Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Lagu tentang Keluarga yang Bisa Membuatmu Terbawa Suasana

Siapkan tisu saat mendengarnya, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Lagu merupakan sebuah seni yang bisa menjadi ekspresi luapan hati seseorang. Ini bisa membawa emosi kita terlarut dalam melodinya maupun lirik di dalamnya. Ada banyak genre lagu, harmoni, serta makna di baliknya. 

Salah satunya adalah lagu tentang keluarga. Lagu-lagu ini mungkin akan mengingatkanmu akan masa kecil atau bisa kamu nyanyikan sebagai isi hatimu yang tak mampu terucapkan melalui kata-kata langsung. 

Berikut ada beberapa lagu tentang keluarga yang bisa kamu dengarkan atau bagikan kepada keluargamu. 

Lagu tentang keluarga

1. "Harta Berharga" - Bunga Citra Lestari (BCL)

Lagu pertama adalah lagu "Harta Berharga" dari Bunga Citra Lestari. Lagu ini merupakan OST (original soundtrack) dari film Keluarga Cemara (2018). Lagu tersebut diciptakan oleh Harry Tjahjono. Seperti judulnya, liriknya berisikan pernyataan bahwa tak ada harta yang lebih berharga selain keluarga. Keluarga bagaikan sebuah mutiara yang tak ternilai harganya. Ini juga berisikan ucapan terima kasih anak kepada orangtuanya. 

2. "Rumah Kita" - God Bless

Lagu hit lainnya tentang keluarga adalah "Rumah Kita" dari God Bless. Lagu yang rilis pada 1988 itu menceritakan tentang seberapa jauh kita meninggalkan kampung halaman tetap rumah sendiri yang menjadi tempat pulang. 

3. "Untuk Ayah dan Ibuku" – The Rain

Sesuai judulnya, lagu dari band asal Yogyakarta ini mengungkapkan isi hati untuk ayah dan ibu. Liriknya bercerita tentang perasaan rindu anak pada sosok ayah dan ibu. Kadang, saat seseorang semakin dewasa, sering kali lupa betapa berharganya orangtua sampai pada di titik membutuhkan mereka lagi dan rindu akan semua perlakuan mereka. 

4. "Keluarga" – Armada

Rilis pada tahun 2017, "Keluarga" adalah salah satu lagu dar band Armada yang menggambarkan betapa bersyukurnya memiliki sebuah keluarga. Liriknya mengatakan bahwa keluarga begitu tak ternilai, menjadi sumber kebahagiaan, sampai tempat untuk berkeluh kesah. 

5. "Andai Aku Besar Nanti" – Sherina

Lagu dari Sherina ini bisa membuat para millennial dan beberapa Gen Z flashback ke masa-masa kecil. Dirilis tahun 1999, lagu ini menceritakan ucapan terima kasih seorang anak terhadap ayah dan ibunya.

Lagu tentang ayah

6. "Yang Terbaik Bagimu (Ayah)" – Ada Band feat Gita Gutawa

Penuh haru dan bisa membuatmu meneteskan air mata, "Yang Terbaik Bagimu (Ayah)" merupakan lagu yang dibawakan oleh Ada Band bersama Gita Gutawa. Lagu ini menjadi ungkapan hati seorang anak yang merasa begitu dicintai sang ayah dan akan mencintai ayahnya sepanjang masa serta berjanji untuk memberikan yang terbaik. 

7. "Ayah" – Seventeen

Lagu selanjutnya yang bisa membuat meneteskan air mata adalah "Ayah" dari Seventeen. Dengan melodi sendu dan lirik penuh makna, lagu tersebut menggambarkan perjuangan seorang ayah dalam kehidupan anaknya dengan sangat emosional dan mengharukan.

Lagu karya Yudhi Rus Harjanto dan Herman Sukembang juga mampu menggambarkan kerinduan seorang anak kepada ayahnya yang tinggal berjauhan dan betapa berharganya kehadiran sang ayah dalam hidupnya.

8. "Titip Rindu buat Ayah" – Ebiet G. Ade

Walau lawas, tapi lagu ini menjadi salah satu lagu keluarga terbaik dari Ebiet G. Ade. “Titip Rindu Buat Ayah” mengungkapkan kerinduan ingin membalasa jasa orangtua. Liriknya menceritakan tentang perjuangan hidup seorang ayah, sosok yang luar biasa dalam keluarga. Kamu mungkin akan langsung merasa begitu mengasihi dan berterima kasih pada ayahmu saat mendengarnya. 

Lagu tentang ibu

9. "Bunda" - Potret

Lagu satu ini cukup banyak diputar dan dinyanyikan. Dari awal mendengar melodinya pun langsung membawa pendengar merasa emosional. Lirik lagu "Bunda" memiliki makna yang begitu mendalam tentang tulusnya cinta seorang ibu kepada anak-anaknya.

10. "Cinta untuk Mama" – Vidi Aldiano

Suara indah Vidi, lirik penuh makna, dan alunan yang lembut membuat lagu "Cinta untuk Mama" menjadi lagu tentang keluarga yang patut kamu dengarkan. Ini juga bisa kamu persembahkan untuk ibumu yang tercinta. Lagu "Cinta untuk Mama" sendiri bermakna tak ada yang dapat diberikan seorang anak kepada ibunya selain lagu, doa, dan harapan.

11. "Lagu Untukmu" – Raisa

Penyanyi Raisa juga menciptakan sebuah lagu tentang keluarga berjudul "Lagu Untukmu". Lagu yang rilis pada Mei 2018 ini mengandung lirik penuh makna tentang kerinduan seorang anak kepada sang ibu. Menurut penuturan Raisa sendiri, lagu tersebut cukup spesifik bicara kerinduan anak yang sudah dewasa. Anak yang ingin bertemu ibunya tapi sudah tak seleluasa dulu. 

Itu dia deretan lagu tentang keluarga yang bisa kamu dengarkan atau bawakan di acara keluarga atau saat momen spesial kalian. 

IDN Media Channels

Latest from Single