Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

17 Cara PDKT Lewat Chat yang Bikin Gebetan Cepat Luluh

Bikin si dia nggak sabar buat nembak kamu

Windari Subangkit

Tahap pendekatan alias PDKT merupakan masa-masa yang menyenangkan sekaligus berisiko. Jika salah strategi, bisa-bisa momen PDKT ini gagal dan akhirnya membuat si dia nggak tertarik denganmu.

Namun, jika kamu melakukannya dengan baik, bukan nggak mungkin si dia justru jatuh hati dan akhirnya ingin melanjutkan hubungan bersamamu.

Salah satu cara yang paling populer ialah PDKT lewat chat. Yup, interaksi lewat chat dirasa lebih nyaman dibandingkan dengan bertatap muka secara langsung.

Supaya lancar, yuk ikuti 17 cara PDKT lewat chat berikut ini. Psst... dengan begini, bisa-bisa si dia nggak sabar buat nembak kamu, nih!

1. Mulailah dengan obrolan ringan

Unsplash.com/Oleg Magni

Cara PDKT lewat chat yang pertama ialah membuka percakapan dengan obrolan yang ringan. Kamu bisa amati dulu profil foto atau status terbaru yang dia tulis, kemudian komentari secara pribadi lewat chat.

Misalnya, jika dia baru pulang dari traveling, kamu bisa menanyakan bagaimana pengalamannya di sana, seperti apa makanannya, atau tempat apa saja yang dikunjungi. Hindari percakapan yang dimulai dengan kalimat, “Hai, kamu lagi apa?” karena itu terkesan membosankan dan nggak menarik. 

2. Jangan gunakan kata-kata yang berlebihan

pexels.com/Roman Pohorecki

Cara PDKT lewat chat yang nggak boleh kamu abaikan ialah sebaiknya jangan gunakan kata-kata yang berlebihan dan cenderung alay. Contohnya, “Hallooow...” atau “Heeiii... apa kabar???”

Kalau kamu menggunakan gaya tulisan seperti itu, jangan kaget kalau gebetanmu akan ilfeel dan malas melanjutkan chatting denganmu. Maka dari itu, gunakanlah kata-kata yang baik dan juga sopan ya, Bela. 

3. Sisipi candaan lucu

pexels.com/Andrea Piacquadio

Candaan bertujuan untuk mencairkan suasana, termasuk saat kamu sedang PDKT lewat chat. Candaan yang disampaikan secara alami dan nggak menyinggung biasanya mudah diterima oleh laki-laki, lho.

Kamu juga bisa membagikan meme lucu atau lelucon kreatif dari kamu sendiri untuk membuatnya tertawa. Semakin banyak ia tertawa, rasa nyamannya bersamamu pun semakin besar.  

4. Gunakan emoji

Unsplash.com/Charles

Chat bisa melahirkan imajinasi antara si pengirim dan si penerima. Untuk itu, kamu juga harus bermain dengan imajinasinya melalui penggunaan emoji atau stiker lucu.

Menyisipkan emoji juga dapat melancarkan komunikasi lho, sehingga kesan yang ditimbulkan jadi lebih santai, menyenangkan, dan mudah diingat. Eits, tapi jangan terlalu berlebihan juga saat menggunakan emoji supaya nggak terkesan menyebalkan.  

5. Jangan terlalu mendominasi saat chatting

pexels.com/Andrea Piacquadio

Kesalahan cara PDKT lewat chat yang sering nggak disadari adalah terlalu berlebihan dan terkesan agresif. Maka dari itu, saat kamu sedang chatting dengan si dia, jangan sampai kamu terlalu mendominasi dalam percakapan.

Biarkan gebetanmu memiliki ruang untuk memulai pembicaraan dan bercerita tentang dirinya sehingga obrolan kalian pun akan mengalir dengan sendirinya. 

6. Minta pendapatnya

pexels.com/Anete Lusina

Setelah kamu semakin sering mengobrol dengannya, kini cobalah sesekali meminta pendapatnya, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan hobi atau kesukaannya.

Misalnya, si dia sangat paham dengan teknologi, kamu dapat menanyakan rekomendasi laptop terbaru yang cocok dengan kebutuhanmu. Dengan begini, dia akan merasa dihargai dan berharga di matamu

7. Hindari curhat di antara kalian

Unsplash.com/Chad Madden

Meski sudah saling dekat, sebaiknya hindari curhat di antara kalian karena curhat adalah pintu gerbang menuju friendzone. Kamu harus menolak jika si dia mulai curhat tentang masalah hidupnya, terutama yang menyangkut mantan pacarnya.

Bukan hanya dia, kamu juga nggak boleh curhat ke dia ya, Bela. Tentu saja kamu nggak mau kan usaha PDKT ini justru berakhir dengan status friendzone yang menyakitkan itu? 

8. Kasih kode halus

pexels.com/Samson Katt

Kalau kamu dan gebetan sudah sering chat dan kalian sudah biasa dengan obrolan yang ringan, maka sudah waktunya untuk melangkah ke hal yang lebih serius lagi. Cobalah kasih ‘kode’ halus ke si dia untuk membuatmu semakin dekat dengan dirinya.

Misalnya kalau si dia menanyakan rencanamu di malam Minggu, kamu bisa menjawabnya dengan mengatakan, “Mau sih keluar, tapi nggak ada yang nemenin.” Secara halus dia akan mengerti kalau kamu sedang kasih ‘kode’ pada dirinya. 

9. Gunakan kamera ponselmu

pexels.com/mali maeder

Saat cara PDKT lewat chat sudah terjalin cukup lama, tidak ada salahnya untuk saling mengirim foto. Foto yang dimaksud bukan foto yang mengarah pada hal-hal berbau seks, tetapi foto mengenai kegiatanmu sehari-hari. 

Misalnya, kamu mengiriminya pemandangan indah yang baru kamu kunjungi atau foto suasana kerjamu. Dengan begitu, dia akan lebih tertarik untuk merespons.

Mengirim foto juga menjadi tanda bahwa kamu makin terbuka dengannya. Harapannya, dia pun juga bisa lebih terbuka kepadamu.

10. Jangan memusatkan obrolan seputar dirimu

pexels.com/Tim Samuel

Membicarakan kelebihan mengenai diri sendiri saat bersama dengan seseorang akan memberi kesan sombong. Apalagi, jika pembicaraan itu mengenai prestasi, keunggulan, atau kekayaan kamu. Jika terus menerus dilakukan, dia yang awalnya tertarik denganmu bisa menjadi ilfeel . 

Maka dari itu, seimbangkan obrolan seputar dirinya juga. Saat kamu membicarakan sebuah topik, bahas topik tersebut dari sudut pandangmu dan juga sudut pandangnya.

Jadi, dia yang kamu ajak chat akan merasa dihargai dan lama-lama menjadi nyaman saat berbicara denganmu. 

11. Jangan ragu untuk menelpon

pexels.com/Antoni Shkraba

Setelah kamu dan dia sama-sama tertarik setelah melakukan PDKT lewat chat, maka jangan takut untuk benar-benar menelponnya. Banyak orang takut berbicara melalui telepon karena merasa belum begitu dekat atau takut tidak bisa nyambung dengan obrolannya. 

Padahal, telepon adalah cara yang tepat untuk membuatnya tertarik. Dengan telepon, kamu bisa berbagi hal-hal yang selama ini belum dibahas secara menyeluruh. Bukan hanya itu saja, suaramu dalam telepon juga bisa membuatnya makin tertarik untuk mendekat. 

12. Konsisten jalin komunikasi

pexels.com/Julia M Cameron

Kalau kamu dan dia sama-sama merasa nyaman dan nyambung, maka usahakan untuk konsisten menjalin komunikasi. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan keseriusan untuk dekat dengannya. 

Kalaupun tidak bisa membuka ponsel dan membalas chat darinya, katakan dengan sejujurnya. Tidak harus sepanjang waktu chat dengannya, tetapi buat ritme yang konsisten agar terkesan lebih dewasa. 

13. Jangan tiba-tiba menghilang tanpa alasan yang jelas

freepik.com

Memberikan ruang untuk kamu dan dia memang penting dilakukan, tetapi jangan sampai kamu mengabaikan pesannya terlalu lama. Apalagi tiba-tiba melakukan ghosting tanpa alasan yang jelas, cara PDKT lewat chat itu menunjukkan kamu tidak serius dalam berhubungan dengannya.  

Hubungan kamu dengan gebetanmu juga bisa menjadi renggang karena sudah lama tidak berkomunikasi. Supaya dia tahu bahwa kamu tidak bisa membalas pesan dalam waktu yang dekat, kamu bisa terlebih dahulu memberitahukannya.

14. Berikan pujian yang secukupnya

pexels.com/KeiraBurton

Memberikan pujian tentu menjadi cara terbaik untuk menaikan mood seseorang. Kamu juga bisa sesekali memberikan apresiasi pada gebetanmu. Eitss, kamu juga perlu berhati-hati dalam memberikan pujian. 

Jangan sampai pujian itu malah terkesan tidak tulus dan membuat dia tidak nyaman. Berikan pujian yang secukupnya dan tidak berlebihan. Tetap tunjukkan bahwa kamu benar-benar tulus memberikan apresiasi kepadanya.

15. Perhatikan waktu untuk berkomunikasi

freepik.com/Dragana_Gordic

Untuk menghargai waktumu dengan dia, kamu juga perlu memperhatikan waktu yang sesuai untuk kalian berdua berkomunikasi. Jika kamu menghubunginya di jam istirahat atau jam kerja, dia bisa berpikir kamu sangat mengganggu dan membuatnya ilfeel. Kamu pasti nggak mau kan gebetanmu berpikir seperti itu?

Pastikan waktu kalian berkomunikasi tidak mengganggu kegiatan masing-masing. Kamu bisa menanyakan terlebih dulu kapan waktu kalian bisa dihubungi dan mendiskusikan waktu yang tepat untuk kalian saling berkomunikasi.

16. Mulai bangun kepercayaan

pexels.com/TimDouglas

Dalam suatu hubungan, membangun kepercayaan penting dilakukan oleh setiap pasangan untuk tetap langgeng. Selama proses PDKT, kamu bisa mulai membangun kepercayaan dengan dia.

Kamu bisa mulai terbuka dan jujur tentang dirimu. Dengan terbuka dan berkata jujur, kamu dan gebetanmu bisa saling mengenal lebih dekat satu sama lain. 

Jika ada kebohongan di antara kalian berdua, hal itu dapat memicu kesalahpahaman bahkan kerusakan di dalam hubungan yang sedang dijalani. Kamu pasti tidak mau kan kalau hal itu terjadi?

17. Ajak si dia bertemu

Unsplash.com/Joshua Ness

Setelah melakukan semua cara PDKT lewat chat, jangan lupa kamu juga perlu mengajaknya bertemu atau berkencan singkat. Nggak perlu menghabiskan waktu seharian, 1 sampai 2 jam saja juga sudah cukup. Misalnya, mengajak makan siang bersama di akhir pekan.

Dari pertemuan itu, kamu bisa tahu apakah kalian akan berlanjut ke kencan berikutnya atau berakhir di sini. Maka dari itu, kamu harus sama menyenangkannya seperti saat kalian chatting. Jangan sampai kamu mahir di chat, tapi giliran ketemu langsung malah canggung dan kaku.  

Cara PDKT lewat chat yang utama ialah lakukan secara perlahan dan nikmati prosesnya. Kamu juga perlu meningkatkan kualitas dirimu, karena jika kamu menarik, maka kesempatan kamu berhasil saat PDKT pun semakin besar. Good luck ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Single