Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Lagu tentang Kehilangan Seseorang yang Meninggal, Bikin Sedih

Bermakna kehilangan dan kerinduan

Natasha Cecilia Anandita

Kehilangan bisa membuat seseorang sedih, apalagi jika kehilangan seseorang yang dicintai untuk selamanya karena meninggal. Menangis mungkin menjadi salah satu cara untuk melegakan perasaan. 

Ada juga yang mengungkapkan isi hati dengan lagu. Membuat atau mendengarkan lagu yang menggambarkan sosok yang meninggalkan mungkin sedikit mengurangi rasa sedih. Berikut ini ada deretan lagu tentang kehilangan seseorang yang meninggal dan begitu menyayat hati.

1. “Tak Tergantikan” - Mikha Tambayong

Pada 2019 lalu, Mikha Tambayong kehilangan ibundanya karena penyakit. Setahun kemudian, Mikha kembali ke industri musik dan merilis sebuah lagu berjudul “Tak Tergantikan”. Lagu tersebut merupakan persembahan Mikha untuk mendiang ibunya, sekaligus sebagai ungkapan bahwa Mikha mulai ikhlas dengan kepergian sang ibu untuk selama-lamanya. Liriknya begitu menggambarkan bahwa seseorang yang sangat dicintai tak akan pernah terlupakan dan tergantikan. Bahkan, setiap pelukan pun akan selalu terasa. 

2. “Hanya Rindu” - Andmesh

Lagu ciptaan Andmesh ini juga meluapkan rasa rindu dan kehilangan seseorang yang telah meninggal. Bagi Andmesh, lagu “Hanya Rindu” mengobati rasa rindunya pada sang ayah yang telah tiada dan bisa menguatkannya ketika ditinggal orang yang dicintai. 

Berikut salah satu liriknya yang begitu mengiris hati:

“Kuingin saat ini engkau ada di di sini
Tertawa bersamaku seperti dulu lagi
Walau hanya sebentar Tuhan tolong kabulkanlah
Bukannya diri ini tak terima kenyataan
Hati Ini hanya rindu”

3. “Jendela Waktu” - Andien

“Jendela Waktu” menjadi lagu yang begitu galau dari Andien. Lagu tersebut bercerita tentang perpisahan dan kesedihan. Menurutnya, ketika kamu mengalami suatu kesedihan, nggak harus kok punya solusi yang cepat untuk mengusir rasa sedih itu. 

Dalam liriknya tertulis bahwa:

“Cinta ini takkan hilang
Meski langit tampaknya memisahkan kita
Walau langkah tak sejalan
Cinta ini tak terhapus meski
Jendela waktu berbeda”

4. “Berduka” - Dewi Lestari

“Berduka” merupakan lagu tentang kehilangan lainnya. Lagu dari Dewi Lestari ini didedikasikan untuk mendiang suaminya, Reza Gunawan. Baginya, lagu tersebut merupakan bagian dari penyembuhan dan langkah maju ke depan. Tidak hanya untuk dirinya, keluarga, dan sahabat, tetapi juga untuk semua yang pernah dan tengah berduka. 

5. "Sisa Rasa" - Mahalini

Pada tahun 2021, Mahalini menciptakan sebuah lagu yang berjudul "Sisa Rasa". Lagu ini diciptakan ketika ia ditinggalkan oleh salah satu orang yang paling ia cintai untuk selama-lamanya, yaitu sang ibunda.

Melalui lagu ini, Mahalini ingin bercerita tentang sebuah rasa cinta yang besar terhadap seseorang, yang telah mengajarkan segala hal kepadanya, yang juga memberikan ketulusan cinta, tapi pada akhirnya orang tersebut harus pergi meninggalkannya. Sampai akhirnya, kita harus berdamai dengan keadaan dan menyadari bahwa semua itu adalah sebuah kenangan yang tak akan tergantikan.

6. “In The Stars” - Benson Boone

Benson menulis lagu ini sambil teringat pada nenek buyutnya yang begitu dekat dengan dia dan dia sayangi. Dalam sebuah wawancara, Benson ingin mereka yang mendengarkan lagu tersebut merasakan perasaan seseorang yang telah hilang, dan mengetahui bahwa ketika kamu kehilangan seseorang, sebagian dari mereka akan selalu tertinggal bersamamu.

Salah satu liriknya yang begitu sedih:

“I'm still holdin' on to everything that's dead and gone
I don't wanna say goodbye, 'cause this one means forever”

7. “So Far Away” - Avenged Sevenfold

Sang penulis lagu, Synyster Gates, mengatakan bahwa lagu tersebut adalah caranya mengucapkan selamat tinggal kepada temannya, drummer band The Rev, Jimmy Sullivan.  Dalam liriknya, “So Far Away” menggambarkan sebuah perjalanan emosional yang berbicara kepada siapa pun yang telah kehilangan seseorang yang mereka sayangi. Kalimat-kalimatnya menyampaikan rasa sakit karena kehilangan dan perjuangan karena harus hidup tanpa orang yang dicintai.

8. “See You Again” - Wiz Khalifa ft. Charlie Puth

Saat dirilisnya, “See You Again” menjadi salah satu lagu hit yang juga mengandung bawang. Ini didedikasikan oleh para pemain Fast and Furious secara tidak langsung untuk Paul Walker yang meninggal dalam kecelakaan mobil. 

Lagu tersebut berisi kenangan dan persahabatan para pemain dengan sang mendiang, terutama Vin Diesel. Meskipun merasa sedih, mereka tetap berharap bahwa Paul ada di surga, tempat yang lebih baik, dan mereka akan segera bertemu dengannya.

Itula lagu tentang kehilangan seseorang yang meninggal. Apakah kamu pernah mengarasakan kehilangan yang berat seperti lagu itu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single