Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa Artinya Gamon? Ini Ciri dan Tips untuk Mengatasinya

Berarti belum bisa melupakan mantan?

Raden Putri

Di era maraknya media sosial seperti sekarang ini, banyak istilah baru yang dipopulerkan oleh masyarakat dunia maya. Salah satunya adalah istilah gamon yang kerap digunakan di berbagai platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan TikTok. Lantas, apa artinya gamon itu?

Gamon sendiri merupakan salah satu kata yang kerap digunakan oleh orang-orang, khususnya anak muda, di media sosial ataupun percakapan sehari-hari. Umumnya, kata gamon ini digunakan untuk mengekspresikan situasi atau perasaan yang dialami oleh seseorang. Meski tergolong kata yang populer, tetapi masih banyak orang yang tidak tahu apa artinya gamon yang sebenarnya.

Gamon adalah suatu istilah yang berkaitan dengan hubungan seseorang. Umumnya hal ini merujuk pada ketidakbisaan untuk melupakan hubungan yang telah berlalu. Singkatnya, gamon adalah perasaan seseorang yang belum melupakan mantan. Untuk mengetahui informasi lebih jelas tentang apa artinya gamon, yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian gamon

Pexel.com/Anna Shvets

Istilah atau bahasa gaul gamon sudah sangat sering kita lihat di media sosial. Istilah ini juga kerap dipakai sebagai bahan candaan di beberapa kalangan anak muda. Tetapi, masih banyak orang yang tidak memahami apa artinya gamon.

Secara umum, kata gamon sendiri sebenarnya adalah bentuk akronim dari gagal move on. Oleh sebab itu, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang belum bisa melupakan mantan kekasihnya atau gagal move on. Gamon juga ditunjukkan untuk orang-orang yang masih sulit mengikhlaskan sesuatu yang terjadi di masa lalu. Mereka cenderung terpaku pada masa lalu dan tidak dapat fokus untuk menjalani hidup di masa kini.

Ciri-ciri orang yang gamon

Pexels.com/Monstera

Seseorang tidak mungkin dikatakan gamon jika tidak ada alasannya. Umumnya terdapat beberapa ciri-ciri dari orang yang mengalami gamon atau gagal move on ini. Setelah kita mengetahui apa artinya gamon, berikut beberapa ciri orang yang mengalami gagal move on.

  1. Masih sering menceritakan tentang mantan secara tiba-tiba. Baik tentang kebaikannya atau kenangannya yang telah lalu.
  2. Mudah teringat pada sesuatu yang berhubungan dengan mantan, seperti lagu kesukaan, makanan kesukaan, hingga tempat biasa kencan.
  3. Masih menyimpan barang pemberian dari mantan.
  4. Masih sering mencari tahu tentang kehidupan mantan.
  5. Belum mau memulai hubungan yang baru dengan orang lain.

Tips agar tidak gamon

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Move on atau melupakan mantan setelah putus memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa orang mengalami gagal move on setelah hubungannya berakhir. Berikut beberapa tips agar tidak mengalami gamon atau gagal move on.

  1. Mencari kesibukan yang positif dan dapat meningkatkan kualitas diri agar lebih produktif sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan mantan.
  2. Melakukan berbagai kegiatan untuk memanjakan diri dan membuat diri bahagia. Misalnya, pergi berlibur atau melakukan hobi.
  3. Mencari teman dan relasi baru untuk meningkatkan koneksi diri.
  4. Mencoba untuk membuka diri dan hati untuk menjalin sebuah hubungan baru dengan orang lain.
  5. Jika memang move on terasa sangat sulit, maka cobalah untuk mencari bantuan dari seorang profesional. Karena gagal move on kadang membuat kesehatan seseorang menjadi ikut terganggu.

Bahasa gaul lain selain gamon

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Di media sosial, selalu ada istilah baru yang bermunculan dan kemudian viral. Istilah-istilah ini jadi banyak digunakan oleh warganet dan menjadi bahasa gaul sehari-hari. Setelah mengetahui apa artinya gamon, berikut beberapa bahasa gaul lain yang kerap digunakan di media sosial.

  1. Friendzone. Kata ini bermakna sebagai sebuah hubungan pertemanan yang terjalin antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada perasaan cinta di antara mereka.
  2. Baper. Istilah ini merupakan singkatan dari bahwa perasaan dan merujuk pada seseorang yang selalu memasukkan ke hati semua tindakan dan perkataan orang lain.
  3. Bucin. Bucin atau budak cinta adalah bahasa gaul yang digunakan untuk orang yang tergila-gila pada pasangannya.
  4. Halu. Ini merupakan kependekan dari halusinasi untuk menggambarkan orang dengan khayalan yang tinggi.
  5. Ghosting. Istilah ini merujuk pada seseorang yang ditinggal kekasihnya tanpa kabar dan hubungannya tidak jelas.

Kata-kata untuk orang gamon

Pexels.com/Marcelo Chagas

Kehilangan orang yang kita cintai tentu merupakan hal yang menyakitkan. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara untuk membuat hati merasa lebih lega. Salah satunya adalah dengan kata-kata yang dapat melepas perasaan sedih. Berikut beberapa kata-kata untuk orang gagal move on.

1. "Saat aku berani mencintaimu, maka aku juga berani untuk melepaskanmu."

2. "Move on itu pilihan. Aku memilih move on untuk kebahagiaanku sendiri."

3. "Terkadang hal yang baik harus hancur untuk hal yang lebih baik."

4. "Ketika sakit hati, lebih baik memperbaiki diri untuk masa depan yang lebih pasti."

5. "Setiap orang yang datang akan pergi. Aku percaya akan ada yang lebih baik lagi."

Itulah rangkuman informasi mengenai apa artinya gamon, beserta ciri-ciri dan tips untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

IDN Media Channels

Latest from Single