Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mudah Menjaga Silaturahmi di Bulan Ramadan

Ramadan waktu yang pas untuk menjaga silaturahmi.

Raizza Monik Setiawanti

Bulan suci Ramadan adalah momen yang tepat untuk bisa meningkatkan segala kebaikan dalam semua aspek hidup kita. Maka tidak heran kalau semua orang akan berlomba-lomba dalam kebaikan, baik untuk diri mereka sendiri maupun kepada orang di sekitarnya. 

Namun, sejatinya Ramadan itu bukan hanya perkara ibadah dan membantu sesama, lho, kebaikan di bulan ini maknanya sangat luas. Salah satunya bulan Ramadan menjadi bulan yang tepat untuk kembali menjalin dan mempererat tali silaturahmi. 

Berikut ini ada beberapa cara mudah menjaga silaturahmi di bulan ramadan.

1. Mengirimkan ucapan lewat media sosial

Freepik.com/Marymarkevich

Kemajuan teknologi secara tidak langsung bisa memudahkan kita dalam banyak hal, termasuk menjaga komunikasi dengan orang-orang yang jaraknya cukup jauh atau bahkan sudah lama tidak pernah bertemu. Yup, teknologi bisa membantu kita menjaga ikatan silaturahmi dengan kawan lama agar tidak hilang dan putus. 

Kita bisa memanfaatkannya melalui media sosial. Misalnya, mengirim ucapan selamat berpuasa, meminta maaf dan segala hal yang berhubungan dengan bulan Ramadan melalui media sosial seperti Instagram, facebook, maupun media chatting personal WhatsApp, Line, Telegram dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, nggak perlu chat intens setiap saat untuk menjaga hubungan tetap dekat. Dengan melakukan komunikasi sesekali dan tentunya niat yang baik, kita bisa terus menjaga tali silaturahmi. 

2. Saling berkirim parsel atau hampers

Dok. internet

Cara lainnya yaitu dengan mengirimkan bingkisan parsel atau hampers. Sejauh apa pun jarak yang kamu miliki dengan seseorang di sana, ketika kamu menyempatkan diri untuk memberi mereka bingkisan, sekalipun itu tampak kecil, akan sangat berarti bagi mereka. Apalagi ketika itu dilakukan di bulan penuh kebaikan seperti Ramadan.

Parsel atau hampers biasanya identik dengan hal-hal yang membahagiakan. Jadi, ketika kamu saling membagikannya, itu artinya kamu juga saling berbagai kebahagiaan di bulan yang suci ini. Kebahagiaan meningkat, rasa ikatan kedekatan pun akan ikut meningkat. Apalagi kalau hampers yang diberikan dirangkai dengan sangat cantik. Dijamin silaturahmi akan terus terjaga.

3. Melakukan kegiatan berbagi bersama

Pexels.com/Julia M Cameron

Ramadan adalah momen yang sangat tepat bagi kita untuk mengejar kebaikan, maka salah satu cara mudah menjaga silaturahmi adalah dengan melakukan kegiatan berbagi bersama. 

Misalnya, kamu dan teman atau kerabatmu bersama-sama mengadakan sebuah acara yang menghasilkan kebaikan. Seperti buka puasa bersama anak yatim atau berbagi takjil gratis kepada orang-orang sekitar yang membutuhkan dan sejenisnya. 

Kegiatan yang kalian lakukan bersama-sama tentunya tidak hanya bisa mempererat silaturahmi di antara kalian, tetapi juga menambah amal kebaikan yang kalian miliki.

4. Buka puasa bersama

Pexels.com/mentatdgt

Selanjutnya, cara yang sangat amat populer dan banyak dilakukan saat Ramadan untuk menjalin tali silaturahmi adalah buka puasa bersama. Bagi beberapa orang ini mungkin menjadi agenda rutin tahunan yang harus terus dijaga konsistensinya agar tetap berlangsung setiap tahun.

Dengan adanya acara ini, ikatan emosional kamu dan kerabat lama atau jauh kamu bisa terbangun kembali. Kalian bisa saling upgrade cerita selama setahun ke belakang apa saja kira-kira yang sudah dialami dan mungkin juga melakukan flashback soal apa yang pernah kalian lakukan bersama di masa lalu.

5. Datang berkunjung saat Hari Raya

Freepik.com/Odua

Selain menjaga hubungan tetap terjalin lewat media sosial, cara paling ampuh menjaga silaturahmi adalah datang berkunjung langsung ke rumah teman atau kerabat terdekat. Kamu mungkin bisa berkunjung di hari libur dengan membawakan bingkisan langsung atau yang paling umum yaitu berkunjung saat hari raya Idulfitri. 

Biasanya di Hari Raya Lebaran, ada tradisi bertandang ke kediaman orang-orang terkasih dengan niat yang baik kepada sang tuan rumah. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga silaturahmi di bulan ramadan. Maka, jangan sia-siakan waktu yang cukup singkat ini untuk selalu berbuat baik kepada mereka, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Single