Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

50 Kata-Kata untuk Orang Bermuka Dua dalam Islam, Dicap Munafik!

Menyindir dengan bijaksana

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bermuka dua merupakan sifat tercela dalam Islam. Oleh karena itu, karakter seperti ini harus kita hindari. Tapi ironisnya, kita kerap menemukan tipe orang munafik dalam kehidupan, bahkan bisa jadi mereka adalah orang terdekat kita sendiri.

Orang bermuka dua adalah mereka yang tidak pernah jujur, bersikap manis di depan kita, namun sebenarnya membenci. Mereka adalah orang yang egois untuk memenuhi keinginannya sendiri, dan hidupnya penuh kepalsuan.

Untuk menyadarkan kesalahannya, Popbela akan merangkum kata-kata sindiran untuk orang bermuka dua dalam Islam yang bisa kamu berikan pada mereka.

1. Kata-kata untuk orang bermuka dua dalam Islam yang menohok

thehealthsite.com
  1. "Kalian pasti akan bertemu dengan orang-orang yang paling Allah benci, yaitu mereka yang bermuka dua. Di satu kesempatan, mereka memperlihatkan satu sisi muka, namun di kala yang lain, mereka memperlihatkan muka yang lain pula" (HR. Bukhari Muslim)
  2. "Sesungguhnya seburuk-buruknya manusia ialah yang bermuka dua, yang mana dia datang pada suatu kaum dengan muka sekian dan dengan kelompok lain dia bermuka yang lain" (HR. Bukhari Muslim)
  3. "Sejelek-jeleknya manusia adalah orang yang bermuka dua, dia datang ke sini dengan satu sikap dan bila datang ke yang lain dengan sikap yang lain" (HR. Muslim No.4714)
  4. "Keadaan yang paling aku takutkan menimpa umatku, setiap orang munafik yang pandai bicara" (HR. Ahmad 143)
  5. "Tanda-tanda orang munafik ada tiga. Jika berkata selalu dusta, jika berjanji selalu ingkar, dan jika diberi amanah dia berkhianat." (HR. Bukhari)
  6. "Orang yang memiliki dua wajah sebaiknya jangan dipercayai" (HR. Bukhari)
  7. "Membicarakan dosa orang lain tak akan membuatmu menjadi orang suci." (Hussein Nishah)
  8. "Orang yang bijak akan merasa malu jika tindakannya tidak lebih baik dari kata-katanya"
  9. "Semoga kita dijauhkan dari orang-orang yang pandai berpura-pura, yang pandai berbohong dan bermuka dua"
  10. "Hendaknya kamu melihat wajah dan hatimu, maka kamu akan mengetahui apakah kamu seorang mukmin atau munafik".

2. Kata-kata untuk orang bermuka dua dalam Islam yang nyelekit

thefriendlybuzzer.com
  1. "Orang bermuka dua mencari-cari kesalahan, sementara orang beriman mencari permintaan maaf." (Imam Al Ghazali)
  2. "Orang munafik saat ini lebih jelek dari orang munafik di masa Rasulullah SAW. Dahulu kemunafikan disembunyikan, sedangkan saat ini terang-terangan."
  3. "Munafik lebih buruk dari kafir."
  4. "Jangan sampai alim lisanmu, tapi munafik hatimu."
  5. "Perbaiki hatimu jangan menjadi orang munafik tanpa sadar."
  6. "Munafik adalah orang yang punya daya ingat rendah, buktinya mereka mudah lupa dengan apa yang baru diomongin."
  7. "Di hadapan kita dia berkata baik, apabila di belakang kita dia berkata buruk. Kesannya Su'ul Khotimah, yaitu kesudahan yang buruk dalam hidup kita." (Ustaz Ahmad Dusuki)
  8. "Perkara yang paling aku khawatirkan menimpa kalian adalah keberadaan orang munafik yang alim, dia seolah berkata bijak, padahal berbuat jahat atau melakukan kemunkaran." (Umar Bin Khattab)
  9. "Kamu bisa saja mengalahkan seribu musuh yang nyata di depanmu, tapi kamu akan kewalahan melawan satu musuh yang bepura-pura menjadi sahabatmu."
  10. "Racun ular berkepala dua masih bisa diobati, tapi kalau racunnya orang bermuka dua itu mematikan, karena di belakangmu dia suka berubah-ubah." (Muhammad Asaewad)

3. Kata-kata untuk orang bermuka dua dalam Islam yang menusuk hati

.happierhuman.com
  1. "Sesungguhnya orang yang memiliki dua lidah (bermuka dua) akan mendapat dua lidah dari api pada hari kiamat nanti." (Abdullah bin Mas'ud)
  2. "Kita takut pada musuh kita, tetapi ketakutan yang lebih besar dan nyata adalah teman palsu yang paling manis di depanmu dan paling keji di belakangmu." (Mufti Ismail Menk)
  3. "Kemunafikan adalah pisau bermata dua yang bisa membelah dua arah"-Gus Niam
  4. "Berteman itu yang sehat. Senang bila lihat teman senang, susah bila lihat teman susah, jangan terbalik!"
  5. "Orang yang jago bertutur kata, tetapi tindakannya tidak benar-benar nyata. Yang terlihat hanyalah kebodohannya saja."
  6. "Di dunia ini penuh dengan manusia bermuka dua. Satu sisi terlihat bijak, satu sisi lagi suka menyakiti dengan kata-katanya."
  7. "Orang jahat bukan hanya para pembunuh. Orang yang bermuka dua juga sangat jahat, sebab ia mampu menghancurkan negara yang kuat sekalipun." (Abdullah Gymanstiar)
  8. "Berbuat baik kepada orang yang buruk itulah kebaikan. Kalau berbuat baik kepada orang yang baik kepada kita, itu namanya balas jasa. Berbuat buruk kepada orang yang baik, itu namanya zalim." (Ustaz Maulana)
  9. "Orang munafik lebih berbahaya daripada orang yang tidak jujur."
  10. "Kebenaran tanpa cinta adalah kebrutalan, dan cinta tanpa kebenaran adalah kemunafikan."

4. Kata-kata untuk orang bermuka dua dalam Islam bijaksana

frenzhub.com
  1. "Kemunafikan adalah pengakuan lahiriah dari rasa malu batiniah."
  2. "Aku lebih suka memiliki musuh yang mengakui bahwa mereka membenciku, daripada teman yang diam-diam menjatuhkanku."
  3. "Yang penting adalah siapa yang tetap jujur di belakangmu."
  4. "Bukan tugasmu untuk menghentikan mereka berbicara di belakangmu, tetapi tugasmu adalah untuk tidak membiarkan hal itu memengaruhimu."
  5. "Setiap tabir diam-diam ingin dibuka, kecuali tabir Kemunafikan."
  6. "Dengarkan baik-baik bagaimana seseorang membicarakan orang lain di hadapanmu. Seperti itu jugalah caranya berbicara tentangmu di hadapan orang lain."
  7. "Orang yang memandang rendah orang lain, tidak akan pernah membuatnya menjadi tinggi. Yang ada justru membuatnya semakin terhina."
  8. "Di dunia ini penuh dengan manusia bermuka dua. Satu sisi terlihat bijak, satu sisi lagi suka menyakiti dengan kata-katanya."
  9. "Ucapan itu ibarat angin, begitu diucapkan (ditiup), maka akan berhembus ke mana-mana."
  10. "Jangan membicarakan kejelekan orang lain karena yang jelek itu sesungguhnya adalah orang yang membicarakannya."

5. Kata-kata untuk orang bermuka dua dalam Islam penuh makna

herway.net
  1. "Jangan tersandung kata-katamu sendiri dan jatuh ke dalam kemunafikan."
  2. "Setiap orang memiliki dua wajah, tetapi seringkali kita hanya melihat satu sisi dari mereka. Jadi, jangan pernah menilai siapa pun dari penampilan mereka."
  3. "Orang bermuka dua mengatakan hal-hal baik tentangmu di hadapanmu, lalu menceritakan hal-hal buruk tentangmu kepada orang lain saat kamu tidak ada."
  4. "Orang yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun, orang yang lemah adalah orang yang mendapatkan banyak teman tapi menyia-nyiakannya."
  5. "Berhati-hatilah pada siapa kamu berbagi masalah. Ingat, tidak setiap teman yang tersenyum padamu adalah teman terbaikmu."
  6. "Menjadi jujur mungkin tidak membuatmu mendapatkan banyak teman, tapi akan selalu membuatmu mendapatkan teman yang sebenarnya."
  7. "Ketika temanmu sudah melupakan jasa-jasamu. Di situlah kita tahu mana teman yang baik untukmu berteman."
  8. "Kemunafikan dalam sikap rendah hati merupakan bentuk kebohongan tertinggi."
  9. "Munafik adalah adanya sebuah perbedaan di antara perkataan dan hati, adanya perbedaan di antara sesuatu yang tampak dan yang tersembunyi."
  10. "Bahkan kayu yang berada di sungai selama puluhan tahun pun tak akan berubah menjadi buaya."

Itulah kumpulan kata-kata untuk orang bermuka dua dalam Islam, yang mungkin bisa menyadarkan kesalahan mereka, juga sebagai pembelajaran untuk kita.

IDN Media Channels

Latest from Single