Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Pertanyaan Deep Talk Dengan Teman agar Hubungan Lebih Erat

Ajukan pertanyaan ini biar kalian mengenal lebih dalam

Raizza Monik Setiawanti

Baik kamu sedang dalam perjalanan bersama atau hanya lelah duduk di ruangan yang sama dan melihat-lihat video TikTok, bermain game seperti “20 pertanyaan” dapat meringankan suasana dan menghadirkan percakapan yang menyenangkan, lho.

Kamu mungkin menemukan beberapa pertanyaan atau jawaban yang lucu dan saling menghibur, bahkan melalui saat-saat yang paling membosankan. Jika kamu merasa memiliki cukup banyak pertanyaan konyol, kamu mungkin ingin mempertimbangkan pertanyaan mendalam untuk diajukan kepada temanmu.

Nah, berikut ini Popbela bantu kamu menggali lebih dalam temanmu lewat 20 pertanyaan deep talk dengan teman. Langsung simak, yuk!

1. "Apakah kamu ingin solusi sekarang, atau kamu hanya ingin curhat?"

Pexels/Liza Summer

Ketika seorang teman marah, kamu tidak boleh berasumsi apa yang mereka butuhkan berdasarkan masalah mereka. Mengajukan pertanyaan ini adalah cara yang bagus untuk memecahkan kebekuan tentang bagaimana perasaan mereka dan muncul sebagai teman yang mendukung.

Ketika kita sedang dalam suasana hati dan ingin melampiaskan apa yang kita bicarakan, terkadang kita benar-benar tidak ingin mendapat nasihat yang tidak diminta. Jadi, ketika terlibat situasi deep talk dengan temanmu, jangan lupa ajukan pertanyaan ini terlebih dahulu.

2. "Apa hal favorit kamu tentang persahabatan kita?"

Pexels.com/Mikhail Nilov

Memulai dengan pertanyaan yang membangkitkan semangat dan sepenuh hati dapat memudahkan kalian masing-masing ke dalam percakapan yang lebih rentan. Pertanyaan ini bisa meruntuhkan tembok yang mungkin telah kamu atau temanmu bangun sebelumnya ketika kalian terluka di masa lalu.

3. "Apa ketakutan terbesarmu?"

Pexels.com/Ali Pazani

Setiap orang dapat berhubungan dengan rasa takut akan sesuatu, jadi bertukar ketakutan itu dengan teman-temanmu dapat membawa kamu lebih dekat dan mungkin mengajarimu hal-hal tentang pengalaman mereka yang mungkin belum kamu ketahui.

4. "Bagaimana hubungan kamu dengan keluarga sekarang?"

Pexels.com/Yura Forrat

Saat kamu menghabiskan waktu berkualitas dengan teman-temanmu, kamu bisa dengan mudah lupa untuk memberi tahu mereka tentang hubungan mereka yang lain. Dinamika keluarga dapat memengaruhi begitu banyak kehidupan orang. Jadi mengajukan pertanyaan ini dapat membantu kamu mendapatkan wawasan tentang mengapa mereka adalah tipe teman seperti itu.

5. "Bagaimana pendapatmu tentang keadaan dunia saat ini?"

Pexels/Phil Nguyen

Peristiwa politik, konflik global, dan isu-isu nasional dapat menjadi sesuatu yang luar biasa bagi kebanyakan orang untuk didiskusikan. Cobalah melakukan percakapan yang terbuka dan jujur dengan teman-temanmu tentang perspektif kalian akan segala sesuatu yang terjadi. Kamu mungkin belajar sesuatu yang baru dari pandangan dunia mereka.

6. "Apa kenangan termanis kamu di masa kecil?"

Unsplash/ Sam Manns

Banyak pertanyaan "deep" yang terkesan sangat serius atau sulit untuk dipikirkan. Jadi, pertimbangkan untuk menggabungkan beberapa pertanyaan nostalgia untuk meringankan suasana. Bertukar cerita tentang kenangan indah dari masa kanak-kanak adalah cara mudah bagi kamu untuk belajar lebih banyak tentang temanmu dan mendengar beberapa kenangan penting bagi mereka yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

7. "Bagaimana aku di matamu sebagai seorang teman, dan bagaimana aku bisa jadi teman yang lebih baik buat kamu?"

Pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Sama penting untuk memeriksa persahabatan kamu seperti halnya memeriksa hubungan romantis. Menerima tanggapan darinya tentang peranmu sebagai teman menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli kepadanya. Ini juga dapat memungkinkan temanmu mengungkapkan kebutuhan atau kekhawatiran yang selama ini tidak terucapkan. 

8. "Siapa guru paling berpengaruh dalam hidupmu?"

pexels.com/sharon mccutcheon

Guru tidak selalu harus terbatas pada lingkungan sekolah. Kamu mungkin mempertimbangkan banyak panutan atau mentor yang berbeda untuk menjadi guru. Mengenal lebih jauh tentang orang-orang berpengaruh yang membantu membentuk pribadi temanmu sekarang bisa menjadi cara yang manis untuk lebih dekat.

9. "Jika hari ini adalah hari terakhir kamu di dunia, dengan siapa kamu akan memilih untuk menghabiskannya?"

unsplash.com/Kinga Cichewicz

Jika kamu tahu, kamu nggak akan tersinggung jika jawabannya bukan kamu. Pertanyaan ini dapat mengajari kamu banyak hal tentang hubungan paling signifikan dalam kehidupan temanmu. Tanyakan kepada mereka mengapa mereka memilih orang itu, dan kamu mungkin tersentuh oleh perasaan mereka.

10. "Apa hal sensitif yang kamu harap tidak untuk jadi bahan candaan?"

pexel.com/mental-health-america-(mha)

Meskipun kita semua menyukai hal-hal seperti roasting dengan teman-teman, namun perlu diingat selalu ada potensi bahwa beberapa lelucon mungkin terlalu berlebihan. Jadi, memberi temanmu kesempatan untuk membuat batasan seputar topik sensitif dapat memperdalam kepercayaan dan rasa hormat di antara kalian.

11. "Jika uang bukan masalah, karier apa yang paling ingin kamu kejar?"

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kecil, kita semua memimpikan “pekerjaan impian” tertentu. Namun, di masa dewasa, mungkin saja kita terjebak dengan pilihan mengejarnya atau tidak. Ada kemungkinan kamu sudah mengetahui jawaban atas pertanyaan ini. Tetapi meskipun demikian, ada baiknya mendiskusikan mimpi-mimpi itu dengan teman-temanmu. Siapa tahu, kalian mungkin memiliki beberapa kesamaan.

12. "Di mana kamu melihat persahabatan kita dalam 10 tahun?"

Pexels.com/Văn Thắng

Menjelajahi setiap visi untuk masa depan dapat membawa rasa kedekatan dan kepercayaan pada persahabatan kalian. Mengetahui bahwa teman-temanmu juga melihat kamu berada dalam hidup mereka dalam 10 tahun adalah pertanda bagus bahwa kalian berada di jalan yang benar bersama.

13. "Apa sesuatu tentang diri kamu yang ingin mendapat perhatian lebih dari orang lain?"

Pexels.com/Anna Tarazevich

Memahami hal-hal yang dihargai temanmu tentang diri mereka sendiri dapat memberi tahu kamu banyak hal tentang bagaimana mereka ingin dilihat dan dihargai oleh kamu juga. 

14. "Bagaimana hatimu?"

pexels.com/Andrea Piacquadio

Berbeda dengan "apa kabar?", mengajukan pertanyaan ini menggali lebih dalam apa yang mereka rasakan dan alami. Bahkan, teman kamu yang paling optimis atau sukses sekali pun mungkin saja terluka. 

Jadi, penting untuk menghubungi semua orang dari waktu ke waktu. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa kamu peduli tidak hanya tentang bagaimana temanmu terlihat di permukaan, tetapi juga tentang dunia internal mereka.

15. "Apa yang membebanimu saat ini?"

pexels.com/Karolina Grabowska

Mengetahui bahwa ada orang yang selalu ada di sisi kita untuk mendukung dan mendorong kita, tentu sangat membantu ketika menghadapi masa-masa sulit. Untuk itu, kamu dapat membantu meringankan beban temanmu dengan menggali lebih dalam apa yang mereka alami dan menanyakan bagaimana kamu dapat membantu mereka melewatinya.

16. "Bagaimana kamu ingin dihibur ketika sedang kesal, sakit, atau marah?"

Liza Summer/Pexels

Di saat-saat yang sulit, apakah itu menangis atau merasa benar-benar frustrasi, terkadang sulit bagi kita memberi tahu orang yang kita cintai apa yang kita butuhkan dari mereka dalam hal dukungan. Nah, jenis pertanyaan ini dapat memanfaatkan bahasa cinta satu sama lain, yang merupakan cara yang bagus untuk mengeksplorasi kebutuhan satu sama lain. 

Mengajukan pertanyaan ini pada waktu yang netral dapat membuat kamu lebih siap untuk menangani kebutuhan temanmu di masa depan.

17. "Saat kita menghabiskan waktu bersama, apakah kamu pernah merasa tertekan untuk menghabiskan lebih banyak atau lebih sedikit uangmu?"

pexels.com/Shvets Production

Berbicara tentang uang dengan teman mungkin sulit, terutama dengan ekonomi yang berfluktuasi. Namun, ini adalah hal yang penting untuk didiskusikan. Jangan sampai kamu mengabaikan kondisi keuangan temanmu hanya untuk mendapat kepuasan diri sendiri. 

18. "Apakah kamu pernah merasa kalau aku melewati batasmu?"

pexels.com/Rodnae Productions

Menetapkan batasan adalah langkah penting dalam hubungan apa pun, baik itu romantis, platonis, kekeluargaan, atau lainnya. Mengajukan pertanyaan langsung dengan contoh spesifik kepada temanmu adalah cara yang bagus untuk mendiskusikan batasan mereka dan batasanmu.

19. "Bagaimana media sosial memengaruhi harga diri kamu?"

Pexels.com/Gary Barnes

Media sosial adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan setiap orang, sekarang ini. Meskipun itu bisa menjadi positif dalam banyak hal, itu juga dapat berdampak negatif bagi kita semua. 

Jadi, membahas kebiasaan media sosial dengan teman-temanmu bisa menjadi cara yang baik untuk memahami teman-temanmu dan pemikiran mereka tentang harga diri.

20. "Jika kamu bisa bangun besok dengan hanya satu hal yang berbeda dalam hidupmu, apa itu?"

Ben White/Unsplash

Setiap orang memiliki gagasan tentang hal-hal yang ingin mereka ubah dalam hidup mereka. Mengajukan pertanyaan ini kepada teman-temanmu dapat membantu kalian berdua mendapatkan gambaran tentang bidang-bidang dalam kehidupan yang mungkin ingin kalian tingkatkan, dan mungkin mencari cara untuk mencapai perubahan itu.

Ini adalah pertanyaan persahabatan yang bagus karena mungkin akan memberi tahu kamu lebih banyak tentang apa yang dihargai temanmu.

Itulah dia beberapa pertanyaan deep talk yang bisa kamu lakukan bersama teman. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Single