Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Zodiak yang Sulit Menahan Marah saat Puasa Ramadan

Kalau kamu termasuk, artinya harus lebih banyak menahan diri

Raizza Monik Setiawanti

Pada dasarnya, berpuasa memiliki arti menahan diri dan hawa nafsu dari hal-hal yang membatalkannya, seperti makan dan minum. Namun hawa nafsu tersebut memiliki makna yang luas, salah satunya nafsu marah.

Rasa marah sebenarnya tidak secara langsung membatalkan puasa yang kita jalankan, tetapi bisa mengurangi pahala dan berkah yang ingin kita raih. Maka, di momen penuh kebaikan Ramadan, setiap orang dianjurkan untuk bisa mengendalikan rasa marah dan emosinya.

Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah melakukannya, seperti kelima zodiak di bawah ini. Mereka dikenal sebagai zodiak yang sulit menahan marah, sehingga butuh kesabaran dan ketelatenan lebih lagi selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Siapa saja mereka?

1. Aries

Tina Gong/Bustle

Di urutan pertama ada Aries yang memang dikenal dengan karakternya yang cenderung temperamental. Salah satu alasan mengapa mereka sulit menahan emosi adalah karena dominasi dari sifat keras kepalanya. Lalu ditambah keberaniannya untuk berkonfrontasi dengan orang lain yang tidak sejalan dengannya.

Maka, ketika ada hal-hal yang membuat Aries ini kesal dan naik darah, mereka bisa sangat cepat meledak-ledak dan meluapkan rasa marahnya ke orang lain. Itulah mengapa, bagi orang-orang Aries, mungkin akan lebih mudah menahan lapar dan haus saat puasa, daripada harus menahan emosi di dalam hatinya yang sangat cepat membara.

2. Cancer

Tina Gong/Bustle

Meski dikenal penyayang, faktanya Cancer sangat mudah untuk merasa kesal dan emosi. Hanya saja cara mereka cenderung berbeda dengan Aries dan sulit untuk diprediksi. Beberapa dari mereka lebih memilih meluapkan emosinya lewat kata-kata pedas.

Faktor lainnya yang juga membuat Cancer menjadi zodiak yang sulit menahan marah adalah karena karakternya yang moody. Jika ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan keinginannya, mereka mudah sekali mengubah moodnya menjadi buruk dan berakhir dengan kemarahan.

Jadi, saat sedang menjalankan ibadah puasa, biasanya para Cancer cenderung lebih memilih untuk tidak banyak bicara saat emosi daripada mengeluarkan kalimat pedas yang menyakiti orang di sekitarnya.

3. Virgo

Tina Gong/Bustle

Virgo itu perencana yang baik. Mereka memiliki jiwa perfeksionis yang mungkin tidak bisa ditandingi oleh orang-orang di sekitarnya. Lalu, apa yang membuat mereka masuk ke dalam daftar zodiak yang mudah marah? Jawabannya adalah ketika hal-hal terjadi di luar rencana mereka.

Misalnya, mereka sudah merencanakan dan menetapkan tanggal acara buka puasa bersama, namun tiba-tiba mendekati hari H, ada yang mengajukan untuk mengubah jadwal. Hal yang pasti akan terjadi adalah Virgo bisa mengamuk dan bete berkepanjangan mendengarnya.

Selain itu, mereka juga mudah terpancing emosi akan hal-hal kecil. Inilah yang membuat bulan puasa Ramadan menjadi ujian yang cukup besar bagi para Virgo untuk bisa mengendalikan dirinya agar tidak mudah marah.

4. Scorpio

Tina Gong/Bustle

Ketika dibikin kesal, si introvert Scorpio mungkin tidak akan marah-marah di depan umum seperti Aries, tetapi mereka adalah tipe yang akan menggerutu seharian. Meski dari luar mungkin tidak begitu terlihat, tetapi di dalam nyatanya mereka orang yang mudah panas.

Mereka lebih memilih melampiaskan emosinya dengan cara yang mengejutkan, manipulatif, pasif agresif, dan penuh kelicikan. Jadi, orang yang membuatnya marah tidak akan menyadari kalau ternyata Scorpio kesal dan membalasnya. 

Inilah mengapa, di bulan puasa Ramadan Scorpio sering merasa khawatir dan wanti-wanti kalau tidak bisa menahan rasa kesalnya ini. Meski tidak secara langsung marah-marah, menyimpan emosi di dalam hati juga bisa menghalangi ibadah puasa yang dijalani.

5. Leo

Tina Gong/Bustle

Terakhir, ada Leo yang juga perlu belajar banyak bersabar dan mengendalikan diri selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Sebab, ketika sudah merasa kesal, banyak dari Leo yang tidak bisa menahan untuk berkata-kata kasar, sekalipun orang yang membuatnya kesal itu dirinya sendirinya. 

Sifatnya yang keras kepala dan berapi-api, membuat Leo tampil sebagai sosok yang mudah marah. Mereka suka mendominasi, dan karena itu, mereka sering kali tidak menghargai orang lain yang memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.

Leo juga selalu menginginkan segala sesuatu berjalan sesuai yang mereka inginkan, sehingga ketika mereka tidak didengarkan, mereka bisa sangat frustasi dan emosi.

Itulah dia, kelompok zodiak yang sulit menahan marah selama puasa Ramadan. Apakah kamu salah satunya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Zodiac