Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Keajaiban Sholat Hajat 7 Hari Berturut-turut dan Tata Caranya

Lakukan jika kamu punya banyak keinginan

Puspita Ramadhani

Sesuai dengan namanya, salat hajat dilakukan agar Allah SWT memberi kemudahan kepadamu untuk mewujudkan cita-citamu. Keinginan itu bisa berupa mendapat pekerjaan, utang terbayar lunas, atau kebutuhan mendesak lainnya.

Anjuran untuk melakukan sholat hajat tercantum dalam hadis berikut ini:

“Barangsiapa mempunyai hajat (kepentingan) terhadap Allah atau sesama manusia hendaklah berwudu dengan baik kemudian shalat dua rakaat, kemudian memuji (mengagungkan) Allah kemudian membaca shalawat untuk Nabi SAW.” (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasa’i).

Dari hadis itu, bisa disimpulkan bahwa semakin banyak kamu mengerjakan salat hajat, maka akan semakin cepat pula doa yang kamu panjatkan akan dikabulkan Allah SWT. Sebagian orang percaya, keajaiban sholat hajat akan terjadi jika dilakukan selama 7 hari berturut-turut. 

Memangnya, apa saja yang akan terjadi saat kamu rutin laksanakan sholat hajat? Berikut ini beberapa keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut.

1. Mempercepat terkabulnya doa

Pinterest.com/Upmosphere Creative

Sebagai makhluk yang lemah, sudah semestinya kita berdoa kepada yang Maha Kuat dan Maha Memiliki Segalanya. Meski ada begitu banyak amalan yang disukai Allah, namun sholat dengan rasa memohon yang begitu besar adalah yang Allah cintai.

Itulah mengapa, dikabulkannya doa menjadi keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut yang paling utama. Kamu bisa menyebutkan apa pun dalam sholatmu, karena permintaanmu itu sangatlah mudah bagi Allah.

2. Mendapat keselamatan

Pinterest.com

Tidak hanya sekadar dikalbulkan permintaannya, keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut juga membantumu mendapat jawaban dengan skenario yang terbaik. Kita sebagai manusia, tentu tidak tahu seperti apa masa depan yang kita miliki.

Namun, dengan melibatkan Allah dalam setiap keinginanmu, maka Ia akan menuntunmu untuk berjalan di jalan terbaik menuju cita-citamu itu. Allah-lah yang akan turun langsung melindungimu.

3. Ditinggikan derajatnya

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Setiap ibadah yang kamu lakukan hanya akan mendekatkanmu pada Sang Pencipta. Meskipun tak pernah terlintas dalam pikiranmu untuk ditinggikan derajatnya oleh Allah, namun nyatanya itulah hadiah yang Allah berikan padamu atas ketulusanmu dalam beribadah.

Ditingkatkannya derajatmu di mata Allah adalah bukti lain betapa Allah mencintai setiap hamba-Nya yang taat. Sebab, tak hanya mengabulkan permintaanmu, Allah juga menjadikanmu sebagai hamba yang disayangi-Nya.

4. Hati dan pikiran yang tenang

Pinterest.com/deena

Jika ibadah ini terus kamu lakukan, maka keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut yang lainnya adalah tercapainya hati dan pikiran yang tenang. Ini karena, kamu paham jika apa pun masalah yang kamu hadapi saat ini, atau sebesar apa pun cita-citamu, tidak akan pernah lebih besar daripada kekuatan Allah SWT. Jadi, kamu akan senantiasa merasa tenang ketika sadar bahwa Allah adalah Maha Segalanya.

5. Lebih mudah menghadapi kesulitan

pexels.com/Thirdman

Yup, keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut yang terakhir adalah lebih mudah menghadapi kesulitan atau cobaan. Sebab, dengan kesadaran penuh, kamu tahu jika apa yang Allah berikan saat ini hanyalah jalan menuju cita-cita yang telah kamu doakan selama ini.

Tidak ada sedikitpun keraguan di dalam hatimu untuk berprasangka buruk pada Sang Maha Baik. Bagaimanapun keadaanmu saat ini, kamu akan tetap melakukan sholat hajat tersebut.

Tata cara sholat hajat

pexels.com/AnastasiaShuraeva

Setelah mengetahui keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut, kali ini kamu perlu mengetahui tata cara mengerjakannya. Sholat hajat bisa dilaksanakan kapan saja. Selama tidak dilakukan di beberapa waktu terlarang, seperti:

  • Antara waktu subuh hingga terbit matahari.
  • Dari matahari terbit hingga matahari meninggi (kira-kira 15  menit setelah matahari terbit).
  • Ketika matahari di atas kepala, tidak condong ke timur atau ke barat dan hingga matahari tergelincir ke barat.
  • Waktu Ashar hingga mulai tenggelam matahari.
  • Saat matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna.

Niat dan jumlah rakaat

pexels.com/Thirdman

Seperti sholat dhuha dan tahajud, sholat hajat bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Namun, dalam pelaksanaannya, lakukanlah tiap 2 rakaat.

Ada pun niat melaksanakan sholat hajat adalah:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya:

“Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka’at menghadap ke kiblat karena Allah Ta’ala.”

Doa setelah sholat hajat

freepik.com/odua

Usai melaksanakan sholat hajat, dianjurkan bagimu membaca doa-doa selepas sholat hajat, yaitu:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih

Kemudian, kamu bisa menyebutkan apa saja yang sedang ingin kamu wujudkan saat ini. Berdoalah dengan meminta kemudahan dan perlindungan dari Allah SWT. 

Jadi, itulah pembahasan keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut dan tata cara melaksanakannya yang bisa kamu lakukan saat mempunyai keinginan. Semoga bisa membantumu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single