Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Percaya Diri Walau Jelek yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang

Buatlah dirimu menjadi menarik!

Puspita Ramadhani

Katanya, cantik merupakan privilege kesuksesan. Padahal, yang sebenarnya dibutuhkan adalah menjadi attractive.

Sayangnya, banyak perempuan yang merasa tidak percaya diri karena menganggap dirinya tidak cantik. Bahkan, nggak jari sebagian dari mereka menyalahkan keadaan penampilannya jika baru saja gagal melakukan sesuatu.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk belajar memupuk rasa percaya diri. Di bawah ini, ada beberapa cara percaya diri walau jelek. Yuk, simak!

1. Perbaiki postur tubuh

pexels.com/Lucas Pezeta

Bagi orang yang terlahir cantik dan sering mendapat pujian, mereka akan dengan percaya diri berjalan ke mana pun yang mereka mau. Tak ada keraguan bagi mereka untuk menunjukkan wajahnya kepada siapa pun.

Maka, lakukanlah hal serupa. Berusahalah untuk tidak membungkuk dan berjalan dengan kepala yang tertunduk. Tegapkan bahu dan luruskan padanganmu, akan menunjukkan gerak-gerik orang yang percaya diri.

2. Berhenti mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan

unsplash.com/Joanna Nix

Jadikanlah dirimu seorang pemeran utama. Perempuan yang hidup dengan keindahan meski dalam kesulitan sekalipun.

Cara percaya diri walau jelek yang satu ini bisa dilakukan dengan mengubah mindset-mu secara perlahan. Katakanlah pada dirimu sendiri, bahwa tak ada satupun orang yang secara terus-menerus akan memperhatikan dan membicarakanmu.

3. Hilangkan kebiasaan bicara negatif pada diri sendiri

Pexels.com/Engin Akyurt

Percayalah, bahwa setiap kalimat yang kamu ucapkan itu memiliki kekuatan besar. Ucapan buruk yang selalu kamu ulang setiap hari, akan diterima alam bawah sadarmu dan akhirnya dipercaya bahwa dirimu memang seperti itu.

Oleh karena itu, ubahlah label negatif pada dirimu dengan mantra-mantra positif. Ucapkan bahwa kamu layak untuk dicintai, dan kamu berbakat. Dengan begitu, secara perlahan kamu akan memancarkan aura percaya diri yang selama ini kamu cari.

4. Murah senyum

freepik.com

Senyuman adalah salah satu ekspresi wajah yang bisa membuatmu terlihat cantik. Bahkan, senyum juga bisa menunjukkan sampai mana rasa percaya dirimu.

Menurut penelitian, tersenyum sangat berkolerasi dengan rasa suka orang lain kepada kita. Maka, semakin kita bersikap ramah, orang di sekitarmu juga akan menyambutmu dengan baik.

5. Perbaiki penampilan

freepik.com

Cara percaya diri walau jelek yang selanjutnya dapat dilakukan dengan memperbaiki penampilanmu. Kamu bisa mencoba belajar make up hingga memilih outfit yang sesuai dengan kebutuhan.

Memperbaiki penampilan agar sedap dipandang orang lain, juga efektif menambah rasa percaya dirimu. Kendati demikian, tetap lakukan cara ini sesuai dengan kemampuan dan persaan nyamanmu, ya.

6. Ikuti kelas improvisasi

pexels.com/JuliaMCameron

Karena kecantikan yang sejati datang dari dalam diri, maka kamu perlu meningkatkan skill dan pengetahuanmu. Pasalnya, orang yang mengetahui banyak hal, akan menambah sisi attarctive-nya pula.

Kamu bisa mengikuti kelas bahasa atau kelas hobi yang melatih skill-mu. Lebih sering kumpul dan berinteraksi dengan orang lain juga akan melatih percaya dirimu.

7. Mampu mengevaluasi diri

pexels.com/sora-shimazaki

Kemampuan yang tidak dimiliki oleh orang cantik sekalipun adalah memahami dirinya sendiri dan mampu belajar dari kesalahannya. Padahal, dengan memiliki kemampuan tersebut, kamu akan terlihat cantik lewat pemikiran yang dewasa.

Oleh karena itu, cara percaya diri walau jelek yang terakhir ini sangat perlu kamu lakukan. Mempunyai cara berpikir seperti ini juga akan menjauhkan kamu dari perasaan bersalah terus-menerus tanpa memperbaiki kesalahan.

Tujuh cara percaya diri walau jelek yang telah disebutkan di atas memang tidak mudah untuk dilakukan. Kendati demikian, kamu harus tetap konsisten jika ingin menjadi cantik dan attractive.

IDN Media Channels

Latest from Single