Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

50 Kata Motivasi untuk yang Kena Musibah agar Tetap Sabar dan Tabah

Menguatkan dan menyemangati

Raden Putri

Kata motivasi untuk yang kena musibah dapat membuat seseorang merasa lebih tenang saat sedang menghadapi cobaan hidup. Pasalnya, kata-kata ini mengingatkan bahwa setiap orang pasti akan merasakan musibah dalam kehidupannya. Meski begitu, sebisa mungkin kita harus menenangkan hati dan pikiran saat sedang mendapat cobaan. Karena pada hakikatnya, manusia tidak akan diuji di luar batas kemampuannya.

Meski harus menghadapi permasalahan dengan tenang agar tidak melakukan kesalahan, tetapi perlu dipikirkan juga jalan keluar dari hal tersebut. Selain itu, sabar dan ikhlas juga menjadi sifat yang sangat dibutuhkan saat menghadapi cobaan. Hal ini karena akan selalu ada hikmah dalam setiap kejadian jika kita melihatnya dengan sudut pandang yang baik.

Oleh karena itu, dukungan dan bantuan dari seseorang menjadi penting untuk membuat kita semakin kuat dan tegar. Adapun salah satu cara untuk mendukung dan membantu orang yang sedang kesulitan adalah dengan memberikan kata motivasi untuk yang kena musibah.

Berikut beberapa contoh kata motivasi untuk yang kena musibah agar tetap sabar dan tabah. Check this out!

1. Kata motivasi untuk menguatkan hati

Pexels.com/Liza Summer

Berikut beberapa contoh kata motivasi untuk yang kena musibah agar menguatkan hati:

1. "Kekuatan terbesar dari seorang manusia bukanlah dari otot atau energinya, akan tetapi sebagaimana dia mengelola masalah dan musibah yang menimpanya."

2. "Jika kebahagiaan membuat kamu tersenyum. Maka, musibah membuat kamu menangis agar bisa tersenyum dengan lebih lebar di kemudian hari."

3. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

4. "Ketika kamu bisa berjuang dan menghadapi musibah yang menghampirimu, maka sejatinya kamu adalah seseorang yang telah berhasil untuk membuktikan bahwa kamu adalah sosok yang kuat."

5. "Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu."

6. "Jadikan musibah membuat kita semakin mendewasakan diri, makin meninggikan derajat di sisi Tuhan dan makin menguji iman kita."

7. "Jangan memohon pada Tuhan untuk meringankan musibah yang ada, tapi berdoalah pada Tuhan untuk memberikanmu kekuatan untuk dapat melaluinya."

8. "Jangan pernah menyerah, jangan bersedih dan berputus asa. Musibah dan bencana hanyalah bagian kecil dari perjalanan hidup kita yang panjang ini. Jadikan bencana ini sebagai pembelajaran penting yang bisa menjadikan kita manusia yang positif."

9. "Hidup tidak selamanya flat atau datar, akan ada tebing dan terjal yang menghadang. Musibah akan senantiasa menghampiri tergantung dari bagaimana kita menghadapinya."

10. "Jangan pernah menyerah, jangan bersedih dan berputus asa. Musibah dan bencana hanyalah bagian kecil dari perjalanan hidup kita yang panjang ini. Jadikan bencana ini sebagai pembelajaran penting yang bisa menjadikan kita manusia yang positif."

2. Kata motivasi untuk sabar dan ikhlas

Pexels.com/Anna Shvets

1. "Bahagia itu datang bersama sabar dan perginya bahagia bersama ikhlas."

2. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

3. "Apabila kita menginginkan sebuah kesuksesan dan kebahagiaan, maka kita harus mempunyai suatu kesabaran yang besar."

4. "Kamu hanya bisa berdoa kepada Tuhan, semoga di balik semua kesusahan ada kebahagiaan."

5. "Jalan menuju kebahagian yang sempurna adalah dengan kesabaran dan keikhlasan."

6. "Sabar itu merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan, tetapi sabar itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa indahnya."

7. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

8. "Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi dari situ kita belajar untuk ikhlas dan sabar."

9. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

10. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

3. Kata motivasi untuk jadikan musibah sebagai penyemangat

Pexels.com/Engin Akyurt

1. "Apa pun itu, musibah, kekalahan, kegagalan, tidak akan menjadi sesuatu yang buruk. Tapi, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

2. "Orang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap musibah, sedangkan orang pesimis melihat musibah dalam setiap kesempatan."

3. "Musibah terbesar yang dialami manusia bukanlah tsunami atau longsor, akan tetapi hilangnya rasa berjuang dan munculnya rasa ingin menyerah."

4. "Musibah hanya datang pada orang-orang yang memang mampu memikulnya."

5. "Terkadang hidup yang kau keluhkan adalah hidup yang sangat didambakan oleh orang banyak."

6. "Musibah dalam harta lebih ringan daripada musibah dalam kehormatan."

7. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang yang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

8. "Ketika musibah datang, selesaikan dengan cepat sebelum menjadi lebih buruk atau kekhawatiranmu justru membuatnya makin rumit."

9. "Dalam musibah itu terdapat empat seni, yaitu mencari pahala dari Allah, berkawan dengan kesabaran, berdzikir dengan baik, dan menunggu kelembutan dari Allah SWT."

10. "Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan syukur, sabar, dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian."

4. Kata motivasi penuh makna

Pexels.com/MART PRODUCTION

1. "Setiap bencana adalah proses pembelajaran."

2. "Bencana mengajari kita kerendahan hati."

3. "Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian. Ketika Allah mencintai seseorang, maka Dia akan mengujinya."

4. "Hanya Allah yang mampu mengubah kekacauan menjadi sebuah pesan, ujian menjadi kesaksian, cobaan menjadi kemenangan, dan korban menjadi juara."

5. "Ketidaksabaran atas suatu musibah adalah musibah yang sebenarnya dan kesyukuran atas suatu karunia adalah karunia yang sebenarnya."

6. "Musibah itu mengecil jika dirahasiakan, membesar jika dikeluh kesahkan, terurai jika diadukan pada Allah, merumit jika diumbar pada manusia."

7. "Tidak semua musibah adalah azab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya."

8. "Harapan itu selalu ada jika kita mau berusaha, seberatnya kita berusaha kita harus mampu melaluinya dengan ikhlas dan sabar."

9. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

10. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup, jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

5. Kata motivasi dari tokoh

Pexels.com/Andrea Piacquadio

1. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh." — Kahlil Gibran

2. "Jangan biarkan musibah yang menimpa menghancurkan hidupmu. Dengan sabar dan iman, kamu harus bisa melewatinya dan menjadi orang yang lebih baik." — Mufti Ismail Menk

3. "Dunia ini ibarat bayangan, kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." — Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

4. "Kesabaran itu ada dua macam: Sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." — Ali bin Abi Thalib

5. "Pengalaman telah mengajari saya hal ini, bahwa kita menghancurkan diri kita sendiri dengan tidak sabar. Kemalangan memiliki hidup dan keterbatasan mereka, penyakit dan kesehatan mereka.” — Michel Eyquem De Montaigne

6. "Gunting kalah dengan batu, batu kalah dengan kertas, kertas kalah dengan gunting. Orang cerdas, orang kuat, orang kaya, semua kalah dari orang sabar.” — Boy Chandra

7. "Sabar adalah permata. Gosoklah ia tanpa jenuh, maka sinarnya akan makin terang, tak peduli dimana ia diletakkan.” — Batassenja

8. "Ujian atau cobaan akan membawamu semakin dekat kepada Allah atau justru menjauhkan kamu dari Allah, pilihan ada di tangan kamu." — Boona Mohammed

9. "Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah." — Buya Hamka

10. "Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi sesuatu." — Mufti Menk

Nah, itu dia beberapa contoh kata motivasi untuk yang kena musibah agar tetap sabar dan tabah. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi ya.

IDN Media Channels

Latest from Single