Bukan hanya tren baju yang cepat berubah, warna rambut pun nggak luput dari gaya para pecinta dunia kecantikan. Mulai dari warna gelap, terang, unicorn, hingga silver pernah jadi pilihan utama saat mengubah warna rambut. Bagi sebagian orang mewarnai rambut mungkin sudah menjadi candu. Bukan hitungan tahun, nyatanya ada orang yang gonta-ganti warna rambut setiap bulannya! Ingat kontroversi Kylie Jenner yang pernah mengubah warnanya dalam kurang dari 24 jam?

Pemilihan warna rambut memang bisa menambah kepercayaan diri. Selain itu, pilihan warna favorit juga bisa menggambarkan kepribadianmu. Sayangnya, pemakaian bahan kimia bisa merusak rambut dan tampak kering. Tapi benarkah pewarnaan dapat merusak rambut selamanya? cari tahu di sini yuk!

Apakah bleaching dapat merusak rambut?

Bisakah Rambut Kembali Sehat Setelah Diwarnai? Cari Tahu di Sini!thefix.com

Sebelum mewarnai rambut biasanya kamu akan melewati proses bleaching untuk menghilangkan pigmen warna rambut aslimu sehingga warna baru mudah menyerap. Faktanya, proses ini yang akan mematikan sel rambutmu sehingga berdampak pada kerusakan. Elastisitas rambut akan berkurang dan kulit kepala yang sensitif akan mengalami rasa perih dan gatal. Namun jangan khawatir, jika pewarnaan rambutmu dikerjakan oleh hairstylist berpengalaman, maka kerusakan dapat diminimalisir. Selain memercayakan ke salon, kamu pun wajib melakukan perawatan rambut sendiri di rumah setelah mewarnai rambut ya!

Bisakah rambut kembali sehat seperti sebelum melakukan bleaching?

Bisakah Rambut Kembali Sehat Setelah Diwarnai? Cari Tahu di Sini!Pinterest.com

Rambut rusak memang membuat tampilan terlihat buruk. Meskipun sudah menggunakan kondisioner dan rutin mengaplikasikan hair mask, sayangnya satu-satunya cara untuk mengembalikan rambut agar sehat hanya dengan memotong bagian rambut yang rusak dan menunggu untuk tumbuh kembali. Tenang saja, sisa zat kimia tidak akan tertinggal pada kulit kepala sehingg rambut akan tumbuh dengan sehat. Namun, jika kamu masih tetap ingin mewarnai rambutmu, melakukan perawatan rambut khusus bisa menghindari kondisi rambut yang semakin parah.

Bagaimana cara mengembalikan kondisi rambut yang sudah diwarnai?

Bisakah Rambut Kembali Sehat Setelah Diwarnai? Cari Tahu di Sini!lorealparisusa.com

Walaupun nggak sepenuhnya akan sama seperti sebelumnya, tapi ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Pertama adalah dengan menggunakan produk-produk pewarna rambut yang berkualitas. Jangan menggunakan sembarang merek untuk mewarnai rambutmu! Jangan tergoda hanya karena harganya yang murah. Kamu perlu memerhatikan kandungan di dalamnya. Selain itu, pastikan juga kamu melakukan perawatan rutin seperti menggunakan sampo, kondisioner, dan masker rambut sesuai kebutuhan rambut.

Bagaimana perawatan terbaik setelah mewarnai rambut?

Bisakah Rambut Kembali Sehat Setelah Diwarnai? Cari Tahu di Sini!abcdefghijklmn-pqrstuvwxyz.com

Agar rambut nggak semakin rusak setelah cat rambut, kamu perlu menjaganya tetap terhidrasi dan menghindari paparan sinar matahari. Seiring berjalannya waktu, warna rambut bisa menjadi lebih gelap atau bahkan lebih terang hanya di area tertentu. Gunakan clarifying shampo yang membuat warna rambut jadi lebih rata dengan gradasi warna rambut yang tepat. Produk perawatan rambut ini juga dapat membersihkan rambut dari kotoran, akibat sisa produk hairstyling atau polusi udara. 

Selain itu mendiamkan kondisioner lebih lama sebelum dibilas akan membuat rambut terasa lebih lembut. Hindari penggunaan hairdryer, alat catok, alat pengeriting rambut atau bahkan mengubah warna rambut kembali dalam jangka waktu yang cepat.

 Nah, siap mengubah warna rambutmu, Bela?

Baca Juga: 7 Cara agar Warna Rambut Lebih Tahan Lama dan Terlihat Sehat