Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara agar Tak Patah Semangat Meski Pernah Alami Penolakan

Coba tetap positif dan optimis!

Raden Putri

Apabila kamu seorang lajang dan aktif mencari pasangan, kamu pasti akan bertemu dengan penolakan. Terkadang, penolakan itu sendiri tidak terlihat jelas. Mungkin kamu di-ghosting oleh gebetanmu, atau si dia yang mencoba membuatmu kecewa secara halus dengan mengatakan bahwa kalian lebih baik berteman. Namun pada intinya, itu tetap saja penolakan.

Meski tidak selalu berjalan mulus, tetapi kamu tidak boleh menyerah untuk memperjuangkan perasaanmu. Ubahlah sedikit perspektifmu dengan percaya bahwa penolakan akan selalu menjadi bagian dari perjuangan menjalin hubungan asmara. Melansir dari Bolde, terdapat beberapa cara agar tetap semangat berjuang meski pernah mengalami penolakan. Apa saja cara-caranya? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Rayakan kesendirian

Pexels.com/Tobi

Meskipun tidak semua orang yang menolakmu itu buruk, tetapi hubunganmu mungkin terjadi karena dia jelas-jelas tidak menghargai semua hal indah yang membuat kamu benar-benar tertarik. Bisa juga karena kamu dan si dia memang tidak cocok satu sama lain saja.

Sendirian dan menjalani kehidupan lajang yang luar biasa jauh lebih baik daripada terjebak bersama seseorang yang membuatmu sengsara. Semakin kamu mengingatkan hal ini kepada diri sendiri, semakin mudah menghadapi penolakan dalam berkencan.

2. Temukan kenyamanan bersama teman-teman

Pexsls.com/Elina Fairytale

Teman bisa menjadi pendukung terbesarmu dalam berbagai hal. Saat kamu merasa sedih karena kegagalan hubungan, bicarakanlah dengan mereka. Keluarkan rasa frustrasimu dan mintalah nasihat dari mereka. Pasalnya, teman-temanmu mungkin pernah berada di posisimu sebelumnya. Meminta saran kepada mereka dapat memberikan kenyamanan dan dorongan untuk terus maju.

3. Hindari membandingkan kehidupan pribadimu dengan orang lain

Pexels.com/Sam Lion

Letakkan ponselmu dan menjauhlah dari media sosial untuk sementara waktu. Sangat mudah untuk terjebak dalam sorotan orang lain dan percaya bahwa kehidupan mereka lebih baik dari kita. Mungkin beberapa influencer yang kamu ikuti memiliki kehidupan asmara yang menyenangkan sehingga membuatmu merasa iri dan mulai membandingkan kehidupanmu dengan dia. Tetapi, hal tersebut hanya akan membuat perasaanmu semakin buruk. Pasalnya, media sosial bukanlah cerminan dari kenyataan dan tidak semua yang berada di sana itu benar.

4. Bersikap lembut pada diri sendiri

Pexels.com/Vinicius Wiesehofer

Bersikaplah sedikit lebih lembut kepada diri sendiri. Wajar jika kamu merasa sakit hati ketika seseorang menolakmu, terutama jika kamu benar-benar menyukainya. Namun, kamu tidak boleh membiarkan perasaan sementara itu memengaruhi harga dirimu. Lakukanlah self-talk dengan baik, lembut, dan positif. Meski pada awalnya terasa sulit, tetapi berlatih akan membuatnya lebih baik.

5. Arahkan pandangan pada yang lebih baik

Pexels.com/Alexander Suhorucov

Ingatlah bahwa ketika satu pintu tertutup, pintu lainnya akan terbuka. Hal ini pun berlaku saat berkencan dan mencari pasangan. Ketika kamu berkencan dengan seseorang dan pada akhirnya dia menolakmu, maka sesungguhnya dia telah membantumu untuk bertemu dengan seseorang yang lebih baik. Mereka mengarahkanmu untuk mendapatkan seseorang yang lebih cocok denganmu dibanding dia. Oleh karena itu, anggaplah penolakan sebagai berkah yang memungkinkanmu bertemu dengan sesuatu yang lebih baik.

6. Coba untuk tetap positif

Pexels.com/EVG Kowalievska

Mungkin tidak mudah untuk tetap optimis dan positif setelah mengalami penolakan. Kamu mungkin ingin membaca beberapa jurnal untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kamu luar biasa. Kamu juga mungkin membutuhkan mediasi untuk membantumu mengubah pola pikir dan mempertahankan mentalitas yang baik. Namun di samping itu, ingatlah bahwa penolakan adalah hal biasa dan cinta akan datang tepat pada waktunya.

6. Beristirahat dari kencan bila perlu

Pexels.com/Daniel Xavier

Jika kamu merasa sudah terlalu sering menghadapi penolakan dan itu berdampak buruk pada kondisi mental dan emosionalmu, maka kamu mungkin perlu mengambil jeda istirahat sebentar. Ambillah beberapa waktu untuk beristirahat dari kencan dan fokuslah pada diri sendiri. Tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan, itu terserah padamu. Kamu bisa kembali kapan pun ketika sudah siap.

8. Membuat daftar tentang apa yang dicari dari pasangan

Pexels.com/Artem Podrez

Salah satu cara agar tetap semangat meski pernah mengalami penolakan adalah dengan membuat daftar tentang apa yang dicari dari pasangan. Kamu mungkin gagal pada hubungan kali ini karena tidak menemukan sesuatu yang dicari dari pasangan. Oleh karena itu, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan dari pasangan. Setelah itu, buatlah daftar yang mewakili hubungan idealmu di masa depan. Pelajarilah secara teratur untuk mengingatkanmu tentang apa yang penting dan akan dibawa pasangan adalah hubungan.

IDN Media Channels

Latest from Single