Bukan sebatas bersenang-senang, renang bisa menjadi olahraga pilihan tanpa mengeluarkan keringat. Bagi sebagian orang, meluangkan waktu untuk berlatih di kolam renang hingga tiga kali dalam seminggu menjadi cara asik untuk menjaga kesehatan dan melatih fisik. Sayangnya, kandungan kaporit yang tercampur pada air dapat merusak kesehatan rambut. Jangan khawatir Bela, kamu bisa menjaga rambut tetap lembut dan halus dengan melakukan hal ini.

1. Lakukan persiapan perawatan sebelum berenang

Sering Berenang? Cegah Rambut Rusak dengan 5 Hal Inimajorwomen.blogspot.co.id
 

Mempersiapkan perawatan rambut sebelum berenang dapat memberikan perlindungan lebih awal. Kandungan kaporit dan chlorine yang tercampur pada air kolam dapat menyerap pada batang rambut dan membuatnya rusak. Rutin mengaplikasikan minyak rambut dapat melembapkan rambut dan menjaganya tetap kuat. Olive oil atau minyak kelapa dapat menjadi pilihan tepat untuk perawatanmu.

2. Basahi rambut terlebih dahulu

Sering Berenang? Cegah Rambut Rusak dengan 5 Hal Inijamienelsonphoto.blogspot.co.id
 

Seperti pemanasan agar nggak keram saat berenang, kamu juga perlu mempersiapkan rambut dari paparan zat yang dapat merusak rambut. Bilas rambut dengan air jernih sebelum berenang tentu lebih baik dibandingkan kontak langsung dengan air kolam. Cara ini dapat meminimalisir kerusakan rambut dari efek kaporit.

3. Aplikasikan produk pelindung matahari

Sering Berenang? Cegah Rambut Rusak dengan 5 Hal Inipinterest.com/Katerina Filipovic Marie Claire China
 

Kamu mungkin familiar dengan tabir surya untuk menjaga tubuh dari bahaya sinar ultraviolet. Bukan cuma kulit, nyatanya rambut juga harus dilindungi agar nggak kering dan pecah-pecah. Meskipun masih jarang, saat ini mulai banyak merek ternama yang mengeluarkan produk perawatan rambut dari bahaya sinar matahari.

4. Gunakan penutup kepala

Sering Berenang? Cegah Rambut Rusak dengan 5 Hal Inipinterest.com
 

Coba deh perhatikan atlet renang yang rutin menceburkan diri kedalam kolam. Selain mengenakan pakaian yang sesuai, mereka juga kerap menggunakan penutup kepala untuk melindungi rambut. Meskipun memiliki fungsi utama untuk mencegah berantakan dan mengurangi performa berenang, rambutmu juga akan terlindungi dari air kolam berkaporit.

5. Perawatan rutin rambut setelah renang

Sering Berenang? Cegah Rambut Rusak dengan 5 Hal Inijamienelsonphoto.blogspot.co.id
 

Hal penting yang nggak boleh dilewati setelah berenang tentu mencuci rambut dari kotornya air kolam. Adanya kandungan kaporit dan chlorine kerap membuat rambut terasa lengket dan kaku. Jangan diamkan terlalu lama, kamu perlu membilasnya secepat mungkin setelah keluar dari kolam.

 

BACA JUGA: Rahasia Rambut Tetap Sehat dalam Balutan Hijab