Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kamu Pemalu? Ini 6 Tips Mudah untuk Mencari Teman

Selalu berpikir positif dan keluarlah dari zona nyaman!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bela, apakah kamu termasuk orang yang pemalu? Mungkin, rasanya sangat sulit untuk bertemu dan mencari teman. Ketika berada di sekitar orang baru, kamu merasa gugup dan gelisah, sehingga kamu sulit bersosialisasi. Untuk menghadapi hal ini, kamu perlu mengatasi rasa malu dan perlunya keluar dari zona nyaman.

Mengutip dari laman Social Self, ada beberapa tips dan strategi yang akan mempermudah kamu dalam mencari teman. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Bersikap ramah

Pexels.com/Zen Chung

Dengan bersikap ramah seperti tersenyum, menyapa orang lain dengan hangat, akan membuat dirimu lebih mudah didekati dan mendapat kesan yang baik. Kalau kamu bisa membuat orang lain merasa nyaman, kamu nggak perlu melakukan banyak hal untuk memulai percakapan atau hal lainnya. Sebaliknya, justru orang-orang yang akan mendekatimu.

2. Sering ke tempat umum untuk bertemu orang baru

Pexels.com/Paloma Clarice

Kalau kamu berada di dalam rumah setiap hari, tentu saja akan sulit mencari teman. Jadi, sebaiknya cobalah keluar dari zona nyaman dengan berkumpul dengan orang baru di tempat umum. Berada di lingkungan luar akan meningkatkan kehidupan sosial, suasana hati, juga energimu. Semakin kamu sering ketemu orang, semakin banyak pula kesempatan untuk berinteraksi.

3. Dimulai dari tempat sederhana dan lingkup kecil

Pexels.com/Inga Seliverstova

Orang yang pemalu atau tertutup akan merasa kewalahan saat berada di keramaian dan bising. Karena itulah, kamu bisa memulai dari tempat atau acara yang sederhana. Misalnya, kamu merasa mudah untuk bertemu orang dan memulai percakapan di kafe yang nggak ramai. Dengan memilih tempat yang tenang akan mempermudah untuk memulai obrolan dengan teman barumu.

4. Gunakan aplikasi untuk mencari teman

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Nggak hanya jodoh, mencari teman pun juga bisa melalui aplikasi, lho. Aplikasi pencari teman bisa menjadi tips mudah untuk mencari teman baru bagi kamu yang pemalu. Kamu bisa membuat profil dengan mencantumkan hobi, ciri kepribadian, atau minat yang membuatmu terhubung dengan orang yang cocok denganmu.

5. Dengarkan apa yang dibicarakan

Pexels.com/RF._.studio

Menjadi orang yang pemalu membuat mereka berusaha keras untuk berbicara daripada mendengarkan. Namun, ada baiknya kalau fokus dengarkan apa yang dibicarakan. Setelahnya, dengan perlahan kamu bisa mengajukan pertanyaan terbuka, seperti menunjukkan minat dari obrolan mereka, atau berupaya menjadi pendengar yang baik. Berfokus mendengarkan akan menurunkan tingkat kecemasanmu di situasi itu.

6. Ubah segala pemikiran buruk

Pexels.com/Yan Krukau

Sifat pemalu kebanyakan membuat mereka canggung dan cemas sehingga ada ketakutan dalam memulai percakapan dengan teman. Seperti kamu yang terlalu banyak berpikir "bagaimana jika" tentang segala sesuatu yang belum tentu terjadi. Cobalah untuk mengubah segala pemikiran buruk itu menjadi prasangka baik. Hal ini akan membantumu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Memang nggak mudah bagi kamu yang pemalu terutama di tempat asing atau di keramaian. Meski begitu, ini nggak boleh menjadi penghalangmu untuk mencari teman. Memang ada kalanya kamu harus memaksakan diri sendiri demi kebaikanmu. 

IDN Media Channels

Latest from Single