Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Lagu untuk Orang Meninggal yang Menyayat Hati

Playlist untuk temani malammu

Puspita Ramadhani

Bagian yang paling menyakitkan dari ditinggalkan adalah kita harus tetap melanjutkan hidup, meski tanpa orang terkasih yang telah meninggal. Bahkan, kamu merasa bahwa air mata yang telah kamu keluarkan selama ini, tidak cukup untuk menghilangkan rasa kekosongan dan kesepian itu.

Kamu juga tidak memiliki kemampuan untuk menuangkan kesedihan itu lewat kata-kata, sehingga kamu akan mencari sebuah lagu yang mampu mewakili perasaanmu itu.

Berikut ini deretan lagu untuk orang meninggal yang memiliki makna dalam untuk temani kesedihanmu.

1. BCL - "Cinta Sejati"

Lagu "Cinta Sejati" dirilis sebagai film yang mengisahkan perjalan cinta Presiden RI ke-3, B.J. Habibie, dan Ainun.

"Cinta kita melukiskan sejarah
Menggelarkan cerita penuh sukacita
Sehingga siapa pun insan Tuhan pasti tahu
Cinta kita sejati."

Namun, siapa sangka jika sang penyanyi, Bunga Citra Lestari, ikut merasakan makna lagu tersebut saat suaminya, Ashraf Sinclair, meninggal pada 2020 lalu.

2. Agnes Monica - "Tanpa Kekasihku"

Perasaan frustrasi sering datang saat kamu harus menghadapi kenyataan telah ditinggalkan oleh orang terkasih. Pertanyaan-pertanyaan tak masuk akal, seperti bagaimana caranya bertemu kembali, dituangkan Agnes Monica lewat lagunya yang dirilis pada 2012 ini.

"Di mana letak surga itu
Biar kugantikan
Tempatmu denganku
Adakah tangga surga itu
Biar kutemukan untuk bersamamu."

3. Andmesh - "Andaikan Kau Datang Kembali"

Begitu pula dengan lagu Andmesh yang satu ini. Jadi soundtrack film Miracle in Cell no.7, lagu "Andaikan Kau Datang Kembali", menjadi lagu rindumu kepada orangtua yang telah meninggal.

"Andaikan kau datang kembali
Jawaban apa yang 'kan kuberi?
Adakah jalan yang kautemui
Untuk kita kembali lagi?"

4. Ari Lasso - "Lirih"

"Aku menangis
Mengenangmu
S'gala tentangmu
Ku memanggilmu
Dalam hati
Lirih."

Musisi kondang, Ari Lasso, juga menciptakan lagu untuk orang meninggal. Dalam lagu tersebut, Ari Lasso menggambarkan bahwa kita tidak bisa melakukan apa pun, selain menangis, mengenang, dan memanggilnya dengan lirih.

5. Kerispatih - "Mengenangmu"

"Adakah di sana kau rindu padaku
Meski kita kini ada di dunia berbeda
Bila masih mungkin waktu kuputar
Kan kutunggu dirimu."

Selain memikirkan cara tak masuk akal, lagu untuk orang meninggal juga kerap berisikan tentang waktu yang ingin kembali diputar. Penyesalan atau keengganan untuk berpisah, membuatmu berdoa untuk bisa selamanya bersama orang tersebut.

6. Justin Bieber - "Ghost"

Meski tidak mempunyai irama sendu, seperti lagu untuk orang meninggal yang sebelumnya, namun lagu "Ghost" milik Justin Bieber ini menceritakan tentang kerinduannya kepada orang yang tak lagi bersamanya. Baik itu berpisah karena putus, ataupun meninggal dunia.

7. Green Day - "Wake Me Up When September Ends"

Salah satu kalimat penggalan lirik lagu ini, menunjukkan betapa sulitnya melupakan hari-hari sedih yang kamu alami setelah kehilangan orang tersayang.

"As my memory rests
But never forgets what I lost
Wake me up when September ends."

Meski dalam video klip tersebut menceritakan tentang sepasang kekasih, namun sebenarnya, Billie Joe menciptakan lagu sedih ini untuk sang ayah. Diketahui, ayah Billie Joe meninggal karena kanker pada 1 September 1982 silam.

8. Celine Dion - "My Heart Will Go On"

Jadi soundtrack film romantis fenomenal, Titanic, lagu "My Heart Will Go On" milik Celine Dion ini memang mengikat banyak hati penggemar. Pasalnya, setiap lirik yang dituliskan menceritakan kisah cinta yang abadi dan tak pernah terganti oleh apa pun.

9. Taylor Swift - "Marjorie"

Lagu untuk orang meninggal terakhir yang Popbela rekomendasikan adalah "Marjorie" yang diciptakan oleh Taylor Swift. Taylor mengatakan, jika lagu yang ia buat ini, khusus untuk mengenang mendiang neneknya, yang bernama Marjorie Finlay.

"What died didn't stay dead
What died didn't stay dead
You're alive, you're alive in my head."

Bila disimak, Taylor menceritakan bahwa meski orang tersayang sudah tak ada lagi di dunia ini, namun kenangan yang kalian miliki bersamanya, akan hidup selamanya.

Itulah rekomendasi lagu untuk orang meninggal. Semoga lagu-lagu tersebut bisa menemani kesedihanmu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Single