Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Gaya Potongan Rambut Botak Keren yang Simpel dan Trendi

Tetap bisa tampil stylish

Nafi' Khoiriyah

Banyak orang yang berpikir bahwa potongan rambut botak tidak keren, terlalu ekstrem, dan membosankan. Padahal, kamu bisa membuat gaya rambut botak keren dengan menampakkan detail-detail tertentu, lho.

Mencukur rambut botak tidak selalu memangkas habis rambut. Kamu bisa menyisakan 1-2 cm rambut untuk memberikan aksen seperti fade, high and tight, dan semacamnya. Walaupun kamu bisa mencukur rambut seluruhnya, ada beberapa jenis potongan yang bisa membuatmu lebih stylish dan percaya diri. 

Nah, kalau saat ini kamu sedang bimbang ingin mencukur rambut botak atau tidak, lihat dulu 20 gaya potongan rambut botak keren berikut ini, ya!

1. Buzz Cut

thetrendspotter.net

Model cukuran rambut botak keren yang pertama menggunakan model buzz cut yang klasik dan populer. Potongan ini terlihat sangat sederhana dan maskulin sehingga tetap bagus meskipun rambut sangat tipis. 

Seperti gaya buzz cut pada umumnya, potongan rambut cepak ini dipotong menggunakan clippers dengan menyisakan rambut sepanjang 1-2 cm. Dengan begitu, kamu akan tetap terlihat keren dan maskulin. 

2. High and Tight Hairstyle

purplle.com

Terinspirasi dari gaya rambut militer, high and tight hairstyle akan sangat cocok dengan kesan yang simpel dan maskulin. Model ini bisa menyembunyikan rambut yang botak dengan dipotong memudar di bagian samping dan menyisakan rambut yang lebih tinggi di atas kepala. 

Dengan begitu, penampilan tersebut akan mengalihkan perhatian pada wajah dan rambut bagian atas. Tidak perlu khawatir, high and tight hairstyle mudah dirawat dan terlihat maskulin saat diterapkan. 

3. Crew Cut

thetrendspotter.net

Crew cut merupakan gaya rambut botak keren yang populer saat ini. Gaya ini hampir sama dengan potongan buzz cut yang bisa menonjolkan garis wajah. Namun, crew cut bisa digunakan jika kamu ingin membuat rambut bagian atas sedikit lebih panjang. 

Model potongan rambut ini akan cocok bagi kamu yang ingin potong botak, tetapi ingin sedikit lebih panjang. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan terlihat terlalu tua. 

4. Short and Textured Hairstyle

purplle.com

Untuk menyamarkan bagian rambut yang hilang, kamu bisa memotong pendek rambut dengan gaya klasik seperti ini. Potongan ini dipangkas dekat dengan kulit kepala dengan rambut bagian atas yang sedikit tinggi dan bertekstur.

Short and textured hairstyle akan membuatmu terkesan memiliki ukuran kepala yang lebih besar. Nah, untuk menatanya, cobalah untuk menggunakan produk gel atau minyak rambut. 

5. Razor Shave

thetrendspotter.net

Berbeda dengan kebanyakan model sebelumnya, gaya rambut botak keren yang selanjutnya ini mencukur habis rambut. Potongan ini cocok bagi kamu yang memiliki spot botak atau rambut yang tidak merata. 

Meskipun tampak ekstrem, tetapi gaya ini tetap membuatmu terlihat keren. Dengan razor shave, kamu akan terlihat rapi dan maskulin tanpa harus ribet menata rambut. 

6. Short With High Fade

youprobablyneedahaircut.com

Short with high fade merupakan gaya rambut potongan botak populer lainnya. Potongan ini menggunakan caesar cut yang menampilkan bagian atas sedikit lebih panjang. Sementara itu, sisi sampingnya terlihat memudar pendek dengan cukuran. 

Dengan potongan yang dekat dengan kulit kepala, short with high fade akan menyamarkan garis rambut yang botak. Jadi, kamu akan terlihat lebih muda dan juga stylish. 

7. Skin Fade with Short Hair

thetrendspotter.net

Model rambut yang bisa memberikan kesan edgy dan tetap trendi salah satunya adalah skin fade with short hair. Seperti namanya, gaya ini memiliki detail fade di samping kepala yang dicukur habis. 

Namun, bagian atas rambut disisakan 1-2 cm untuk memberikan kesan muda dan modern. Potongan ini akan membuat wajahmu terlihat lebih lonjong dan menitikberatkan pada rambut di atas kepala. 

8. Polished Shaved Head

youprobablyneedahaircut.com

Gaya cukuran rambut botak keren yang berikutnya adalah polished shaved head. Gaya ini akan mengingatkan dengan model rambut a la Vin Diesel yang maskulin dan keren. 

Kamu perlu mencukur habis rambut sampai bersih, kemudian tambahkan sedikit head polish supaya semakin mengilap. Meskipun bersih dan mengilap, gaya ini tidak terkesan tua, justru semakin rapi dan memesona. 

9. Slicked Back

thetrendspotter.net

Slicked back merupakan gaya rambut yang menjadi andalan para laki-laki. Sebab, rambut yang ditata dengan model ini akan mengalihkan perhatian dari garis rambut yang surut atau botak. 

Kamu hanya perlu mengambil sisir dan pomade atau gel, kemudian sisir rambut ke arah belakang. Atur dengan sedikit hairspray, tetapi jangan berlebihan supaya rambut tidak terlalu berminyak.

10. Comb Over

thetrendspotter.net

Selanjutnya, gaya potongan rambut botak keren comb over sangat cocok bagi laki-laki yang mengalami kebotakan. Sebab, gaya ini bisa menggabungkan garis rambut yang surut menjadi lebih bergaya. 

Comb over akan membuat ilusi bahwa rambutmu lebih tebal dan bervolume. Caranya adalah dengan memotong rambut sedikit lebih panjang di bagian depan, kemudian tambahkan sedikit produk penata rambut dan sisir rambut ke belakang satu sisi.

11. Butch Cut

thetrendspotter.net

Kalau kamu ingin memotong rambut botak tapi tidak ingin menghabiskan seluruh rambut, maka butch cut menjadi gaya yang tepat. Butch cut adalah cara mencukur rambut dengan panjang yang sama. 

Umumnya, rambut akan dipotong antara 1/4 dan 3/4 inci mengikuti kontur kepala. Butch cut juga bisa membuat garis rambut yang surut menjadi tidak terlihat. Justru, kamu akan terlihat lebih maskulin, rapi, dan tidak perlu banyak perawatan. 

12. Mid Fade Taper Haircut

thebaldbrothers.com

Mid fade taper haircut merupakan potongan rambut setengah memudar yang bisa mengalihkan perhatian dari bagian rambut yang botak atau tipis. Kamu hanya perlu meminta tukang cukur untuk membuat gaya ini. 

Pertama, cukur sisi kanan dan kiri rambut dengan mid-fade terlebih dahulu. Kemudian, sisakan rambut yang sedikit panjang di bagian atas untuk membuatnya terlihat lebih bervolume.

13. Scruffy Short Hair

thebaldbrothers.com

Memakai gaya rambut botak keren model shaved head atau buzz cut mungkin membutuhkan keberanian yang tinggi. Namun, jika kamu masih belum berani, scruffy short hair bisa menjadi opsi lainnya. 

Gaya ini memotong rambut sama panjang di seluruh bagian sehingga bisa menyembunyikan kebotakan. Setelah itu, lengkapi dengan menggunakan produk penata rambut supaya terlihat sedikit berantakan dan bertekstur.

14. Receding Hairline Cut

thebaldbrothers.com

Memiliki garis rambut yang lurus kadang menjadi salah satu penyebab kurang percaya diri. Maka dari itu, kamu bisa menerapkan gaya receding hairline cut dengan cara menipiskan semua sisinya. 

Selain itu, tambahkan pula kumis dan janggut supaya perhatian dari rambut yang surut menjadi teralihkan. Kamu justru akan terlihat semakin maskulin dan berwibawa jika memakai gaya rambut ini.

15. Short Afro

thetrendspotter.net

Gaya rambut botak keren model short afro diperuntukkan bagi kamu yang memiliki rambut ikal. Pilihan gaya ini melambangkan kesan yang praktis dan keren, cocok bagi kamu yang ingin menyamarkan rambut botak. 

Keuntungan dengan menerapkan potongan rambut short afro adalah membuatnya lebih mudah dirawat dan dipelihara. Namun, kamu tetap bisa menampakkan volume dan tekstur rambut yang ikal dengan gaya ini.

16. Quiff with Taper Fade

thetrendspotter.net

Quiff with taper fade merupakan gaya rambut yang akan membuatmu tampak lebih muda dan tampil beda. Potongan quiff yang pendek dan rapi dengan bagian depan atas sedikit bervolume akan mengurangi tampilan rambut yang menipis. 

Sementara itu, bagian samping rambut dibuat taper fade yang tampak seperti gradasi tipis sepanjang 0,5-2 cm. Jadi, kamu tetap menyisakan sedikit rambut supaya tidak terlihat terlalu botak. 

17. Caesar Cut

thetrendspotter.net

Kembali ke gaya klasik, caesar cut dipotong relatif sama panjang di bagian atas, samping, dan belakangnya. Gaya ini akan sangat cocok untuk menyembunyikan rambut yang mulai menipis. 

Selain itu, poni pendeknya juga bisa mengalihkan perhatian dari atas kepala yang botak dan memfokuskannya pada fitur wajahmu. Perawatannya pun cukup mudah dan bisa disesuaikan dengan berbagai tekstur rambut. 

18. Spikes with Shaved Sides

thebaldbrothers.com

Model rambut botak keren selanjutnya adalah spikes with shaved sides yang tampak tajam di bagian atas. Gaya ini sangat bagus untuk laki-laki yang botak karena akan menyembunyikan kebotakan menjadi tampak keren. 

Caranya adalah dengan menambahkan cukuran pada beberapa sisi rambut dengan menyisir ke atas rambut yang tersisa. Kamu juga bisa menambahkan gel atau pomade supaya tampilannya lebih tegak. 

19. Shaved Fade

youprobablyneedahaircut.com

Jika kamu memiliki garis rambut yang surut, maka cukurlah rambut menyeluruh dan mintalah tukang cukur untuk memudarkan sisi-sisinya. Gaya ini bisa diterapkan pada bentuk wajah dan jenis kebotakan apa pun. 

Jadi, meskipun rambutmu telah dicukur menyeluruh, tekstur rambut akan sedikit terlihat dan kulit kepala tidak dibiarkan halus seperti shaved head

20. Ultra Short Undercut

youprobablyneedahaircut.com

Terakhir, ultra short undercut menjadi gaya rambut botak keren yang terakhir. Gaya ini memotong rambut sangat pendek sekitar sisi dan belakang kepala. Sementara itu, bagian atas rambut dibuat sedikit lebih panjang. 

Nah, potongan yang sangat tipis tersebut bisa menciptakan garis geometris yang akan mengalihkan perhatian dari bagian kepala yang botak ke garis-garis rambutnya. 

Itulah 20 model dan gaya potongan rambut botak keren kekinian yang bisa membuatmu lebih stylish dan percaya diri. Semoga bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Hair