Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Ada Timbal Balik, Ini 7 Tanda Pertemananmu Nggak Seimbang

Pertemanan yang hanya bikin nggak nyaman

Putri Aisya

Hampir semua orang punya keinginan untuk memiliki hubungan pertemanan yang sehat, kompak, dan langgeng. Sama seperti menjaga hubungan asmara, dalam hubungan pertemanan pun dibutuhkan adanya keseimbangan. Seringkali pertemanan menjadi nggak langgeng, karena pertemanan tersebut bertepuk sebelah tangan alias nggak adanya timbal balik.

Sering kali teman yang satu lebih peduli dan berusaha menjaga pertemanan, dikala teman lainnya malah terkesan nggak peduli. Dilansir dari Women's Health dan Medium, inilah beberapa tanda jika pertemananmu itu tidak imbang alias one sided friendship!

1. Mereka hanya datang ketika butuh, namun nggak ada ketika kamu yang butuh

Pexels.com/Alexander Suhorucov

Wajar jika dalam pertemanan muncul rasa saling membutuhkan. Apabila ini terjadi secara timbal balik, maka hubungan pertemananmu akan menguat. Namun, apabila hanya terjadi secara sepihak, yang terjadi justru malah semakin melemahkan.

Kamu selalu siap ketika temanmu menelepon untuk curhat. Sayangnya, ketika kamu sedang membutuhkan mereka, temanmu itu justru menolak, nggak mengangkat telepon atau membalas pesanmu. Lama-kelamaan mungkin kamu merasa hanya dijadikan tong sampah bagi mereka.

2. Kamu adalah pendengar yang baik, tapi tidak dengan mereka

Pexels.com/Julia Larson

Sepertinya mustahil jika nggak ada sesi curhat di setiap pertemanan. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara bergantian, dengan terkadang menjadi pendengar dan terkadang menjadi orang yang mengutarakan. Di pertemanan yang nggak seimbang, semuanya adalah tentang temanmu.

Kamu mungkin nggak diberi kesempatan untuk benar-benar menceritakan permasalahanmu, karena temanmu malah mengadu nasib. Mereka merasa jika permasalahan mereka lebih buruk dari kamu. Kalau pun kamu berkesempatan untuk curhat, temanmu seakan nggak mendengarkanmu dengan baik. Mungkin malah mengembalikan topik, kembali kepada mereka lagi.

3. Mereka bukanlah tempat yang tepat untuk menceritakan rahasia, pasti bocor!

Pexels.com/Liza Summer

Sesekali pasti kamu pernah menceritakan rahasiamu kepada teman. Hal ini dilandasi oleh rasa kepercayaan kepada temanmu. Kamu tentu akan sangat sedih ketika orang yang kamu percaya, justru mengkhianatimu.

Pertemanan yang berjalan hanya sepihak, memungkinkan hal ini untuk terjadi. Meski kamu menganggap temanmu spesial, namun mereka mungkin hanya menganggap kamu sebagai orang yang kurang penting dalam hidup mereka, termasuk kisah dan rahasiamu. Teman yang baik seharusnya bisa saling menjaga rahasia.

4. Kompetitif, tapi nggak sehat

Pexels.com/Monstera

Kamu nggak harus berkompetisi hanya dengan musuh, namun bisa juga dengan temanmu. Sisi positifnya, masing-masing pihak akan belajar dan terus bertumbuh ke arah yang lebih baik. Akan tetapi seringkali di pertemanan yang nggak imbang, salah satu teman menjadi kompetitif, namun untuk hal-hal yang kurang sehat.

Ketika kamu punya barang baru, dia nggak mau ketinggalan untuk memilikinya juga. Tujuannya tentu untuk menunjukkan bahwa dirinya ada di atasmu. Hal ini tentu justru memunculkan rasa nggak nyaman di antara kamu dan temanmu.

5. Kamu merasa nggak dihargai ataupun dihormati

Pexels.com/Tim Douglas

Sesama teman itu harus saling menghargai dan menghormati batasan masing-masing.  Contohnya ketika kamu bukan orang yang suka merokok, maka seharusnya temanmu nggak memaksamu untuk melakukannya. Apabila temanmu masih tetap memaksa, ini bisa jadi pertanda bahwa mereka nggak menghargai dan memahami batasanmu. 

Belum lagi jika mereka dengan cuek mengunggah foto-foto mereka kala berkumpul, tanpa kehadiranmu. Bahkan, kamu mungkin nggak diundang ke acara temanmu dengan alasan-alasan yang kurang jelas. Mereka tentu nggak peduli tentang bagaimana perasaanmu, karena hubungan pertemananmu nggak ada timbal baliknya.

6. Mereka tak pernah mau minta maaf

Pexels.com/George Milton

Pertemanan yang tidak seimbang sering kali memunculkan tanda-tanda yang toxic, seperti sikap manipulatif. Teman-temanmu mungkin melakukan kesalahan, namun berusaha meyakinkanmu jika itu salahmu. Maka, kamulah yang harus meminta maaf pada mereka. 

Teman-temanmu nggak pernah meminta maaf padamu, karena sekali lagi, kamu bukan orang yang penting bagi mereka. Hal ini tentu nggak sehat dan justru membuatmu sedih.

7. Kalau nggak cancel jadwal ketemuan, ya ditunda, berkali-kali pula

Pexels.com/Tim Douglas

Pertemanan yang nggak imbang juga bisa menandakan adanya perbedaan tingkat kepentingan. Maksudnya adalah, kamu bisa menganggap temanmu itu spesial, namun belum tentu temanmu berpikir demikian. Salah satu buktinya adalah dengan enteng membatalkan janji yang mungkin telah dirancang jauh-jauh hari.

Jika hanya sekali dan disertai alasan yang jelas, mungkin masuk akal. Akan tetapi, jika hal tersebut terjadi bekali-kali, maka kamu harus waspada. Mungkin saja temanmu sengaja mengatur ulang jadwal, karena malas mengobrol denganmu.

Itulah 7 tanda jika pertemananmu itu nggak seimbang. Coba cek hubungan pertemananmu, yuk! Sudah seimbang atau belum, nih?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Tanda jika Pertemananmu Gak Seimbang alias One Sided Friendship!"

IDN Media Channels

Latest from Single