Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Lebih Bahagia, Ini 12 Manfaat Mengenal Diri Sendiri

Penting dan bisa tingkatkan kepercayaan diri

Natasha Cecilia Anandita

Filsuf besar Socrates mengatakannya bahwa, "Mengenal dirimu sendiri adalah awal dari kebijaksanaan."  Oleh karenanya, mengenal diri sendiri itu pentinng, lho, Bela! Mengenal diri sendiri adalah tentang menemukan apa yang membuatmu tergerak.

Itu berarti mengidentifikasi apa yang penting bagimu, kekuatan dan kelemahanmu, perilaku, kecenderungan, dan pola pikir. Pada akhirnya, semua hal ini akan meningkatkan kesadaran diri. Menjadi lebih sadar diri memberikan peningkatan pengembangan diri, penerimaan, dan proaktif sekaligus bermanfaat bagi kesehatan mental kamu secara keseluruhan.

Berikut ada deretan manfaat dari mengenal diri sendiri, melansir dari Better Up

1. Belajar mencintai diri sendiri dan menerima

unsplash.com/istockphoto

Mengenal diri sendiri bisa membuat kamu belajar menerima dan mencintai dirimu sendiri. Terlepas dari keanehan, kekurangan, dan rasa tidak aman atau insecure yang kamu alami, ini akan membawa kamu belajar menerima apa adanya dirimu. Setelah kamu bisa menerima dan mencintai dirimu apa adanya, kamu dapat menjelajahi dunia dengan lebih percaya diri dan tidak terlalu peduli dengan apa yang dipikirkan orang. 

2. Mengubah kelemahan dan memperbaikinya

unsplash.com/istockphoto

Mengenal diri artinya mengenal juga kelemahanmu. Dengan tahu kelemahan atau kekuranganmu, kamu bisa mengubahnya atau memperbaikinya menjadi hal yang lebih baik yang menambah nilai diri. Kamu diberdayakan untuk menjadi seperti yang kamu inginkan. Ini akan membantumu menjadi orang yang lebih baik dan berpengetahuan luas.

3. Punya lebih banyak kecerdasan emosional

unsplash.com/istockphoto

Selain kecerdasan kognitif, kecerdasan emosional juga diperlukan. Kenal diri sendiri akan membuatmu memiliki lebih banyak kecerdasan emosional, yang merupakan kunci untuk mengenal orang lain. Kamu akan lebih sadar akan emosi dan perasaanmu sendiri, sehingga lebih mudah memahami sudut pandang orang lain.

4. Lebih percaya diri

unsplash.com/istockphoto

Keraguan diri hilang ketika kamu mengenal dan menerima diri sendiri. Orang lain pun tidak akan memengaruhimu dengan mudah. Kamu akan lebih mudah untuk berdiri tegak dan percaya diri. 

5. Bisa menjalin hubungan dengan lebih baik

unsplash.com

Lebih mudah untuk menjalin hubungan dengan orang lain ketika kamu sudah mengenal diri sendiri. Kamu juga akan mengetahui orang seperti apa yang cocok denganmu, sehingga kamu dapat menemukan komunitas yang cocok dan pasangan yang sepadan.

6. Stres akan berkurang

unsplash.com

Kesadaran diri dan pengenalan diri akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih baik untuk dirimu sendiri. Saat ini terjadi, stresmu akan berkurang dan lebih tidak terlalu mempedulikan apa yang dipikirkan orang atau memertanyakan apakah kamu sudah membuat pilihan yang tepat. 

7. Kamu bisa memecahkan pola kekecewaanmu

unsplash.com/istockphoto

Mengenal diri sendiri akan membantu kamu mengenal apa yang bisa menyebabkan kamu kecewa. Kamu mungkin suka kecewa pada beberapa hal atau itu menjadi suatu pola kekecewaan. Saat kamu tahu apa penyebab kekecewaanmu, saat kapan itu terjadi, kamu bisa segera mengatasinya. Dengan tahu hal yang bisa berdampak buruk terhadap dirimu, kamu bisa memecahkannya dan menghindarinya. 

8. Kamu akan lebih bahagia

unsplash.com/istockphoto

Mengekspresikan siapa dirimu dengan lantang dan bangga, akan membantu kamu meningkatkan kesejahteraanmu sendiri. Kamu akan lebih bahagia dan menyayangi dirimu. Perasaan atau hati yang bahagia juga akan memengaruhi kesehatan tubuhmu dan mentalmu. 

9. Merasa lebih hidup

unsplash.com/istockphoto

Menjadi dirimu yang sebenarnya akan memberi kamu energi. Ini akan membuatmu lebih bersemangat menjalani hidup, dan membuat semua pengalaman yang dialami terasa lebih kaya.

10. Merasa memiliki harga diri tinggi

unsplash.com/istockphoto

Mengapa harga diri itu penting? Karena itu membantu kamu menghindari mengorbankan nilai dan keyakinan intimu untuk hal atau orang lain. Menghargai diri sendiri juga mengajarkan orang lain untuk menghargaimu.

11. Lebih memahami nilai-nilaimu

unsplash.com

Sangat penting untuk mengetahui nilai-nilaimu sendiri. Nilai diri adalah apa yang kamu anggap baik, buruk, dan penting dalam hidup. Nilai-nilai ini akan membantu kamu membuat keputusan yang selaras dengan jati dirimu dan apa yang kamu pedulikan.

12. Membantu menemukan tujuan hidup

unsplash.com

Mengetahui tujuan hidup akan memberi kamu gagasan yang jelas tentang ke mana kamu harus pergi dan apa yang harus kamu lakukan. Sebelum menentukan tujuan hidup, kamu harus tahu dulu jati dirimu, apa yang kamu inginkan dan capai. 

Itulah manfaat mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri memang sulit dan melibatkan refleksi diri yang mendalam, kejujuran, dan menghadapi bagian dari dirimu yang mungkin kamu takuti. Tapi, itu bagian mendasar dari perbaikan diri.

IDN Media Channels

Latest from Single