Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Alasan Kamu Harus Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Karena kamu adalah peran utama dalam hidupmu

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Kita selalu berterima kasih kepada keluarga, pacar, teman atas dukungan yang diberikan pada kita. Namun, kita sering lupa bahwa peran kita paling besar atas segalanya. Rasanya, kita jarang sekali untuk berterima kasih pada diri sendiri. Padahal, ini adalah hal yang sangat penting, lho.

Mengutip dari laman Thought Catalog, inilah 7 alasan mengapa kamu harus berterima kasih pada diri sendiri. Yuk, simak!

1. Berusaha menjadi pribadi yang lebih baik

Pexels.com/Julia Avamotive

Berterima kasihlah pada dirimu, karena sudah berusaha menjadi teman yang lebih baik, pasangan yang lebih baik, atau menjadi anak yang lebih baik bagi orangtua. Berterimakasihlah pada diri sendiri, karena sudah berusaha keras membantu orang lain, bahkan membantu teman yang membutuhkan dukunganmu.

2. Tidak menyerah

Pexels.com/Maksim Goncharenok

Selama ini, kamu bekerja dengan penuh tekanan di masa-masa sulit. Berterimakasihlah pada diri sendiri, karena telah menenangkan diri dan berusaha menanggung kecemasan dan rasa sakit yang harus kamu alami. Berterima kasihlah, karena kamu berhasil melewati rintangan itu dengan kuat.

3. Mencoba meraih mimpi meski belum kesampaian

Pexels.com/Radu Florin

Berterimakasihlah pada dirimu, karena sudah mencoba berjuang meraih mimpi dengan menyelesaikan pendidikan, mencari pengalaman kerja, atau hal lainnya demi kesuksesan. Meski belum tercapai, setidaknya kamu nggak patah semangat dan selalu berusaha keras untuk selalu mencoba.

4. Berbuat kesalahan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Meski sudah berbuat kesalahan dengan mengambil keputusan buruk, setidaknya kamu bisa belajar dari kesalahan itu. Kamu akan menjadi berkembang dan lebih bijaksana dalam menghadapi suatu persoalan. Tidak pernah berbuat salah justru adalah sebuah kesalahan. Jadi, berterimakasihlah untuk itu.

5. Berbuat kebaikan

Pexels.com/Max Andrey

Berterimakasihlah pada dirimu, karena sudah melakukan kebaikan tanpa mengharapkan imbalan apa pun dari orang lain. Kamu juga berbagi pengalamanmu dengan orang-orang yang akan mengambil hikmah darinya, dan sikap baik pada diri sendiri saat alam semesta sedang keras denganmu.

6. Tetap tegar saat kesulitan

Pexels.com/ Oleksandr Pidvalnyi

Ucapkan terima kasih pada diri sendiri, karena kamu tetap tegar saat dilanda kesedihan, karena kamu bangkit di kala semua beban menimpamu. Berterimakasihlah, karena kamu sudah berani mencoba menjalani ini, dan tak peduli seberapa berantakannya situasimu saat ini. 

7. Semua hal yang membuatmu bangga

Pexels.com/ the happiest face

Segala pencapaian dari hal kecil maupun besar, untuk hal yang membuat kamu menantikan di esok hari. Itulah pengalaman terindah yang mungkin tak kamu perhatikan. Untuk doa tulus yang kamu ucapkan untuk orang yang dicintai, serta hal-hal konyol yang kamu lakukan agar orang tersenyum. Berterimakasihlah pada dirimu dengan setiap momen yang membuatmu bersyukur dan  lebih mencintai diri sendiri.

Setelah semua hal yang sudah dilalui, sudahkah kamu berterima kasih pada dirimu sendiri hari ini?

IDN Media Channels

Latest from Single