Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Ide Kegiatan Positif di Bulan Ramadan Bersama Keluarga

Yuk, dicoba!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bulan Ramadan adalah waktu yang selalu dinantikan oleh setiap umat Muslim di penjuru dunia. Karena kita sudah memasuki bulan yang penuh berkah ini, banyak orang yang ingin memanfaatkan momen kebersamaan keluarga dengan berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan di bulan Ramadan.

Karena banyak hal yang terbatas di bulan suci ini, namun bukan berarti nggak ada yang bisa dilakukan, ya! Melansir dari laman Whiz! berikut ini sederet ide kegiatan seru di bulan Ramadan bersama keluarga. Yuk, simak!

1. Mengobrol santai dengan keluarga

Freepik.com/master1305

Ide kegiatan seru di bulan Ramadan bersama keluarga bisa dilakukan dengan sekadar mengobrol santai. Meski ini kegiatan ringan saja, namun tetap membuat suasana akan terasa ramai dan menyenangkan. Entah duduk atau tiduran santai bersama, kamu bisa membicarakan banyak hal, bahkan bisa belajar banyak seputar bulan Ramadan dengan obrolan itu. Selain itu, kegiatan seru ini bisa mempererat hubungan antara anggota keluarga juga, lho.

2. Beribadah bersama

Freepik.com/rawpixel.com

Di bulan yang suci ini, tentu merupakan waktu yang tepat bagi umat Muslim untuk mencari pahala. Daripada nggak melakukan apa pun, sebaiknya kamu bersama keluarga menghabiskan waktu untuk beribadah bersama, seperti salat berjamaah dan membaca Alquran. Kamu juga bisa melakukan banyak hal untuk mencari amal baik yang berguna untuk diri sendiri dan keluarga lain, seperti membantu mempersiapkan makanan untuk berbuka, membersihkan rumah, dan sebagainya. 

3. Mengikuti kajian online

Freepik.com/master1305

Kalau belum sempat mengikuti kajian secara langsung, kamu juga bisa mengikuti atau mendengarkan ceramah ustaz melalui berbagai platform. Kamu bersama anggota keluarga lainnya bisa memilih tema kajian yang diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan live streaming di media sosial atau aplikasi. Kajian-kajian yang didengar ini tentu bermanfaat untuk memperdalam agama bersama-sama, dan mengisi waktu luang di bulan Ramadan.

4. Memasak bersama

Freepik.com/freepik

Saat menunaikan ibadah puasa, biasanya kita harus memasak untuk sahur dan berbuka. Oleh karena itu, kamu dan keluarga bisa melakukan kegiatan memasak menu makanan yang bervariasi dan tentunya sehat. Seperti halnya ketika sahur, kamu bisa mengajak ibumu untuk memasak di malam hari setelah melaksanakan salat tarawih. Nah, ketika menunggu waktu berbuka, kamu bisa mempersiapkan makanan setelah salat ashar.

5. Bersedekah

Freepik.com/rawpixel.com

Bulan Ramadan menjadi kesempatan besar bagi kita untuk berbuat banyak kebaikan, salah satunya bersedekah. Kegiatan ini juga memberi pelajaran untuk kita bahwa sebagai Muslim yang baik, kita sepatutnya menyisihkan harta kita untuk orang-orang yang sedang kesusahan. Dalam hal ini, ajaklah keluargamu untuk menyantuni anak yatim piatu di panti asuhan, atau membagikan takjil kepada orang-orang yang kurang mampu. 

Itulah 5 ide kegiatan di bulan Ramadan bersama keluarga yang harus kamu coba. Selain membuat keseruan, tentunya ini bisa menjadi ladang pahala untuk kita semua.

IDN Media Channels

Latest from Single