Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penarik Rezeki, Ini Bacaan Doa Sholawat Jibril dan Amalannya

Amalkan ini untuk penuhi hajatmu

Puspita Ramadhani

Dalam Islam, dianjurkan untuk berdoa dengan disertai beberapa amalan baik, yang diyakini mampu membuat doamu menjadi lebih cepat terkabul. Dari sekian banyak amalan yang bisa dilakukan, mungkin kamu pernah mendengar amalan doa sholawat Jibril. 

Dari sekian banyak bentuk ibadah, doa sholawat Jibril dipercaya bisa mendatang rezeki yang berlimpah, lho, Bela. Apakah benar? Cari tahu manfaat dan cara mengamalkannya di bawah ini, ya!

1. Keutamaan membaca doa sholawat Jibril

unsplash.com/Masjid MABA

Seperti namanya, doa sholawat Jibril pertama kali dibacakan oleh Malaikat Jibril untuk Nabi Muhammad SAW ketika hendak memberikan pengajaran kepada beliau. Perintah membaca doa sholowat Jibril ini sendiri tertuang dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَـٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

"Sesungguhnya Allah serta malaikat-malaikat-Nya telah bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi serta ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Ada banyak kebaikan setiap kali seorang umat mengucapkan kalimat-kalimat doa dan memberi sholawat kepada Nabinya. Dari sekian kebaikannya, salah satu keutamaan yang sering diharapkan saat mengucapkan doa sholawat Jibril ini adalah mendatangkan kelimpahan rezeki bagi siapa saja yang membacanya. 

2. Manfaat doa sholawat Jibril

Pexels.com/ali burhan

Kendati demikian, bukan hanya mendatangkan rezeki atau memenuhi hajat orang yang mengucapkannya, doa sholawat Jibril juga mempunyai manfaat lainnya, seperti:

  • Membuka 70 pintu rahmat
  • Membuka pintu rezeki dari segala arah
  • Mendapat kecukupan dunia maupun akhirat
  • Mendapat pengampunan dosa
  • Dimudahkan untuk mendapat pertolongan Allah dari segala masalah
  • Mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulnya
  • Mendapat syafaat di hari akhir
  • Mendapat kebahagiaan dan ketenangan di dalam hati

3. Bacaan pendek doa sholawat Jibril

Pexels.com/Thridman

Sangat mudah mengamalkan doa sholawat Jibril ini. Sebab, bila dibandingkan dengan doa-doa lainnya, maka sholawat Jibril ini cenderung mempunyai kalimat pendek dan sudah sering kita gunakan di dalam salat. Bacaan doa sholawat Jibril tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

4. Bacaan panjang doa sholawat Jibril

pexels.com/Michael Burrows

Sedangkan untuk lahfaz yang lebih panjang, kamu bisa membaca:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌ أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرِ أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَغَالِي أَنْتَ مِصْبَاحُ

الصُّدُوْر يَاحَبِيْبِى يَامُحَمَّدْ يَاعَرُوْسَ الْخَافِقَيْنِ يَامُؤَيَّدْ يَامُمَجَّدْ يَاإِمَامَ الْقِبْلَتَيْنِ

Shallallahu 'Ala Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam. Anta Syamsun Anta Badrun. Anta nurun fauqo nurin. Anta iksiirun wa ghoolii. Anta mishbaahush-shuduuri. Ya habiibii Ya Muhammad. Ya 'Aruusal-khoofiqoini. Ya Mu-ayyad ya Mumajjad. Ya Imaamal Qiblataini.

Artinya:

"Semoga Allah melimpahkan shalawat atas Muhammad, shalawat atas keluarga serta keselamatan atasnya. Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama. Engkau cahaya di atas cahaya. Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya. Engkaulah pelita hati. Wahai kekasihku, wahai Muhammad. Wahai pengantin tanah timur dan barat (sedunia). Wahai Nabi yang dikuatkan (dengan wahyu). Wahai Nabi yang diagungkan, wahai imam dua arah kiblat."

4. Cara mengamalkannya

pexels.com/Thirdman

Dilansir lewat buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat, begini cara mengamalkan doa sholawat Jibril yang sangat mudah kamu lakukan.

  • Membaca istighfar 100 kali
  • Membaca sholawat Jibril 500 kali di waktu pagi dan petang.

Namun, pada dasarnya tidak ada cara baku yang wajib kamu ikuti dalam mengamalkan sholawat ini. Sebab, menurut Syekh Ali Jaber, kamu akan tetap mendapat kebaikan yang berlimpah setiap kali membaca doa sholawat.

"Seberapa pun banyak sholawat, kita akan dapat sepuluh kali rahmat. Satu kali sholawat, sepuluh kali rahmat. Seratus kali sholawat akan dapat seribu kali rahmat. Seribu kali sholawat akan dapat sepuluh ribu rahmat, dan silakan kita milih mau berapa banyak," ucap Syekh Ali Jaber, mengutip YouTube Majelis Kaligangsa.

5. Doa pelengkap sholawat Jibril

freepik.com/odua

Melakukan ibadah apa pun bisa diibaratkan layaknya kamu tengah menabung kebaikan di hadapan Allah SWT. Maka dari itu, semakin banyak kamu melakukan suatu ibadah, maka semakin banyak pula-lah amalanmu yang akan dicatat. 

Jika kamu ingin melengkapi doa sholawat Jibril ini sembari terus mendambakan apa yang menjadi keinginanmu, kamu bisa membaca kalimat doa di bawah ini.

"Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a'thinii tsawaaba shollallahu 'alaa Muhammad an tarzuqonii syai'an asta 'iinu bihi 'alath-thoo 'ah subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuun wasalaamun 'alal mursaliin walhamdulillahi robbil 'aalamiin."

Artinya:

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Shollalahu ‘Alaa Muhammad. Berilah rezeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam".

Jadi, untuk kamu yang tengah memiliki impian, kamu bisa melakukan ikhtiar disertai dengan doa sholawat Jibril ini agar keinginanmu semakin cepat mendapat jawaban dari-Nya.

IDN Media Channels

Latest from Single