caesar cut memiliki variasi yang lebih banyak. 

Hal lain yang mencirikan potongan ini adalah poninya. Poni caesar cut memiliki detail yang tumpul dan lebih alami.

Potongan ini biasanya dipakai oleh para atlet olahraga karena tidak membutuhkan penataan yang rumit dan tidak membuat gerah. 

5. Ivy League

menshaircuts.com

Selanjutnya, kesan yang cerdas dan berkelas bisa kamu wujudkan dengan gaya rambut ivy league. Gaya ini memiliki detail bagian atas yang sedikit panjang dan kemudian disisir ke samping. 

Kesan yang keren saat menerapkan gaya ini membuat banyak aktor papan atas pernah memakainya. Gaya rambut ivy league juga bisa dipadukan dengan jenis potongan lainnya, seperti crew cut atau undercut. 

6. Slick Back

pinterest.com

Rambut memberikan kesan yang sangat penting untuk penampilan. Bagi para pria yang ingin menarik perhatian perempuan, gaya rambut slick back ini bisa menjadi salah satu senjatanya. 

Slick back merupakan gaya rambut yang dipotong undercut, kemudian rambut bagian atas dibuat memanjang agar bisa disisir ke belakang. Slick back menonjolkan tampilan rambut yang disisir rapi ke belakang dengan tambahan produk penata rambut supaya lebih mengilap. 

7. Quiff

regalgentleman.com

Quiff menjadi model rambut pria Indonesia yang bisa kamu coba selanjutnya. Quiff mulanya merupakan gaya yang muncul setelah rambut buzz cut dibiarkan memanjang. Alhasil, bagian rambut atas semakin tinggi membumbung dan menghasilkan gaya baru bernama quiff. 

Hampir mirip dengan pompadour, quiff tampak lebih alami dengan penataan menggunakan wax dan blow dryer. Kini, ada berbagai macam variasi potongan quiff yang bisa kamu coba, mulai dari yang klasik sampai yang modern. 

8. High and Tight

sheebamagazine.com

Memberikan kesan maskulin dan keren membuat gaya rambut yang satu ini banyak diminati, termasuk untuk para pria di Indonesia. Model rambut high and tight memiliki kasan yang rapi dengan mencukur habis sisi samping dan belakang rambut. 

Gaya ini merupakan variasai dari crew cut yang sering dipakai oleh militer. Namun, kini semakin banyak dipakai untuk warga sipil. Jadi, kamu bisa memakainya jika ingin membuat wajah terlihat lebih lonjong dan menjelaskan garis-garis wajah. 

9. Undercut

pinterest.com

Berikutnya, undercut menjadi gaya rambut pria Indonesia yang bisa divariasikan dengan berbagai macam model. Model potongan ini akan memberikan kesan yang rapi, unik, dan maskulin dengan menipiskan bagian samping dan belakang kepala. 

Sementara itu, rambut di atas kepala dibiarkan tersisa sehingga bisa kamu variasikan dengan gaya rambut lainnya. Beberapa gaya rambut yang bisa kamu padukan dengan model undercut adalah quiff undercut, pompadour undercut, french crop undercut, dan lain sebagainya. 

10. Side Part

haircutinspiration.com

Side part merupakan gaya rambut dengan menyisir bagian atas kemudian diarahkan ke samping. Gaya ini sebenarnya cukup simpel, tetapi kamu perlu menyisakan rambut yang cukup panjang dengan bagian samping rambut bervolume tipis. 

Untuk membuatnya semakin rapi, gunakan produk wax dan gel, lalu sisir rambut ke salah satu sisinya. Banyak pria Indonesia yang senang dengan potongan ini karena bisa memberikan kesan dewasa dan macho. 

11. Comb Over

haircutinspiration.com

Berikutnya, gaya rambut pria Indonesia yang bisa kamu pakai adalah comb over. Potongan rambut ini tergolong klasik dengan penataan ke salah satu sisi. Kamu perlu memiliki rambut yang cukup panjang untuk bisa ditata ke samping. 

Meskipun awalnya digunakan untuk menutupi rambut yang botak, tetapi kini comb over semakin bervariasi. Para remaja pun tidak ragu untuk memakai model comb over karena bisa memberikan kesan rapi dan sederhana. 

12. Regulation Cut

thetrendspotter.net

Regulation cut terinspirasi dari gaya rambut militer dengan potongan pendek dan belahan sampingnya. Tampilan ini cukup sederhana dan mudah diterapkan dengan membuat bagian samping dan belakang yang pendek. 

Sementara itu, bagian atas kepala dibuat lebih panjang. Kamu bisa memanfaatkan produk penata rambut supaya mendapat hasil akhir yang halus dan mengilap. Jika sudah, penampilanmu akan terlihat rapi dan maskulin. 

13. Short Curls

thetrendspotter.net

Bagi para pemilik rambut keriting, gaya rambut pria Indonesia short curls  bisa menjadi pilihan yang tepat. Gaya ini menjaga rambut supaya tetap pendek sehingga lebih mudah ditata. 

Kamu hanya perlu mencukurnya cukup pendek sehingga menampakkan tekstur rambut yang menarik. Penampilanmu akan terlihat lebih keren dan maskulin dengan short curls ini.

14. Spiky Hair

thetrendspotter.net

Pada tahun 90-an, gaya rambut pria Indonesia spiky hair cukup populer. Gaya ini menunjukkan tampilan yang bertekstur dengan rambut yang pendek. Kemudian, rambut bagian atas ditata ke atas seperti paku yang runcing.

Model rambut ini tidak cocok dipakai untuk pemilik rambut panjang, kecuali jika kamu memakai produk perawatan yang kuat. Namun, kamu bisa menyesuaikan model rambut ini dengan panjang dan jenis rambut masing-masing.

15. Taper Fade

menshairstyletrends.com

Taper fade merupakan teknik cukur bergradasi yang biasanya dibuat sepanjang 2-10 cm. Gradasi tersebut dibuat semakin tipis mulai dari bagian tengah sampai ke bawah mengikuti garis alami rambut.

Hasil potongan ini bisa membuat rambutmu tampak memudar dengan menekankan cukuran di bagian samping. Sementara itu, bagian atas rambut dibiarkan panjang atau dipotong medium untuk membuatnya terlihat natural. 

16. Clean Shave

fashionbeans.com

Seperti namanya, potongan clean shave berarti mencukur rambut sampai bersih sehingga tidak perlu bingung saat menata rambut. Kelebihan dari potongan ini adalah membuatmu tampak lebih kuat, tangguh, dan percaya diri. 

Untuk mempertahankan penampilanmu, kunjungi tukang cukur secara teratur. Pilihan ini bisa diambil kalau kamu tidak ingin repot menata rambut dengan berbagai macam produk perawatan.

17. Low Fade

fashionbeans.com

Potongan fade di Indonesia berarti potongan memudar. Jenis potongan ini ada bermacam-macam, salah satunya adalah low fade.

Model rambut pria Indonesia low fade dipotong gradasi mulai dari atas telinga dan menebal ke atas kepala. 

Gaya ini tampak keren dan berkelas, cocok untukmu yang ingin tampil edgy. Selain low fade, ada pula jenis fade lainnya yang bisa kamu pakai sesuai karakteristik rambut dan tampilan yang kamu inginkan. 

18. Edgar Haircut

fashionbeans.com

Hampir mirip dengan caesar cut, edgar haircut dipotong lurus kemudian ditambahkan dengan high skin fade. Untuk membuat potongan ini, kamu perlu mengumpulkan kepercayaan diri dan keberanian. 

Biasanya, edgar haircut dipakai untuk membuat penampilan yang edgy. Nah, bagi kamu yang memiliki wajah yang panjang atau oval, edgar cut bisa menjadi opsi potongan rambut yang keren. 

19. Mohawk Fade

fashionbeans.com

Kembali dengan model gaya rambut fade, kali ini kamu bisa mengombinasikannya dengan potongan mohawk. Mohawk adalah gaya rambut yang menyisakan sehelai rambut di tengah kepala. 

Nah, mohawk fade adalah gaya rambut faux hawk modern dengan bagian samping yang dicukur gradasi. Jenis potongan mohawk ini juga akan cocok jika digabungkan dengan temp fade, burst fade, ataupun taper fade. 

20. Hard Part

fashionbeans.com

Kemudian, gaya rambut pria Indonesia hard part dibuat dengan cara mencukur bagian rambut dengan bersih dan rapi. Garis di sisi kepala memisahkan dua panjang rambut yang berbeda.

Mintalah tukang cukur untuk menggunakan pisau cukur lurus guna mencukur garis tipis di kepala. Hal itu akan membuatmu tampil rapi dengan perawatan rutin yang tepat. Kamu bisa memakai potongan ini untuk situasi yang formal. 

21. Comb Back

thetrendspotter.net

Comb back merupakan gaya rambut pria klasik yang bisa memberikan kesan cerdas dan canggih. Kamu bisa membuatnya dengan cara menyisir rambut dari belakang ke depan sehingga tampak lebih bervolume. 

Gaya rambut ini cocok digunakan untuk berbagai situasi, baik formal maupun semi formal. Namun, kamu perlu menjaga rambut tetap panjang untuk membuatnya lebih mudah untuk ditata. Comb back bisa diterapkan untuk berbagai tekstur rambut, terutama untuk jenis rambut yang tidak terlalu keriting. 

22. Brushed Up

menshaircuts.com

Gaya rambut pria Indonesia di atas memadukan antara taper haircut yang merupakan teknik cukur bergradasi dengan brushed up yang lancip. Kalau ingin membuat penampilan yang lebih tajam, buatlah potongan taper yang tinggi. 

Namun, jika ingin membuatnya lebih sederhana, pilih potongan taper yang rendah. Setelah itu, sikat rambut ke atas sehingga tampak lancip dan tegak. Gaya ini akan membuat wajahmu tampak lebih panjang. 

23. Short Fringe

thetrendspotter.net

Kalau kamu ingin tampilan yang berbeda, maka short fringe menjadi gaya baru yang boleh dicoba. Model rambut ini bisa kamu tambahkan pada berbagai potongan rambut dengan cara memotong poni pendek di bagian depan kepala.

Dengan poni yang pendek, kamu tidak perlu kesulitan menata rambut ataupun khawatir poni rambutmu akan menusuk ke mata. Kamu tinggal menyesuaikan gaya ini dengan tekstur rambut sebelumnya. 

24. Short Crop Top Fade

menshaircuts.com

Short crop top fade merupakan gaya rambut pria Indonesia yang populer di kalangan pria. Dengan potongan yang pendek, kamu tidak memerlukan waktu lama untuk menatanya. 

Untuk membuat gaya ini makin menarik, buat bagian atas rambut lebih bertekstur dan lengkapi dengan fade di bagian samping dan belakangnya. Selain itu, kamu bisa menambahkan cukuran garis kalau ingin memberi kesan yang berani dan bebas. 

25. Butch Cut

thetrendspotter.net

Potongan butch cut merupakan model rambut pria yang penuh daya tarik. Gaya ini akan membuat kesan penampilan yang maskulin, cocok bagi kamu yang perlu berpenampilan formal sehari-hari. 

Untuk membuat butch cut, bagian rambutmu ditata dengan panjang rata di bagian atas, belakang, dan samping sepanjang kurang lebih seperempat inci. Namun, kamu bisa menyesuaikannya dengan preferensi pribadi, misalnya dengan membuatnya lebih panjang di bagian atas atau membuatnya lebih lancip. 

26. Medium Curls

menshaircuts.com

Bukan hanya rambut pendek saja, gaya rambut pria Indonesia juga bisa dibuat memanjang dengan medium curls. Seperti namanya, gaya ini dibuat dengan memanjangkan rambut sedang kemudian membagi rambut di tengahnya. 

Medium curls akan cocok diterapkan pada kamu yang memiliki tekstur rambut keriting alami. Namun jika tidak, kamu bisa membuat tekstur keriting sendiri dengan teknik perm pada rambut yang lurus. 

27. Textured Fringe

thetrendspotter.net

Untuk membuat kesan yang lebih muda, textured fringe merupakan model rambut yang tepat. Gaya ini menciptakan penampilan yang sengaja dibuat berantakan namun tampak estetik. Hal yang terpenting untuk membuat textured fringe adalah panjang rambut yang tepat. 

Sebab, rambut yang terlalu panjang akan membuatmu tidak nyaman. Sementara rambut yang terlalu pendek bisa terlihat berombak alih-alih bertekstur. Panjang rambut yang tepat untuk membuat textured fringe adalah sepanjang bawah alis. 

28. Blowout Haircut

menshaircuts.com

Blowout haircut merupakan gaya cukuran rambut pria Indonesia yang tampak santai namun tidak terlalu berantakan. Untuk membuat tekstur, rambut dengan model ini akan di-blow sehingga akan terlihat lebih bergelombang bahkan keriting. 

Selain itu, warna pada rambut juga bisa kamu tambahkan supaya terlihat makin keren. Jangan lupa lengkapi sisi-sisinya juga dengan undercut fade yang membuat rambut bagian atas tampak lebih bevolume.

29. Side Swept Quiff

menshaircuts.com

Kalau quiff saja merupakan potongan rambut yang pendek, keren dan rapi, kali ini kamu bisa membuatnya lebih bervariasi dengan side swept atau sisir samping. Seperti quiff pada umumnya, mula-mula rambutmu perlu dipotong rapi dengan bagian atas lebih bervolume. 

Kemudian, bagian atas rambut yang tersisa itu kamu sapu ke samping dengan sisir atau jari untuk membuatnya tampak lebih bertekstur. Gaya ini bisa kamu pakai untuk suasana formal maupun semi formal.

30. Long Fringe

.menshairstyletrends.com

Versi modern dari "skater haircut" yang klasik adalah long fringe yang menampilkan poni panjang di depan dan sisi yang pendek. Gaya ini bisa diterapkan pada kamu yang memiliki rambut sedang. 

Tipiskan dan runcingkan sisi-sisinya lalu sisakan bagian atas rambut supaya tetap panjang. Dengan volume pada bagian atas itu, kamu bisa membuatnya menjadi poni yang ditata sesuai keinginan. 

31. Spiky Quiff

menshairstyletrends.com

Contoh bagus lainnya untuk gaya potongan rambut pria Indonesia adalah potongan rambut quiff yang akhir-akhir ini banyak digemari. Namun, potongan quiff kali ini diberi tekstur runcing di bagian atas. 

Aksen spiky itu bisa dibuat dengan pomade berdaya rekat sedang sampai kuat agar tidak geser dan tetap berada di tempatnya. Jadi, penampilanmu tidak akan membosankan dengan potongan quiff satu ini. 

32. Faded Mohawk

lovehairstyles.com

Potongan rambut mohawk memang bisa mengejutkan siapa saja. Sebab, gaya yang biasanya identik dengan punk ini bisa tampak canggih dan elegan dengan dipadukan bersama gaya pompadour yang pendek. 

Dengan menggabungkan kedua gaya rambut keren tersebut, penampilan akan tampak lebih modern dengan drop fade yang keren. Kamu bisa memakainya untuk situasi formal maupun kasual. 

33. Short Textured Quiff

lovehairstyles.com

Model rambut pria Indonesia selanjutnya adalah short textured quiff yang panjangnya sedang dan cukup menonjol. Gaya modern ini bisa dipakai untuk berbagai kesempatan yang berbeda. 

Dengan sentuhan akhir mid fade, kamu bisa menyeimbangkan kontras di bagian atas dan samping rambut yang halus. Hal itu bisa menciptakan kecocokan dengan pakaian yang kasual maupun resmi. 

34. Classic Medium Cut

lovehairstyles.com

Classic medium cut cocok dipakai para pebisnis atau pria yang memilih gaya yang aman. Sisi-sisi rambutnya meruncing dengan bagian atas lebih panjang tanpa terlalu berlebihan. 

Sementara itu, classic medium cut ini juga dilengkapi dengan backswept yang bagus untuk menambahkan volume rambut. Potongan ini akan membuat tubuh terlihat lebih seimbang dan proporsional. 

35. Two Block

thetrendspotter.net

Berikutnya, gaya rambut pria Indonesia two block ini cukup populer di kalangan pria karena tampak trendi dan modern. Two block banyak dipakai oleh pria Korea yang kemudian diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Untuk membuat gaya rambut two block, kamu perlu menata rambut dua bagian ke kanan dan kiri dengan salah satunya lebih panjang supaya makin kontras. Kamu pun bisa bereksperimen dengan menatanya menjadi berbagai cara yang tampak ideal. 

36. Pompadour Haircut

dmarge.com

Dengan model short sides yang klasik, model potongan rambut pompadour ini menyisakan banyak rambut pada bagian atas. Hampir mirip dengan quiff, tetapi lebih ramping dan bervolume. 

Bagian rambut atas yang besar dan bervolume itulah yang membuat potongan rambut ini unik. Kamu juga bisa memasangkannya dengan gaya fade haircut pada gaya ini. Model tersebut cocok diterapkan untuk pemilik rambut keriting dan bergelombang. 

37. Regular Haircut

menshaircuts.com

Seperti namanya, regular haircut merupakan gaya potongan rambut biasa yang sederhana dan menawan. Gaya ini cocok untuk semua bentuk wajah sehingga aman kamu terapkan. 

Bukan hanya itu saja, regular haircut juga cocok dipadukan dengan berbagai jenis rambut seperti taper fade di bagian samping atau hard part. 

38. Faux Hawk

dmarge.com

Faux hawk menjadi gaya rambut pria Indonesia yang menggabungkan antara mohawk yang lebih edgy dan trendi. Berbeda dengan potongan rambut mohawk, gaya ini menampilkan sisi rambut yang dicukur membentang di tengah kepala dari depan ke belakang, 

Sisi transisi model rambut faux hawk ini juga lebih bertahap dari sisi rambut yang panjang di bagian atas dan sisi yang pudar di sampingnya. Sementara bagian atasnya dibiarkan panjang dengan sedikit aksen spiky agar makin stylish. 

39. Flow Hairstyles

menshaircuts.com

Memilih gaya rambut panjang yang mengalir atau flow hairstyles akan membuat penampilan menjadi fashion foward. Gaya ini terlihat trendi dan keren meski tidak membutuhkan banyak gaya atau perawatan. 

Kamu bisa membuatnya dengan mengunci bagian atas rambut dengan bebas ke belakang dan menonjolkan sisi rambut yang pendek. Flow hairstyles ini akan makin keren dengan garis rambut di sepanjang dahi.

40. High Top Fade

menshaircuts.com

Gaya rambut pria Indonesia yang berikutnya adalah high top fade yang kontras dan berani. Namun, gaya ini bisa menyesuaikan fitur wajahmu menjadi lebih panjang dan tajam. 

Penampilanmu pun akan tampak lebih tinggi dengan high top fade. Sebab, gayanya memberikan kesan clean-cut look yang bisa kamu padukan dengan gaya rambut wajah apa saja. 

41. Middle Fade

menshaircuts.com

Middle fade atau mid fade adalah potongan rambut pendek yang dimulai dari bagian tengah kepala sampai ke bagian bawah. Sementara itu, rambut di bagian atas kepala dibiarkan panjang. 

Berbeda dengan low fade, middle fade menipiskan rambut di bagian tengah atau setara dengan dua jari. Memakainya akan membuatmu tampil lebih menarik, cocok untuk semua bentuk wajah, lho!

42. Bowl Cut

pinterest.com

Bowl cut menjadi model potongan rambut pria Indonesia selanjutnya yang sering kali dianggap kuno. Namun, kamu bisa memberikan sentuhan yang modern dengan memotong bagian sampingnya. 

Gaya ini tampak unik dan sederhana dengan poni yang dibiarkan memanjang ke depan. Sementara bagian belakangnya dipotong sama dengan poninya atau lebih panjang ke belakang. 

43. Tousled Undercut

lovehairstyles.com

Undercut memang banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah tousled undercut yang tampak lebih rapi dari undercut biasanya. Model cukuran rambut pria ini membutuhkan layer di bagian atas dengan rambut yang dibiarkan panjang. 

Lalu, bagian sampingnya dibiarkan dengan fade yang akan memisahkan bagian atas, bawah, dan sampingnya. Kamu akan tampil lebih manly dengan gaya rambut ini, apalagi jika ditambah dengan kumis dan jenggot. 

44. Medium Length Haircut

therighthairstyles.com

Model rambut pria Indonesia yang selanjutnya ini bisa dibilang paling serbaguna. Kamu bisa menatanya ke depan, ke belakang, ke samping, atau bahkan belah tengah. 

Medium length haircut membiarkan rambut panjang dan membentuk tekstur wavy yang alami. Penampilanmu akan terkesan lebih maskulin dan dewasa dengan gaya rambut di atas. 

45. Mullet Cut

therighthairstyles.com

Terakhir, gaya rambut mullet memang populer di tahun 70-an. Sempat terlupakan beberapa tahun kemudian, tetapi kini model rambut pria ini kembali populer. 

Model rambut ini tampak segar dan tidak membosankan, justru akan memberikan kesan vintage dan bebas. Namun, pertimbangkan sebelum memakai model mullet kalau kamu bekerja di sektor formal, ya!

Itulah kumpulan gaya dan model potongan rambut pria Indonesia keren serta rapi. Semuanya tampak cocok untuk berbagai situasi.

Nah, di antara 45 model di atas, mana favoritmu? 

IDN Media Channels

Latest from Hair